Kecelakaan Pembalap Wolfgang von Trips yang Renggut 16 Nyawa

Kecelakaan ini turut menewaskannya

Wolfgang von Trips adalah pembalap Formula 1 yang melaju di kejuaraan ini selama 6 musim, tepatnya pada 1956–1961. Selama bertanding di kejuaraan ini, dia membalap untuk Ferrari, Porsche, dan Cooper-Climax. Wolfgang von Trips disebut-sebut sebagai pembalap Ferrari dengan karisma terbesar, terlepas dari prestasi yang ditorehkan Alberto Ascari, Niki Lauda, dan Michael Schumacher.

Wolfgang von Trips sayangnya kehilangan nyawa pada Formula 1 Grand Prix Italia 1961. Pada pekan balap ini, dirinya tewas dalam kecelakaan yang juga melayangkan nyawa 15 orang lainnya. Sesi balapan Formula 1 GP Italia 1961 sendiri diselenggarakan pada 10 September 1961.

1. Wolfgang von Trips tewas setelah terlibat kecelakaan dengan Jim Clark

https://www.youtube.com/embed/UH4KxYMkjSY

Pada Formula 1 GP Italia 1961 yang digelar di sirkuit sepanjang 10 kilometer dan dipadati lebih dari 100 ribu orang, Wolfgang von Trips memulai balapan sebagai yang terdepan. Ini adalah posisi terdepan (pole position) pertama dan satu-satunya yang dicetak Von Trips di Formula 1. Sayangnya, dia memulai balapan ini dengan lamban dan menyelesaikan putaran pertama di posisi keenam.

Pada putaran kedua, Wolfgang von Trips bersaing ketat dengan Jim Clark yang berada di belakangnya. Pada saat itu, dia tertinggal sekitar lima mobil di belakang rombongan Phil Hill, Richie Ginther, Ricardo Rodriguez, dan Jack Brabham. Memasuki tikungan Parabolika yang legendaris di Sirkuit Monza, mobil Von Trips dan Clark bertabrakan. Dalam kecelakaan ini, hub roda kiri belakang mobil Ferrari milik Von Trips dan roda kanan depan mobil Lotus milik Clark saling tersangkut.

Dalam kecelakaan yang merenggut nyawanya, Ferrari Dino 156 yang dikemudikan Wolfgang von Trips menghantam tanggul di sisi kiri lintasan dan terguling berkali-kali. Pada saat itu, dirinya tidak mengenakan sabuk pengaman, sehingga terlempar keluar dari mobilnya dan berakhir tergeletak tak bernyawa di tepi kiri lintasan. Di sisi lain, mobil balap miliknya menabrak banyak penonton layaknya baling-baling.

Selain membunuhnya, kecelakaan fatal Wolfgang von Trips turut menewaskan 15 orang lainnya dan menyebabkan banyak penonton terluka parah. Syukurnya, Jim Clark terhindar dari maut ini. Kecelakaan fatal Formula 1 GP Italia 1961 adalah yang terburuk sepanjang sejarah kejuaraan ini.

Baca Juga: Porsche Masih Tertarik untuk Ambil Bagian di Formula 1 

2. Jim Clark mengungkap pernyataan atas kecelakaannya dengan Wolfgang von Trips

Kecelakaan Pembalap Wolfgang von Trips yang Renggut 16 NyawaJim Clark (twitter.com/F1)

Menanggapi kecelakaan Wolfgang von Trips, Jim Clark mengungkapkan kesaksiannya. Menurutnya, Von Trips yang berada di depannya dan melaju di tengah sirkuit tiba-tiba melambat. Dirinya berusaha menyalip Ferrari milik Von Trips, tetapi mobil tersebut mendadak berbelok ke kiri. Dengan demikian, tabrakan tak bisa dicegah.

"(Wolfgang Von) Trips berada di depan saya, mengemudi di tengah lintasan. Tiba-tiba ia melambat. Karena Lotus saya lebih cepat dibandingkan Ferrari, saya mencoba menyalipnya. Pada saat yang bersamaan, Ferrari (milik Von Trips) secara mengejutkan menarik (berbelok) ke kiri, dan tabrakannya tidak dapat dihindari," begitu kata Jim Clark, dilansir Motorsport Memorial.

Di sisi lain, Phil Hill sukses memenangi Formula 1 GP Italia 1961 setelah delapan kali bertukar posisi terdepan dengan rekan setimnya, Richie Ginther. Kemenangan ini memberinya sembilan poin yang begitu berharga dan menghadiahkannya gelar juara dunia pembalap Formula 1 1961. Hill memimpin klasemen akhir pembalap pada musim tersebut dengan jarak satu poin dari Wolfgang von Trips. Namun, Phil Hill menegaskan bahwa prestasi ini dicapai dengan pahit.

"Saya ingin menang, tetapi tidak dengan harga ini," jelas singkat Phil Hill, sebagaimana dikutip Motorsport Memorial.

3. Wolfgang von Trips sejatinya adalah bangsawan Jerman yang sangat populer

Kecelakaan Pembalap Wolfgang von Trips yang Renggut 16 NyawaWolfgang von Trips (commons.wikimedia.org/Harry Pot)

Wolfgang von Trips bernama lengkap Wolfgang Alexander Albert Eduard Maximilian Reichsgraf. Dia dilahirkan pada 4 Mei 1928 di Koeln, Jerman, dalam sebuah dinasti kesatria yang berusia 7 abad. Ayahnya adalah Eduard Reichsgraf Berghe von Trips, sedangkan ibunya adalah Thessa. Von Trips dibesarkan di sebuah kastil yang bernama Kastil Hemmersbach.

Wolfgang von Trips meninggal dunia pada usianya yang ke-33 tahun. Jenazahnya dikubur di pemakaman keluarga Berghe von Trips. Pemakaman keluarga ini ada di dalam Pemakaman Gereja Clemens yang terletak di Kerpen, Rhine-Erft, Rhine-Westphalia Utara, Jerman.

Kecelakaan Wolfgang von Trips adalah peristiwa yang sangat mengenaskan. Bila saja kecelakaan ini terjadi pada era kini, bukan tidak mungkin keselamatan korban-korbannya akan terjamin. Yang pasti, kecelakaan Wolfgang von Trips yang merenggut total 16 nyawa tidak pernah diharapkan.

Baca Juga: Madrid Resmi Jadi Tuan Rumah Formula 1 Mulai 2026

Written by IRIZU Photo Verified Writer Written by IRIZU

Selamat datang di Written by IRIZU, sebuah bisnis individual yang bercerita tentang apa pun dari sudut pandang data yang dikoleksi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya