Intip Sejarah Sirkuit Barber Motorsports Park, Punya Museum!

Pembangunannya dicetus oleh kolektor sepeda motor

Seiring berjalannya waktu, Amerika Serikat kian meraih popularitas dalam konteks olahraga balap internasional. Berbicara tentang lintasan balap, negara ini sejatinya menyimpan segudang sirkuit yang menawan. Amerika Serikat adalah rumah bagi sedikitnya 80 sirkuit yang memiliki keunikannya masing-masing.

Lintasan balap di Amerika Serikat yang paling menarik untuk dikunjungi turis asing tentunya adalah Sirkuit Indianapolis dan Sirkuit Amerika. Akan tetapi, ada banyak sirkuit-sirkuit lainnya di Amerika Serikat yang tidak kalah menarik dibandingkan kedua sirkuit tersebut. Salah satu di antaranya adalah Sirkuit Barber Motorsports Park.

1. Pada 1995, Sirkuit Barber Motorsports Park dibuka sebagai sebuah museum

Intip Sejarah Sirkuit Barber Motorsports Park, Punya Museum!Sirkuit Barber Motorsports Park (twitter.com/BarberMotorPark)

George Barber adalah sosok di balik berdirinya Sirkuit Barber Motorsports Park. Dia adalah investor properti yang juga menjalankan bisnis susu keluarga. Di sisi lain, dirinya adalah pembalap Porsche yang ulung pada era 1960-an sampai awal era 1970-an.

Sirkuit Barber Motorsports Park dibangun atas tekad George Barber untuk menciptakan pameran koleksi sepeda motor kelas dunia yang belum pernah ada sebelumnya. Demi melancarkan tekad ini, dia mendirikan yayasan nirlaba pada 1994. Pada 1995, fasilitas yayasan nirlaba ini dibuka untuk umum; awalnya sebagai museum yang memamerkan 325 sepeda motor dan sejumlah mobil antik.

Saat koleksinya mencapai lebih dari 500 unit, yayasan nirlaba milik George Barber mulai mencari lokasi untuk mendirikan fasilitas yang lebih besar daripada sebelumnya. Pada 2002, sebuah lahan seluas 740 hektare dipilih dalam rangka menyukseskan pembaruan ini. Perancang sirkuit terkenal, Alan Wilson, direkrut untuk menyusun rancangan lintasan balap di Sirkuit Barber Motorsports Park.

Pada 2003, dibukalah Sirkuit Barber Motorsports Park yang telah diperbarui dengan penambahan lintasan balap sepanjang 3,83 kilometer yang terdiri dari 17 tikungan. Area sirkuit ini membentang seluas 880 hektare di Birmingham, Alabama, Amerika Serikat. Sirkuit ini memiliki satu tata letak utama yang berkelok-kelok menembus taman berhutan dan dua tata letak alternatif yang lebih pendek.

Mulanya, Sirkuit Barber Motorsports berfokus menyelenggarakan balapan sepeda motor, misalnya ajang AMA dan WERA. Akan tetapi, sirkuit ini sekarang berpengalaman dalam menjadi tuan rumah beragam kegiatan motorsport. Sebut saja Grand-Am, Tantangan Pirelli Dunia, Seri Balap Antik, AMA SuperBike, bahkan Seri IndyCar.

Baca Juga: Mengenal Pista di Fiorano, Sirkuit Uji Privat Ferrari

2. Museum Motorsport Antik Barber memiliki koleksi yang luar biasa keren

Intip Sejarah Sirkuit Barber Motorsports Park, Punya Museum!Sirkuit Barber Motorsports Park (twitter.com/BarberMotorPark)

Museum Motorsport Antik Barber yang berada dalam cakupan Sirkuit Barber Motorsports Park dinobatkan oleh Rekor Dunia Guinness sebagai museum sepeda motor terbesar di dunia. Museum ini mengoleksi 1.200 sepeda motor sekaligus merupakan kolektor mobil balap Lotus terbesar di dunia. Museum Motorsport Antik Barber adalah rumah bagi replika Lotus Mark 1 yang terkenal langka dan Lotus T109. Museum ini dianggap sebagai proyek filantropi seseorang yang terbesar sepanjang sejarah Alabama.

Museum Motorsport Antik Barber berdiri di sebelah Sirkuit Barber Motorsports Park. Akses museum seluas kira-kira 13 ribu meter persegi ini terdapat di antara tikungan ke-8 dan ke-9. Museum setinggi lima lantai ini memiliki arsitektur yang sangat unik dan indah sehingga cocok dinimati para tamu dari seluruh dunia, sebagaimana diwartakan Porsche Driving.

3. Sirkuit Barber Motorsports Park adalah rumah dari beragam sekolah balap

Intip Sejarah Sirkuit Barber Motorsports Park, Punya Museum!Sirkuit Barber Motorsports Park (twitter.com/BarberMotorPark)

Sirkuit Barber Motorsports Park menyimpan berbagai kegunaan. Lintasan balap ini adalah markas dari sekian banyak sekolah mengemudi. Itu mencakup Sekolah Mengemudi Porsche Amerika Utara, Sekolah Suzuki Kevin Schwantz, Sekolah Superbike California Keith Code, dan Sekolah Mengemudi Juara Yamaha Jamie James.

Di Sirkuit Barber Motorsports Park, berdiri Barber Proving Grounds yang baru saja dibangun. Fasilitas ini digunakan untuk mengakomodasi acara tambahan saat lintasan balap Sirkuit Barber Motorsports Park sedang digunakan. Fasilitas ini dimanfaatkan untuk menguji serta mendemonstrasikan kemampuan kendaraan, menyelenggarakan perilisan produk, dan menyajikan instruksi keselamatan.

Menilik dari sejarahnya, dapat disimpulkan bahwa Sirkuit Barber Motorsports Park memegang peranan penting dalam industri balap nasional. Pendirinya, George Barber, menjelaskan identitas sirkuit ini melalui sebuah kutipan singkat yang mampu mengundang gelak tawa. Dia menegaskan, Sirkuit Barber Motorsports Park adalah taman indah yang kebetulan memiliki lintasan balap.

Baca Juga: Mengenal Sirkuit Oulton Park di Inggris, Pernah Telan Korban Jiwa

Written by IRIZU Photo Verified Writer Written by IRIZU

Selamat datang di Written by IRIZU, sebuah bisnis individual yang bercerita tentang apa pun dari sudut pandang data yang dikoleksi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya