3 Pemain San Antonio Spurs yang Pernah Meraih NBA Rookie of the Year

Semua terpilih pada urutan pertama NBA Draft

Victor Wembanyama resmi diumumkan NBA sebagai penerima penghargaan Rookie of the Year 2024. Bukan tanpa sebab, center berkebangsaan Prancis tersebut sukses menunjukkan performa solid pada musim debutnya. Pebasket yang akrab dipanggil Wemby ini juga mampu mengungguli Chet Holmgren yang memperkuat Oklahoma City Thunder dan Brandon Miller yang tampil berseragam Charlotte Hornets.

Uniknya, Victor Wembanyama ternyata bukan satu-satunya pemain San Antonio Spurs yang pernah meraih penghargaan Rookie of the Year. Termasuk Wemby, ada tiga penggawa Spurs yang sudah merasakan gelar individu prestisius tersebut. Siapa saja pebasket yang dimaksud? Simak ulasan di bawah ini, ya!

1. Victor Wembanyama jadi instrumen penting permainan San Antonio Spurs pada 2023/2024

https://www.youtube.com/embed/Ym0CziW2Cik

Sebelum mentas di NBA, Victor Wembanyama telah menarik perhatian penggemar basket karena sukses menunjukkan performa mengesankan. Dirinya digadang-gadang sebagai bintang masa depan. Benar saja, center berkebangsaan Prancis ini mengikuti NBA Draft 2023. Dirinya lantas dipilih oleh San Antonio Spurs pada urutan pertama.

Pemain yang kini berusia 20 tahun ini membawa harapan besar bagi San Antonio Spurs. Victor Wembanyama sering dipercaya oleh Gregg Popovich sebagai instrumen penting permainan. Hal tersebut membuatnya bisa memperoleh banyak menit bermain dan menunjukkan kontribusi hebat. Sayangnya, dia hanya mampu mengantar Spurs menduduki peringkat ke-14 Western Conference sehingga tidak lolos ke babak playoff 2024.

Meski begitu, Victor Wembanyama bisa mencatatkan rata-rata luar biasa dengan 21,4 poin, 10,6 rebound, 3,6 blok, dan 3,9 assist dalam 71 pertandingan reguler NBA 2023/2024. Performa impresif ini membuatnya dianugerahi sebagai Rookie of the Year 2024. Center kelahiran Le Chesnay-Rocquencourt tersebut tentu makin mendapat perhatian lebih di NBA.

Baca Juga: 10 Fakta Tim Duncan, Mantan Atlet Renang yang Jadi Legenda NBA

2. Tim Duncan selalu tampil sebagai starter pada musim reguler 1997/1998

3 Pemain San Antonio Spurs yang Pernah Meraih NBA Rookie of the YearTim Duncan (nba.com)

Tim Duncan merupakan mantan pebasket yang bisa tampil menjadi center dan power forward. Pemain yang akrab disapa Timmy ini sudah menunjukkan etos kerja mengesankan dan berhasil meraih berbagai gelar individu saat masa kuliah. Portofolio tersebut membuatnya percaya diri mengikuti NBA Draft 1997. Benar saja, dirinya dipilih pada urutan pertama oleh San Antonio Spurs.

Musim debutnya berlangsung mulus, Tim Duncan bertransformasi sebagai sosok penting permainan San Antonio Spurs. Dirinya selalu diplot starter dan sukses memenuhi ekspektasi dari berbagai pihak. Pemain berjuluk The Big Fundamental ini mencetak rata-rata solid dengan 21,1 poin, 11,9 rebound, 2,5 blok, dan 2,7 assist dalam 82 pertandingan reguler NBA 1997/1998. Performa ini mengantarkannya meraih Rookie of the Year 1998. Ini menjadikannya pemain kedua dalam sejarah Spurs yang pernah mengukir pencapaian luar biasa tersebut.

3. David Robinson menunda debut NBA karena harus menyelesaikan tugas di Angkatan Laut

3 Pemain San Antonio Spurs yang Pernah Meraih NBA Rookie of the YearDavid Robinson (nba.com)

David Robinson adalah center legendaris yang sukses tampil menjanjikan saat masih membela Navy atau Angkatan Laut Amerika Serikat. Dirinya telah meraih banyak penghargaan individu. Ingin memulai karier profesional, pemain berjuluk The Admiral ini lantas memutuskan mengikuti NBA Draft 1987. Tak sia-sia, dia berhasil dipilih oleh San Antonio Spurs pada urutan pertama.

Namun, David Robison tidak langsung memulai debut karena harus menjalani tugas bersama Angkatan Laut Amerika Serikat. Dirinya baru merasakan atmosfer persaingan di NBA 1989. Center kelahiran Florida ini menjelma sebagai figur penting dan mampu menunjukkan kinerja hebat. Dia mencatatkan rata-rata 24,3 poin, 12 rebound, 2 assist, dan 3,9 blok dalam 82 pertandingan reguler 1989/1990. Berkat kontribusi tersebut, Robinson kemudian memperoleh penghargaan Rookie of the Year.

Ketiga pemain San Antonio Spurs di atas pernah meraih penghargaan Rookie of the Year. Victor Wembanyama menjadi nama paling baru setelah mampu menampilkan permainan mengesankan sepanjang musim reguler 2023/2024. Ini merupakan awal yang manis bagi center berkebangsaan Prancis tersebut untuk terus mencetak sejarah di NBA.

Baca Juga: 5 Center Terbaik San Antonio Spurs, Victor Wembanyama Masuk?

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya