7 Pemain NBA yang Mencetak 70 Poin dalam 1 Pertandingan

Terbaru ada Donovan Mitchell

NBA merupakan liga bola basket paling bergengsi di dunia. Mencetak banyak poin bukan hal mudah di sana. Para pemain NBA harus bekerja keras untuk membongkar pertahanan lawan.

Meski begitu, ada beberapa bintang yang mencuri perhatian karena tercatat dalam sejarah lewat pencapaian luar biasa. Para pemain tersebut mampu membuat 70 poin atau lebih dalam 1 pertandingan.

Siapa pemain NBA yang mencetak 70 poin dalam 1 pertandingan itu?

7. Donovan Mitchell

https://www.youtube.com/embed/al3x5ISASfQ

Donovan Mitchell adalah shooting guard Cleveland Cavaliers yang ditukar dari Utah Jazz pada awal musim 2022/2023. Pemain NBA kelahiran New York ini mampu menyatu dan bersinar dengan permainan tim asal Ohio tersebut.

Mitchell bahkan baru saja mengukir sejarah. Shooting guard 26 tahun ini tampil dominan ketika berjumpa dengan Chicago Bulls. Mitchell membuat catatan gemilang dengan 71 poin, 11 assist, dan 8 rebound.

Catatan itu juga membuat Cavaliers memenangi pertandingan dengan hasil akhir 145-134 atas Bulls. Pecapaian ini menjadi yang tertinggi dalam sejarah tim asal Ohio tersebut.

6. Devin Booker

https://www.youtube.com/embed/Pan_1zX0RPE

Devin Booker merupakan shooting guard andalan Phoenix Suns. Pemain NBA kelahiran Michigan ini pernah membuat torehan manis di NBA. Itu terjadi pada 24 Maret 2017, saat Suns bertandang ke markas Boston Celtics.

Booker mampu mencuri perhatian karena membuat 70 poin dalam 1 pertandingan. Rekor itu menjadi yang tertinggi dalam kariernya sampai saat ini.

Sayangnya, kegemilangannya saat itu belum bisa menyelamatkan Phoenix Suns dari kekalahan atas Boston Celtics dengan hasil akhir 120-130. Meski begitu, pencapaian ini membuat namanya bersanding dengan para legenda NBA.

5. David Robinson

https://www.youtube.com/embed/E-TsMFUeeSY

David Robinson adalah salah satu center paling dominan di NBA. Legenda San Antonio Spurs ini pernah tampil gemilang pada 1993/1994 ketika berjumpa dengan Los Angeles Clippers.

Robinson sukses membuat 71 poin dalam pertandingan melawan Clippers. Saat itu, pemain NBA asal Key West ini sangat menonjol di bawah ring. Ia membuat pemain bertahan lawan kesulitan menjaga pergerakannya.

Pencapaian tersebut juga mengantarkan bintang berjuluk The Admiral ini menjadi pencetak angka tersubur. Ia mencetak rata-rata 29,8 poin pada 1993/1994.

Baca Juga: Catatan Menarik setelah Donovan Mitchell Cetak 71 Poin dalam 1 Game

4. Elgin Baylor

7 Pemain NBA yang Mencetak 70 Poin dalam 1 PertandinganElgin Baylor (nba.com)

Elgin Baylor adalah small forward legendaris yang bermain untuk Los Angeles Lakers di NBA. Ia menjadi bintang yang cukup cerah semasa aktif berkarier meski tidak sekali pun memenangi cincin juara.

Baylor sempat tampil mengagumkan pada 1960. Pemain NBA yang dijuluki Rabbit ini mencetak 71 poin saat Lakers bertemu dengan New York Knicks.

Ia menjadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang sukses membuat 70 poin dalam 1 pertandingan. Hal tersebut menjadi poin tertinggi sepanjang kariernya.

3. David Thompson

https://www.youtube.com/embed/k6OsKy1c5A0

David Thompson adalah pemain legendaris yang pernah bermain untuk Denver Nuggets dan Seattle SuperSonics. Ia hanya tampil selama 8 musim di dunia basket profesional.

Meski begitu, Thompson sukses membuat banyak pencapaian. Salah satunya pada 1977/1978. Pemain NBA yang terkenal dengan julukan Skywalker ini berhasil mencetak 73 poin melawan Detroit Pistons.

David Thompson mencetak 53 poin pada babak pertama, kemudian 20 poin pada babak kedua. Namun, kegemilangan shooting guard satu ini ternyata belum bisa menyelamatkan Denver Nuggets dari kekalahan dengan hasil akhir 137-139 saat itu.

2. Kobe Bryant

https://www.youtube.com/embed/FeXZY4eVLlo

Kobe Bryant merupakan mantan pemain NBA yang bisa berposisi sebagai shooting guard dan small forward . Sepanjang kariernya, ia hanya tampil untuk Los Angeles Lakers. Banyak prestasi yang sudah dipersembahkan bintang kelahiran Philadelphia ini bagi klub asal California tersebut.

Bryant juga pernah mencuri perhatian pada 2006, ketika berhadapan dengan Toronto Raptors. Legenda Lakers ini sukses mencetak 81 poin dalam 1 pertandingan. 

Kobe Bryant menjadi orang kedua yang bisa membuat 80 poin setelah Wilt Chamberlain. Pemain berjuluk Black Mamba itu kini berada di peringkat 2 di deretan pencetak poin terbanyak dalam 1 pertandingan.

1. Wilt Chamberlain

https://www.youtube.com/embed/8xr3i9jpiTE

Wilt Chamberlain salah satu center paling dominan sepanjang sejarah NBA. Ia bermain untuk beberapa tim besar dan banyak mengukir prestasi. Soal mencetak angka, ia adalah yang terbaik.

Chamberlain pernah mencetak 70 poin atau lebih dalam 1 pertandingan sebanyak 6 kali. Salah satunya mencapai 100 poin.

Wilt Chamberlain menjadi satu-satunya pemain yang bisa melakukan hal tersebut di NBA. Rekor ini belum terpecahkan sampai sekarang.

Ketujuh bintang NBA di atas tampil luar biasa dengan mencetak 70 poin dalam 1 pertandingan. Mereka masuk dalam daftar pemain dengan pencapaian mengagumkan di liga bola basket paling bergengsi ini.

Baca Juga: Donovan Mitchell Buat Rekor, Cetak 71 Poin Lawan Chicago Bulls 

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya