9 Patung Legenda Philadelphia 76ers sebelum Allen Iverson

Berdiri di pusat latihan tim

Setelah nomor punggung Allen Iverson dipensiunkan pada 2014, Philadelphia 76ers memutuskan untuk mengabadikan pemain NBA berjuluk The Answer ini dengan sebuah patung pada 12 April 2024 mendatang. Bukan tanpa alasan, dirinya berjasa mengangkat performa tim asal Pennsylvania ini sehingga mampu menembus partai final NBA 2001. Selain itu, Iverson juga berhasil memenangkan berbagai penghargaan individu selama berseragam Sixers.

Sebelum Allen Iverson, Philadelphia 76ers ternyata pernah membuatkan patung untuk para legenda yang sudah berjasa kepada mereka. Ada sembilan pemain NBA yang diabadikan dalam bentuk patung oleh tim asal Pennsylvania ini. Beginilah bentuk patung legenda Philadelphia 76ers sebelum Allen Iverson itu.

1. Julius Erving ikut membawa Philadelphia 76ers menjuarai NBA 1983

9 Patung Legenda Philadelphia 76ers sebelum Allen IversonJulius Erving (twitter.com/JuliusErving)

Julius Erving adalah pemain NBA legendaris yang namanya harum selama membela Philadelphia 76ers. Saat masih aktif bermain, dirinya menjalankan peran sebagai small forward dan shooting guard. Pemain berjuluk Dr J ini berhasil membawa tim asal Pennsylvania ini menjadi juara NBA 1983. Selain itu, dia juga mampu mendapatkan berbagai gelar individu selama membela Sixers.

Sebagai bentuk balas budi, nomor punggung 6 milik Julius Erving resmi dipensiunkan oleh Philadelphia 76ers pada 1988. Selain itu, pebasket ini terletak di Camden, New Jersey, yang menjadi pusat latihan Sixers.

2. Maurice Cheeks sempat menjadi pelatih Philadelphia 76ers

9 Patung Legenda Philadelphia 76ers sebelum Allen Iversonpatung Maurice Cheeks (nba.com)

Maurice Cheeks merupakan point guard yang dipilih oleh Philadelphia 76ers pada urutan ke-36 NBA Draft 1978. Pemain NBA kelahiran Chicago ini mampu menjadi salah satu instrumen penting selama tampil membela Sixers. Dirinya juga turut mengantarkan tim asal Pennsylvania ini menjadi juara NBA 1983.

Setelah pensiun, Maurice Cheeks melanjutkan karier sebagai pelatih. Dirinya sempat menangani Philadelphia 76ers pada 2005—2008. Kontribusinya dianggap sangat besar sehingga Sixers memensiunkan nomor punggung 10 milik Cheeks pada 1995. Tak hanya itu, pemain NBA berjuluk Little Mo ini juga dibuatkan sebuah patung yang dipajang di pusat latihan pada 2017.

3. Charles Barkley membuat Philadelphia 76ers lebih diperhitungkan di NBA

9 Patung Legenda Philadelphia 76ers sebelum Allen IversonCharles Barkley (nba.com)

Charles Barkley adalah pemain NBA yang bisa menjalankan peran sebagai power forward dan small forward. Dirinya memulai perjalanan profesional setelah dipilih oleh Philadelphia 76ers pada urutan kelima NBA Draft 1984. Pemain kelahiran Alabama ini sukses bertransformasi menjadi figur penting untuk Sixers. Meski tak mempersembahkan gelar juara, dirinya membuat tim asal Pennsylvania ini sangat diperhitungkan di NBA.

Philadelphia 76ers lantas memensiunkan nomor punggung 34 milik pemain NBA berjuluk Sir Charles ini pada 2001. Tak hanya itu, Charles Barkley juga dibuatkan sebuah patung sebagai balas budi atas kontribusinya pada 2019. Patung ini diresmikan Sixers di Camden.

4. Wilt Chamberlain mengantarkan Philadelphia 76ers juara NBA 1967

Wilt Chamberlain menjadi nama yang tidak pernah ketinggalan dalam perdebatan center terbaik sepanjang masa. Pemain NBA berjuluk The Big Dipper ini mampu tampil dominan saat masif aktif di ajang profesional. Dirinya tercatat membawa Philadelphia 76ers menjadi juara NBA 1967. Dia juga telah mendapatkan berbagai gelar individu bergengsi selama berseragam tim asal Pennsylvania ini.

Philadelphia 76ers menghargai kontribusi besar Wilt Chamberlain. Nomor punggung 13 milik center legendaris ini lantas dipensiunkan pada 1991. Tim asal Pennsylvania ini juga tak lupa mengabadikan pemain NBA dengan tinggi 216 cm ini dalam bentuk patung pada 2017. Para penggemar Sixers bisa menjumpai patung Chamberlain di Camden.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Gaji Terbesar di Philadelphia 76ers pada NBA 2023/2024

5. Billy Cunningham mempersembahkan gelar juara untuk Philadelphia 76ers sebagai pemain dan pelatih

Billy Cuningham merupakan pemain NBA yang bisa berposisi sebagai power forward dan small forward. Dirinya mengawali karier dengan mengikuti NBA Draft 1965 dan berhasil dipilih oleh Philadelphia 76ers pada urutan kelima. Tak butuh waktu lama, dia menjelma salah satu pilar penting tim asal Pennsylvania ini. Sama seperti Wilt Chamberlain, pemain berjuluk The Kangaroo Kid ini ikut membawa Sixers meraih juara NBA 1967.

Selepas pensiun, Billy Cuningham tidak bisa dipisahkan dari dunia basket. Dia memilih menjadi pelatih basket. Keputusannya bahkan tak sia-sia. Dirinya berhasil memimpin Philadelphia 76ers mendapatkan gelar juara NBA 1983. Jasa yang luar biasa ini membuat Sixers memensiunkan nomor punggung 32 pada 1976. Selain itu, Cuningham juga dibuatkan sebuah patung pada 2017.

6. Hal Greer hanya membela Philadelphia 76ers sepanjang kariernya di NBA

Hal Greer adalah pemain yang pernah berseragam Philadelphia 76ers setelah dipilih pada urutan ke-13 pada ronde kedua NBA Draft 1958. Pebasket yang mampu beroperasi sebagai shooting guard dan point guard ini langsung menjadi pilar penting dan membuat Sixers diperhitungkan. Ini terbukti ketika ia ikut mengantarkan tim asal Pennsylvania ini meraih gelar juara NBA 1967.

Hal Greer tercatat hanya bermain untuk Philadelphia 76ers sepanjang kariernya di NBA. Kesetiaan itu berbuah manis. Pemain NBA kelahiran West Virginia ini dianggap menorehkan pencapaian hebat sehingga nomor punggung 15 miliknya dipensiunkan pada 1976. Sama seperti Wilt Chamberlain dan Billy Cuningham, dirinya juga diabadikan dalam bentuk patung pada 2017.

7. Bobby Jones ditukar Denver Nuggets kepada Philadelphia 76ers pada 1978

9 Patung Legenda Philadelphia 76ers sebelum Allen IversonBobby Jones (twitter.com/sixers)

Bobby Jones merupakan power forward yang pernah membela Philadelphia 76ers setelah ditukar dari Denver Nuggets pada 1978. Pemain NBA kelahiran Atlanta ini mempunyai kemampuan bertahan yang luar biasa sehingga mendapat julukan The Secretary of Defense. Dirinya langsung menjadi bagian penting dalam skema permainan Sixers. Jones sendiri ikut mengukir prestasi setelah mengantarkan tim meraih gelar juara NBA 1983.

Kepindahan Bobby Jones tak sia-sia karena Philadelphia 76ers memutuskan untuk memensiunkan nomor punggung 24 pada 1986. Ini membuat namanya bersanding dengan legenda Sixers yang lain. Selain itu, tim asal Pennsylvania ini memberi penghormatan dengan membangun patung Jones di pusat latihan pada 2018.

8. Moses Malone mampu membawa Philadelphia 76ers menjadi juara NBA 1983

9 Patung Legenda Philadelphia 76ers sebelum Allen IversonPatung Moses Malone (nba.com)

Moses Malone adalah center yang bermain untuk Philadelphia 76ers setelah ditukar dari Houston Rockets pada 1982. Kepindahannya ternyata tepat. Dia sukses bersinar dan menjelma pilar inti Sixers. Pemain NBA berjuluk Chairman of the Boards ini mampu membawa tim Pennsylvania in menyabet juara NBA 1983. Tak hanya itu, dirinya juga mampu meraih berbagai gelar individu.

Kontribusi ini membuat Moses Malone menjadi legenda Philadelphia 76ers. Nomor punggung 2 miliknya resmi dipensiunkan oleh Sixers pada 2019. Selain itu, dirinya juga mendapat penghormatan dengan dibuatkan patung yang berlokasi di Camden.

9. Dolph Schayes mengantarkan Philadelphia 76ers meraih juara NBA 1955

9 Patung Legenda Philadelphia 76ers sebelum Allen IversonPatung Dolph Schayes (twitter.com/sixers)

Dolph Schayes power forward yang pernah memperkuat Syracuse Nationals yang saat ini menjadi Philadelphia 76ers. Dirinya bertransformasi menjadi salah satu penggawa yang menonjol sehingga memberikan dampak penting terhadap tim. Benar saja, pemain NBA dengan julukan The Rainbow Kid ini mencatatkan sejarah dengan mengantarkan Sixers meraih gelar juara NBA untuk pertama kali pada 1955.

Saat masih aktif menjadi pemain Philadelphia 76ers, Dolph Schayes sempat mengemban jabatan pelatih sekaligus. Dirinya membuktikan kemampuannya dengan terpilih sebagai Coach of the Year 1966. Legasi luar biasa ini membuat Sixers mempensiunkan nomor punggung 4 pada 2016. Pebasket kelahiran New York ini juga dibuatkan sebuah patung pada 2022.

Kesembilan legenda NBA di atas diabadikan dalam sebuah patung oleh Philadelphia 76ers. Rencananya, Allen Iverson menjadi penggawa kesepuluh yang dibuatkan patung pada 12 April 2024 mendatang. Mereka layak mendapat penghormatan ini karena kontribusi luar biasa terhadap tim dan perkembangan dunia basket.

Baca Juga: Kinerja 5 Pemain Inti Philadelphia 76ers pada Paruh Musim 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya