Petuah Taufik Hidayat untuk Tunggal Putra di Olimpiade 2024

Waktunya tunggal putra raih akhiri puasa medali emas

Jakarta, IDN Times - Legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat, berharap tunggal putra bisa meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024. Anthony Ginting dan Jonatan Christie, dianggap Taufik, memiliki momentum besar untuk mengikuti prestasinya di ajang prestisius ini.

Maklum, Taufik sudah begitu lama menanti penerusnya di sektor tunggal putra. Sebab, sejak pria 42 tahun itu pensiun pada 2013, tunggal putra Indonesia belum pernah meraih medali emas, seperti yang dilakukannya di Olimpiade 2004 Athena .

Karena ekspektasi yang tinggi, Taufik pun memberikan petuah kepada Ginting dan Jonatan agar tak salah langkah. Petuah itu diharapkan bisa membakar motivasi mereka untuk berburu medali emas.

1. Ayo tingkatkan mental, Ginting-Jojo!

Petuah Taufik Hidayat untuk Tunggal Putra di Olimpiade 2024Anthony Sinisuka Ginting di babak 32 besar Malaysia Open 2024 (dok. PP PBSI)

Taufik merasa Ginting dan Jojo (sapaan Jonatan) sudah memiliki modal untuk meraih medali emas. Teknik dan fisiknya sudah di level yang tepat. Hanya masalah mental yang harus mereka tingkatkan untuk bersaing dengan Viktor Axelsen, Shi Yu Qi, dan unggulan lainnya.

"Ini kesempatan besar, peringkat itu masalah angka saja, yang penting mereka yakin. Fisik dan tekniknya mampu, tinggal bagaimana mentalnya di lapangan," kata Taufik saat ditemui di Pelatnas PBSI, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga: Taufik Hidayat Tantang Ginting dan Jojo Raih Emas di Olimpiade 2024

2. Anggap Olimpiade terakhir

Petuah Taufik Hidayat untuk Tunggal Putra di Olimpiade 2024Jonatan Christie tumbang di babak 32 besar Malaysia Open 2024 (dok. PP PBSI)

Taufik juga meminta Ginting dan Jojo untuk menganggap Olimpiade 2024 Paris sebagai panggung terakhir mereka. Cara ini dianggap bisa meningkatkan motivasi bertandingnya.

"Saya berharap mereka menganggap ini Olimpiade terakhir, belum tentu empat tahun lagi bisa main. Ini kesempatan paling besar," ujar Taufik.

3. Singkirkan masalah di luar lapangan

Petuah Taufik Hidayat untuk Tunggal Putra di Olimpiade 2024Legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat saat menyambangi Pelatnas PBSI, Selasa (27/2/2024). (IDN Times/Tino).

Fokus di lapangan juga harus dijaga dengan baik. Taufik berharap kedua andalan tunggal putra tanah air itu bisa mengesampingkan masalah mereka di luar bulu tangkis.

"Saya harap tiga sampai empat bulan ini untuk lupakan dulu yang lain, fokus di sini dulu," ujar legenda bulu tangkis Indonesia tersebut. 

Baca Juga: Taufik Hidayat Buka Kans Melenggang ke Senayan

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya