5 Contoh Gerakan Manipulatif, Butuh Konsentrasi Tinggi

Perlu koordinasi antar anggota tubuh

Tahukah kamu apa itu gerakan manipulatif? Sekilas tidak pernah terdengar, padahal gerakan-gerakan manipulatif sebenarnya sering kita lakukan di dalam keseharian. Gerakan manipulatif adalah gerakan meniru kegiatan, seperti melempar, menangkap, dan menendang.

Gerakan manipulatif berbeda dengan gerakan lokomotor (berpindah tempat) maupun gerakan non-lokomotor (gerakan di tempat). Gerakan manipulatif adalah gerakan menirukan kegiatan.

Oleh karena itu, butuh koordinasi anggota tubuh untuk melakukan gerakan manipulatif. Kali ini, IDN Times akan merangkum tentang apa saja contoh gerakan manipulatif. Simak penjelasan di bawah ini ya!

1. Gerakan melempar

5 Contoh Gerakan Manipulatif, Butuh Konsentrasi TinggiIlustrasi Melempar Bola (Pinterest.com)

Gerakan melempar benda atau barang membutuhkan koordinasi kedua tangan dan mata. Gerakan ini merupakan keterampilan manipulatif yang kompleks untuk menolak sebuah benda agar menjauhi tubuh.

Koordinasi mata dan tangan yang serasi membuat benda yang dilempar juga akan mengarah ke titik yang diinginkan. Karena dibutuhkan koordinasi antar anggota tubuh, gerakan melempar termasuk ke dalam contoh gerakan manipulatif.

2. Gerakan menangkap

5 Contoh Gerakan Manipulatif, Butuh Konsentrasi Tinggipotret kiper menangkap bola di depan gawang (pixabay.com/phillipkofler)

Kebalikan dari gerakan melempar, gerakan menangkap berarti memberhentikan sebuah benda dan mengontrol benda tersebut agar tidak berpindah lagi, baik menggunakan satu tangan maupun dua tangan.

Contoh gerakan manipulatif ini dilakukan saat ada sebuah benda mendekati tubuh, misalnya lemparan bola basket.

3. Gerakan menggiring

5 Contoh Gerakan Manipulatif, Butuh Konsentrasi TinggiMemphis Depay (Instagram.com/memphisdepay)

Contoh gerakan manipulatif selanjutnya adalah gerakan menggiring. Gerakan menggiring membutuhkan konsentrasi dan koordinasi tinggi antara kaki dan mata. Dengan kata lain, gerakan yang satu ini membutuhkan teknik kontrol dan penguasaan yang baik.

Kaki harus bisa mengontrol benda yang digiring agar selalu berada dalam jangkauan. Lalu, mata juga harus mengawasi benda yang digiring dan secara bersamaan melihat ke arah depan agar tetap fokus.

4. Gerakan menendang

5 Contoh Gerakan Manipulatif, Butuh Konsentrasi TinggiWebsite (pexel.com)

Selain menggiring, gerakan menendang juga termasuk dalam contoh gerakan manipulatif. Hampir sama seperti gerakan menggiring, gerakan menendang juga memerlukan koordinasi dan keterampilan gerak antara kaki dan mata.

Mata harus melihat benda yang ingin ditendang dan kaki juga harus secara tepat membidik benda yang ingin ditendang. Jika koordinasinya buruk, maka tendangan akan meleset dari sasaran yang ingin dituju.

5. Gerakan memukul

5 Contoh Gerakan Manipulatif, Butuh Konsentrasi TinggiIDN Times/PBSI

Contoh gerakan manipulatif yang terakhir adalah memukul. Gerakan ini digunakan untuk memberi daya dorong kepada suatu benda atau objek. Gerakan memukul bisa menggunakan tangan saja atau dengan bantuan alat, misalnya tongkat atau raket.

Misalnya, dalam permainan olahraga voli, tenis meja, atau badminton yang membutuhkan pukulan terhadap bola agar bisa menjauhi daerah permainan kita.

Nah, demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian dan contoh gerakan manipulatif yang wajib kamu pahami. Gerakan-gerakan di atas adalah gerakan yang biasa dilakukan sehari-hari. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Gerakan Olahraga Sederhana buat Kamu yang Suka Rebahan

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya