Mengenal Sirkuit Oulton Park di Inggris, Pernah Telan Korban Jiwa

Dibuka pada 1953

Inggris telah lama dikenal sebagai negara yang aktif terlibat dalam berbagai ranah balapan. Menurut Racing Circuits Info, ada 32 lintasan balap yang tersebar di seluruh penjuru negara ini. Mulai dari Sirkuit Aberdare Park sampai Sirkuit Winfield, semuanya memiliki latar belakangnya masing-masing yang menarik untuk dikulik.

Salah satu sirkuit di Inggris yang rutin menggelar pagelaran adalah Sirkuit Oulton Park. Ini adalah sirkuit permanen yang bersertifikasi FIA Kelas 3 yang menjadikannya setara dengan Sirkuit Adelaide Parklands di Australia, bahkan Sirkuit Jakarta Internasional ePrix. Sirkuit Oulton Park berlokasi di Little Budworth, Tarporley, Cheshire.

Apa saja hal menarik yang bisa dikulik dari Sirkuit Oulton Park ini?

1. Sirkuit Oulton Park dibangun di atas lahan yang sangat bersejarah

Mengenal Sirkuit Oulton Park di Inggris, Pernah Telan Korban JiwaSirkuit Oulton Park (twitter.com/Oulton_Park)

Sirkuit Oulton Park berada di atas lahan yang pernah menjadi tempat berdirinya Aula Oulton. Bangunan ini merupakan rumah leluhur dari keluarga Egerton, pemilik tanah setempat selama hampir 5 abad lamanya. Mereka diangkat menjadi Penguasa Manor oleh Henry ke-8.

Sayangnya, Aula Oulton mengalami musibah kebakaran pada 1715. Hasilnya, bangunan tersebut hancur total. Akan tetapi, sebuah bangunan megah yang baru, disertai dengan taman formal di sekelilingnya, dibangun untuk menggantikan Aula Oulton.

Pada Hari Valentine 1926, bangunan penerus Aula Oulton juga bernasib sama seperti Aula Oulton itu sendiri. Kebakaran hebat meruntuhkan bangunan ini, di mana atapnya yang roboh menewaskan enam orang. Bangunan ini terbakar begitu parah dengan api yang terus berkobar selama beberapa hari.

Saat Perang Dunia 2 berkecamuk, lahan bekas Aula Oulton diambil alih pihak militer. Oleh seorang jenderal, lahan ini dimanfaatkan sebagai kamp pelatihan tentara menjelang sebuah operasi militer yang sangat populer, Pendaratan Normandia. Selepas perang mahadahsyat ini, lahan bekas Aula Oulton dikembalikan kepada keluarga Egerton.

Pengembangan Sirkuit Oulton Park diinisiasikan oleh Klub Mobil Mid-Cheshire, di mana pembangunannya menyesuaikan kontur alami tanah yang indah. Pada 1953, terjadi sebuah pertemuan di sini yang dihadiri 40 ribu orang. Oleh karena itu, masa depan sirkuit ini sebagai lintasan balap telah terjamin sejak lama.

Baca Juga: Sirkuit MotoGP 2023 Paling Sering Makan Korban, Banyak yang Jatuh

2. Sirkuit Oulton Park terdiri dari 3 tata letak

Mengenal Sirkuit Oulton Park di Inggris, Pernah Telan Korban Jiwamobil Tur Super di Sirkuit Oulton Park (twitter.com/Oulton_Park)

Sirkuit Oulton Park memiliki tiga tata letak yang memberikan tantangan besar kepada seluruh pembalap, baik motor atau mobil. Tiga tata letak ini adalah Sirkuit Internasional, Sirkuit Pulau, dan Sirkuit Fosters. Ketiganya memiliki desain menarik yang menyajikan pengalaman balap mendebarkan.

Tata letak Sirkuit Internasional mempunyai panjang 4,3 kilometer yang setara dengan 2,69 mil. Tata letak ini memadukan 6 tikungan ke kiri dan 11 tikungan ke kanan. Catatan waktu satu putaran tercepat di tata letak ini dipegang Lucas Foresti pada 2011 dengan mengendarai F311 racikan Dallara.

Tata letak Sirkuit Pulau mempunyai panjang 3,616 kilometer yang setara dengan 2,26 mil. Tata letak ini memadukan 3 tikungan ke kiri dan 6 tikungan ke kanan. Catatan waktu satu putaran tercepat di tata letak ini dipegang Tom Blomqvist pada 2010 dengan mengendarai FR2000 racikan Tatuus.

Tata letak Sirkuit Fosters mempunyai panjang 2,656 kilometer yang setara dengan 1,66 mil. Tata letak ini memadukan 2 tikungan ke kiri dan 5 tikungan ke kanan. Catatan waktu satu putaran tercepat di tata letak ini dipegang Luca Riccitelli pada 1996 dengan mengendarai 94D racikan Reynard.

Sirkuit Oulton Park dianggap sebagai salah satu lintasan paling menantang di seluruh daratan Inggris. Akan tetapi, sirkuit ini terlalu sempit untuk menggelar acara internasional. Dengan begitu, sebagian besar seri nasional yang berkunjung ke sirkuit ini tiap tahunnya.

Kegiatan khas Sirkuit Oulton Park adalah Gold Cup. Ini merupakan sebuah pertemuan bersejarah yang diadakan HSCC, di mana beberapa mobil balap terbaik dalam 70 tahun terakhir turun ke lintasan pada sebuah akhir pekan Agustus. Stirling Moss, legenda pembalap dunia, memenangi ajang Gold Cup sebanyak lima kali. Ia pertama kali meraihnya pada 1954 dan yang terakhir pada 1961.

3. Pernah terjadi kecelakaan fatal di Sirkuit Oulton Park

https://www.youtube.com/embed/s4Hey1XHuqA

Di balik keindahannya yang memesona, Sirkuit Oulton Park nyatanya pernah menelan nyawa dua pembalap. Mereka adalah Paul Hawkins dan Paul Warwick. Keduanya tewas seketika setelah kecelakaan.

Paul Hawkins tewas dalam kecelakaan pada 1969. Insiden ini terjadi di tikungan Pulau dari Sirkuit Oulton Park dalam gelaran Trofi Turis. Pembalap Australia ini tewas setelah Lola T70 yang dikemudikannya menabrak pohon.

Paul Warwick meninggal dunia pada Gold Cup 1991 karena mengalami kecelakaan di tikungan Knickerbrook dari Sirkuit Oulton Park. Kecelakaan ini disebabkan oleh kegagalan suspensi mobilnya. Mobil Warwick sendiri hancur kala ia menabrak pembatas pada kecepatan 225 km/jam. Sebagai penghormatan, Gold Cup 1991 dibatalkan sekaligus menganugerahi Warwick sebagai pemenang secara anumerta.

Meski tidak sepopuler sirkuit lainnya di Inggris, misalnya Sirkuit Silverstone, Sirkuit Oulton Park tetap bisa memberikan pengalaman yang menarik bagi para pengunjungnya. Di Racing Circuits Info, sirkuit ini mendapatkan nilai 3 dari 5 bintang melalui perolehan 5.416 suara. Dengan demikian, Sirkuit Oulton Park dapat menjadi salah satu destinasi wisata bagi penikmat balap yang tengah berkunjung ke Inggris.

Baca Juga: Mengenal Pista di Fiorano, Sirkuit Uji Privat Ferrari

Written by IRIZU Photo Verified Writer Written by IRIZU

Selamat datang di Written by IRIZU, sebuah bisnis individual yang bercerita tentang apa pun dari sudut pandang data yang dikoleksi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya