MotoGP Berencana Menerapkan Mesin Bertenaga 850cc pada 2027

Demi menjaga keselamatan pembalap

MotoGP melalui Asosiasi Manufaktur Olahraga Motor (MSMA) dikabarkan sedang menggarap aturan baru yang akan dipersiapkan pada 2027. Salah satu aturan tersebut adalah aturan mengenai perubahan kapasitas mesin dari 1000cc menjadi 850cc. Regulasi teknis yang kini ditetapkan MotoGP sudah diterapkan dari 2022 dan akan berakhir pada 2026.

Salah satu tujuan penurunan tenaga mesin pada kelas MotoGP adalah meningkatkan keselamatan para pembalap agar motor lebih terkendali. Bagi para insinyur balap motor, penuruan kecepatan motor bisa dibilang lebih memungkinkan untuk memaksimalkan keamanan balapan. Rencana regulasi ini juga didukung para pabrikan yang berpartisipasi di MotoGP.

1. Perubahan kapasitas mesin bertujuan untuk meningkatkan keselamatan pembalap

MotoGP Berencana Menerapkan Mesin Bertenaga 850cc pada 2027Balapan MotoGP musim 2023 seri GP Italia di sirkuit Mugello . (motogp.com)

Regulasi saat ini yang mengatur teknis kejuaraan MotoGP sudah diterapkan dari 2022 dan akan berakhir pada 2026. Aturan periode ini telah diikuti enam pabrikan sebelum Suzuki meninggalkan kompetisi pada akhir musim 2022. Pada 2023, para tim MotoGP mendirikan Asosiasi Manufaktur Olahraga Motor (MSMA) yang bertujuan untuk membuat regulasi baru yang akan diterapkan pada 2027.

Salah satu rencana deregulasi pada 2027 yang menjadi sorotan adalah penurunan tenaga mesin dari 1000cc ke 850cc. Ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan pembalap dan menyesuaikan karakteristik sirkuit yang masuk dalam kalender balap MotoGP. Dengan adanya perubahan regulasi balapan yang akan diterapkan pada 2027, Dorna sebagai pihak penyelenggara berharap akan ada tim keenam yang mengikuti MotoGP pada tahun tersebut.

MSMA sendiri dijadwalkan akan menggelar pertemuan baru setelah akhir musim 2023 di Valencia. Mereka akan melanjutkan pembicaraan untuk mencapai kesepakatan akhir mengenai regulasi 2027.

2. Perubahan regulasi mengenai kapasitas mesin disetujui mayoritas tim peserta MotoGP

MotoGP Berencana Menerapkan Mesin Bertenaga 850cc pada 2027Balapan MotoGP musim 2023 seri GP Portugal di sirkuit Portimao. (twitter.com/MotoGP)

Langkah ini disetujui oleh empat pabrikan, yaitu Honda, Yamaha, Ducati, dan KTM yang awalnya meragukan perubahan ini. Dilansir Autosport, modifikasi teknis pada 2027 diperkirakan akan lebih memfokuskan aerodinamika dan penggunaan bahan bakar non-fosil. Para insinyur balap motor sendiri juga memahami bahwa perubahan regulasi ini menjadi paling memungkinkan untuk meningkatkan keamanan balapan.

Aprilia, pabrikan MotoGP lainnya, lebih mempertimbangkan alternatif lain untuk meningkatkan keamanan balapan. Alternatif yang mereka maksud adalah fokus kepada modifikasi pada mesin ketimbang mengurangi tenaganya. Aprilia menilai bahwa modifikasi mesin dapat meningkatkan stabilitas dan kontrol motor sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan.

3. Pengurangan kapasitas mesin MotoGP tidak menghilangkan keseruan balapan

MotoGP Berencana Menerapkan Mesin Bertenaga 850cc pada 2027Alex Marquez (depan), Jack Miller (tengah), dan Brad Binder (belakang) saat membalap pada GP Portugal 2023 di sirkuit Portimao. (twitter.com/MotoGP)

Rencana pengurangan kapasitas mesin dari 1000cc menjadi 850cc memunculkan kekhawatiran bagi penggemar MotoGP. Meski begitu, penurunan akselerasi yang akan diterapkan pada 2027 tidak mengurangi keseruan balapan. Beberapa faktor menunjukkan bahwa masa depan balap MotoGP akan tetap seru seperti sebelumnya.

Pertama, kemajuan teknologi memungkinkan para insinyur untuk menghasilkan tenaga dan performa yang luar biasa bahkan dari mesin yang lebih kecil. Ini berarti bahwa motor 850cc kemungkinan akan sama cepatnya, bahkan lebih cepat dari motor 1000cc. Selain itu, mesin yang lebih kecil dapat membuat balapan menjadi lebih ketat karena peningkatan kemampuan manuver dan kontrol yang lebih baik untuk membuat pertarungan lebih menarik di semua lintasan.

Selain itu, fokus pada elemen-elemen lain, seperti aerodinamika yang lebih baik dan penggunaan bahan bakar non-fosil dapat menambah dimensi baru yang menarik bagi olahraga ini. Penyesuaian ini memiliki potensi untuk meningkatkan keberlanjutan tanpa mengorbankan keseruan yang terkait dengan MotoGP.

Rencana perubahan regulasi MotoGP pada 2027 menunjukkan bahwa olahraga ini terus beradaptasi dengan perkembangan zaman. MotoGP tetap berkomitmen untuk menjadi olahraga yang aman, seru, dan berkelanjutan.

Baca Juga: Marc Marquez Butuh Motor Kompetitif untuk Bertarung di MotoGP 2024

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya