5 Bintang yang Membuat Banyak Assist di NBA Playoff Sepanjang Masa

Beberapa masih aktif bermain di NBA

Setelah musim reguler berakhir, NBA langsung memasuki babak playoff. Tim akan berusaha demi bisa mengamankan satu tempat di laga final. Salah satu faktor penting adalah memiliki pemain yang mampu berkontribusi terhadap permainan tim.

Selain mencetak banyak poin, para bintang yang memiliki visi permainan hebat dituntut memberikan kontribusi dengan membuat assist untuk tim ketika babak playoff. Mereka bisa menjadi faktor penentu kesuksesan dengan umpan-umpan yang dikreasikan tersebut. Bahkan, beberapa pebasket mampu masuk dalam pemberi assist terbanyak sepanjang sejarah playoff NBA. Siapa saja mereka? Mari simak tulisan di bawah ini!

1.Earvin Johnson (2.346 assist)

https://www.youtube.com/embed/prvjNFHSOj0

Earvin Johnson atau yang akrab dikenal sebagai Magic Johnson merupakan salah satu point guard terbaik yang pernah mentas di NBA. Dia adalah pemain yang setia karena selama 13 musim hanya tampil membela Los Angeles Lakers. Pebasket kelahiran Michigan ini juga pandai dalam mengatur penyerangan tim.

Magic mampu mengukir performa gemilang bersama Los Angeles Lakers ketika berada di babak playoff. Dia menjadi aktor utama dalam mengkreasikan umpan untuk tim. Dirinya mampu mengukir 2.346 assist dalam 190 pertandingan. Hal tersebut juga berperan penting mempersembahkan lima gelar juara untuk tim asal California tersebut.

2. LeBron James (2.023 assist)

5 Bintang yang Membuat Banyak Assist di NBA Playoff Sepanjang MasaLeBron James (nba.com)

LeBron James merupakan pemain veteran yang eksis tampil di NBA. Dia telah bermain di liga basket profesional tersebut selama 20 musim. Meski sudah berusia 38 tahun, dirinya masih dipercaya sebagai tumpuan permainan Los Angeles Lakers.

Pebasket berjuluk King James ini bisa membawa Los Angeles Lakers masuk ke Western Conference Finals 2023 tetapi harus kalah dari Denver Nuggets. Meski begitu, LeBron menambah catatan gemilang dalam urusan umpan saat playoff. Dia sudah mengukir 2.023 assist dalam 282 pertandingan. Pencapaian hebat ini juga membuatnya meraih empat cincin juara dengan beberapa tim di NBA.

Baca Juga: 5 Pemain yang Terpilih Masuk All-NBA Third Team 2023, Ada LeBron!

3. John Stockton (1.839 assist)

https://www.youtube.com/embed/QJOYt5pkN4I

John Stockton merupakan point guard yang namanya melambung bersama Utah Jazz. Dia adalah otak permainan dari tim asal Salt Lake City tersebut. Pebasket yang akrab dipanggil Stock ini mempunyai visi permainan yang luar biasa karena sering memberikan assist untuk rekan satu timnya.

Stock bisa menunjukkan performa impresif saat babak playoff bersama Utah Jazz. Dia menjadi sosok yang kreatif dengan membuat 1.839 assist dalam 182 pertandingan. Meski sering tampil solid, dirinya kurang beruntung karena selama 19 musim gagal meraih gelar di NBA.

4. Jason Kidd (1.263 assist)

5 Bintang yang Membuat Banyak Assist di NBA Playoff Sepanjang MasaJason Kidd (nba.com)

Jason Kidd adalah point guard yang sudah malang melintang membela berbagai tim di NBA. Dia telah menghabiskan waktu selama 19 musim untuk bermain di liga basket profesional tersebut. Pemain berjuluk The Engine ini sering menyuguhkan performa yang atraktif.

Posisi point guard membuatnya sering memberikan umpan kepada rekan satu tim. Ini terbukti ketika dirinya sukses mengirim 1.263 assist dalam 158 pertandingan playoff. Catatan tersebut diraih selama bermain untuk beberapa tim di NBA. Selain itu, Kidd juga sudah pernah memperoleh gelar juara bersama Dallas Mavericks pada 2011.

5. Chris Paul (1.233 assist)

https://www.youtube.com/embed/CUOLe9eHbnQ

Selain LeBron James, Chris Paul menjadi pemain aktif yang masuk dalam daftar pemberi assist terbanyak saat playoff sepanjang masa. Pada 2022/2023, dia tetap eksis dengan bermain membela Phoenix Suns. Meski sudah berusia 38 tahun, pemain yang akrab dipanggil CP3 ini masih mendapat menit bermain bersama tim asal Arizona tersebut.

Chris Paul ikut mengantarkan Phoenix Suns melaju hingga Western Conference Semifinals 2023 sebelum dikalahkan oleh Denver Nuggets. Meski begitu, CP3 bisa menambah jumlah umpannya pada babak playoff. Dia telah membuat 1.233 assist dalam 149 pertandingan. Catatan cemerlang itu diraih selama bermain untuk beberapa tim di NBA.

Kelima bintang di atas sebagai sosok paling produktif dalam urusan membuat assist pada babak playoff sepanjang masa. Mereka semua sukses menjadi bagian penting dalam permainan timnya masing-masing. Hanya LeBron James dan Chris Paul yang berpotensi menambah pencapaian luar biasa tersebut di NBA.

Baca Juga: Phoenix Suns Menang, Chris Paul Catatkan Rekor 11 Ribu Assist

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya