3 Pemain Eropa yang Meraih NBA Most Valuable Player, Jokic Dominan!

Ada yang sudah pensiun

Nikola Jokic kembali mengulang pencapaian gemilang setelah diumumkan sebagai NBA Most Valuable Player 2024. Hal tersebut terjadi karena pebasket berjuluk The Joker ini mampu menunjukkan etos kerja luar biasa bersama Denver Nuggets selama musim reguler 2023/2024.

Center berkebangsaan Serbia ini mengalahkan pesaingnya, yaitu Shai Gilgeous-Alexander yang membela Oklahoma City Thunder dan Luka Doncic yang memperkuat Dallas Mavericks.

Nikola Jokic sangat dominan karena sudah mengoleksi gelar NBA Most Valuable Player sebanyak tiga kali sepanjang kariernya. Dia ternyata bukan satu-satunya pebasket Eropa yang mampu memperoleh penghargaan bergengsi tersebut. Termasuk dirinya, ada tiga pemain Benua Biru yang meraih gelar MVP di NBA.

1. Nikola Jokic (Serbia) menjadi pemain Eropa dengan koleksi gelar MVP terbanyak di NBA

https://www.youtube.com/embed/vlwCMHjm4BA

Nikola Jokic masih menjadi salah satu figur penting permainan Denver Nuggets pada 2023/2024. Center bertinggi 211 cm ini hampir sulit tergantikan sehingga kerap dipasang sebagai starter. Selain jago bertahan, pemain berkebangsaan Serbia tersebut mampu tampil layaknya point guard karena memiliki visi permainan baik dalam mengatur tempo serangan. Benar saja, dirinya ikut berjasa mengantar Nuggets menduduki peringkat kedua di Western Conference dan berhak lolos ke babak playoff 2024.

Pebasket berjuluk The Joker ini sukses membuat rata-rata mengesankan dengan 26,4 poin, 12,4 rebound, dan 9 assist dalam 79 pertandingan reguler 2023/2024. Statistik hebat ini mengantarkannya sebagai Most Valuable Player (MVP) 2024. Dirinya menjadi pemain Eropa paling dominan karena telah mengoleksi gelar individu prestisius tersebut sebanyak tiga kali di NBA. Namanya tentu makin diperhitungkan dan layak disandingkan dengan para legenda.

2. Giannis Antetokounmpo (Yunani) meraih gelar MVP secara beruntun pada 2019 dan 2020 di NBA

3 Pemain Eropa yang Meraih NBA Most Valuable Player, Jokic Dominan!Giannis Antetokounmpo (nba.com)

Giannis Antetokounmpo adalah salah satu tumpuan skema permainan Milwaukee Bucks. Pemain yang bisa diplot menjadi small forward dan power forward ini pernah membuat pencapain solid karena sukes dianugerahi MVP 2019. Berkat kehebatan dalam bertahan dan menyerang, dia bisa mencatatkan rata-rata 27,7 poin, 5,9 assist, dan 12,5 rebound dalam 72 pertandingan reguler 2018/2019. Selain itu, namanya juga berhasil  masuk daftar All-NBA First Team dan NBA All-Defensive First Team 2019.

Tak berpuas diri, Giannis Antetokounmpo terus meningkatkan kemampuannya agar lebih memberikan dampak positif terhadap performa Milwaukee Bucks. Benar saja, pemain eksplosif berkebangsaan Yunani ini secara beruntun mampu memenangkan penghargaan MVP 2020. Dia ketika itu mengukir rata-rata mengagumkan dengan 28,1 poin, 11 rebound, dan 5,9 assist dalam 61 pertandingan reguler 2019/2020. Performa tersebut juga membuatnya menjadi NBA Defensive Player of the Year 2020. Selain itu, Giannis kembali menghiasi daftar All-NBA First Team dan NBA All-Defensive First Team.

3. Dirk Nowitzki (Jerman) menjadi pebasket Eropa pertama yang meraih gelar MVP di NBA

3 Pemain Eropa yang Meraih NBA Most Valuable Player, Jokic Dominan!Dirk Nowitzki (nba.com)

Dirk Nowitzki adalah mantan pebasket yang telah berkarier kurang lebih selama 21 tahun di NBA. Hebatnya, dia hanya tampil membela Dallas Mavericks. Pemain berjuluk Tall Baller From The G ini berhasil menjelma sebagai salah satu figur kunci permainan tim asal Texas tersebut. Kesetiannya berbuah manis, dirinya telah mengantar Mavericks untuk pertama kali dalam sejarah memenangkan NBA 2011.

Dirk Nowitzki ternyata juga mempunyai pencapaian individu yang tak kalah mentereng. Pemain kelahiran Wurzburg ini pernah terpilih sebagai MVP NBA 2007. Bukan tanpa sebab, dia saat itu telah mencatatkan rata-rata mengesankan dengan 24,6 poin, 8,9 rebound, dan 3,4 assist dalam 78 pertandingan reguler 2006/2007. Ini menjadikannya pebasket Eropa pertama yang sukses meraih penghargaan bergengsi tersebut di NBA.

Ketiga pemain Eropa di atas pernah meraih gelar Most Valuable Player (MVP) di NBA. Nikola Jokic dan Giannis Antetokounmpo berpeluang menambah koleksi penghargaan individu tersebut karena masih aktif berkarier di NBA. Menurutmu, siapakah pebasket Benua Biru yang layak mengikuti pencapaian hebat ini pada masa mendatang?

Baca Juga: 5 Fakta Dirk Nowitzki, Hall of Famer Terbaru Dallas Mavericks

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya