Profil Daniel Ricciardo, Kembali ke F1 dan Bergabung dengan AlphaTauri

Membalap di GP Hungaria pada 23 Juli 2023

Daniel Ricciardo akhirnya kembali ke Formula 1 bersama AlphaTauri. Ia menjadi pembalap utama setelah menggantikan Nyck de Vries yang melempem dalam sepuluh balapan terakhir pada 2023 ini. Ricciardo sendiri bukanlah sosok baru di dunia balap jet darat tersebut. Kepribadiannya yang humoris dan karismatik telah membuatnya memenangi hati penggemar di seluruh dunia sejak debutnya di F1.

Kembalinya Daniel Ricciardo juga disambut bahagia Christian Horner, bos Red Bull Racing Team. Ia menyatakannya dalam unggahan resmi Instagram Red Bull Racing. “Sangat menyenangkan melihat Daniel tidak kehilangan performanya selama tidak membalap. Kami sangat antusias untuk melihat apa yang akan terjadi pada sisa musim ini untuk Daniel dengan status pinjaman di AlphaTauri,” kata Horner. Ricciardo kabarnya akan membalap di GP Hungaria pada 23 Juli 2023.

1. Daniel Ricciardo memulai karier di Scuderia Toro Rosso

Profil Daniel Ricciardo, Kembali ke F1 dan Bergabung dengan AlphaTauriDaniel Ricciardo saat sesi tes bersama Red Bull di sirkuit Silverstone. (twitter.com/F1)

Daniel Ricciardo lahir pada 1 Juli 1989 di Perth, Australia. Namun, ia memiliki darah keturunan Italia dari kedua orangtuanya. Karier balapnya dimulai ketika menjadi pembalap penguji dan pembalap cadangan untuk Scuderia Toro Rosso. Lalu, Ricciardo memulai debutnya di Formula 1 bersama Hispania Racing di GP Inggris dan berkompetisi di sebelas balapan.

Pada 2014, Ricciardo bergabung dengan Red Bull Racing. Ia berpasangan dengan Sebastian Vettel saat itu. Pada musim pertamanya, Ricciardo meraih 3 kemenangan dan 3 podium. Salah satu momen tak terlupakan adalah kemenangan pertamanya di GP Kanada 2014.

Daniel Ricciardo sempat hengkang ke Renault pada 2019. Sayangnya, ia tidak terlalu baik di sana. Ricciardo bahkan harus menghadapi pasang surut dalam kariernya di Renault.

Pada 2021, pembalap asal Australia itu pun bergabung dengan McLaren dengan menjadi rekan satu tim Lando Norris. Ricciardo menghadapi tantangan di sana karena kesulitan beradaptasi dengan mobil McLaren. Apalagi saat ada pergantian regulasi mobil dari FIA.

Baca Juga: Daniel Ricciardo Tak Patok Target Tinggi dalam Debutnya di AlphaTauri

2. Jadi pribadi yang humoris, Daniel Ricciardo dicintai banyak orang

Profil Daniel Ricciardo, Kembali ke F1 dan Bergabung dengan AlphaTauriDaniel Ricciardo saat melakukan selebrasi shoey. (twitter.com/danielricciardo)

Selain keahliannya di atas lintasan, Daniel Ricciardo juga dikenal dengan kepribadiannya yang unik. Salah satu ciri khasnya adalah senyumnya yang tak pernah pudar, bahkan dalam situasi yang paling menegangkan sekalipun. Ia juga cukup jahil. Tak jarang Ricciardo menjahili rekan sesama pembalap, seperti Carlos Sainz, Max Verstappen, dan Lando Norris.

Ricciardo punya selebrasi yang tidak umum saat meraih podium. Selebrasi itu dikenal dengan sebutan shoey, yaitu meminum sampanye dari sepatu balapnya. Beberapa pembalap, seperti Lewis Hamilton, Nico Rosberg, dan Lance Stroll pernah melakukan selebrasi tersebut bersamanya di podium. Selebrasi ini ikonik dalam dunia balap dan membuatnya makin dicintai banyak orang.

3. Punya julukan Honey Badger

Profil Daniel Ricciardo, Kembali ke F1 dan Bergabung dengan AlphaTauriRicciardo berfoto dengan helmnya berdesain honey badger. (twitter.com/danielricciardo)

Dunia balap Formula 1 sudah sering memberikan berbagai julukan kepada para pembalapnya. Alain Prost dikenal sebagai Profesor dan Kimi Raikkonen dijuluki The Iceman. Daniel Ricciardo juga dikenal dengan julukan Honey Badger.

Ricciardo dikenal sebagai pribadi yang penuh senyum dan santai di luar lintasan. Namun, saat balapan, ia menjadi ancaman bagi pembalap lain dengan kecenderungannya melakukan late-breaking (dive bomb) saat menyalip. Karakternya di dalam dan di luar lintasan ini katanya mirip dengan karakteristik seekor musang madu (honey badger).

Binatang yang terlihat menggemaskan tersebut ternyata menyimpan bahaya. Ketika ada yang mencoba menyerang atau merebut wilayahnya, ia menjadi agresif. Musang madu tidak kenal takut dan dapat membunuh hewan yang jauh lebih besar darinya.

Dengan kembalinya Formula 1 di GP Hungaria, mampukah pembalap asal Australia tersebut menyumbangkan poin bagi AlphaTauri? Mari kita nantikan aksinya. Jangan lewatkan balapan F1 di Sirkuit Hungaroring pada Minggu (23/7/2023) pukul 20:00 WIB!

Baca Juga: Daniel Ricciardo Kembali ke Formula 1, Gabung AlphaTauri

Widyo Andana Pradiptha Photo Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya