10 Contoh Latihan Kecepatan, Tubuh Makin Lincah dan Bugar

Lakukan secara rutin dan teratur

Dalam menjaga kebugaran tubuh, terdapat beberapa aspek yang harus dilatih. Salah satunya adalah kecepatan. Ada beberapa contoh latihan kecepatan yang tidak hanya membantu meningkatkan kebugaran, tetapi juga kelincahan tubuh.

Contoh latihan kecepatan ini bisa dilakukan sendiri, dengan teman, maupun dengan bantuan alat. Lakukan latihan-latihan ini secara teratur dan rutin agar mendapat hasil yang maksimal. Cari tahu selengkapnya dalam artikel ini, yuk!

1. Sprint

10 Contoh Latihan Kecepatan, Tubuh Makin Lincah dan BugarRyuji Utomo Latihan Sprint (instagram.com/ryujiutomo)

Contoh latihan kecepatan pertama adalah lari sprint. Lari ini dilakukan dalam jarak yang pendek, tetapi dengan kecepatan tinggi. Atlet melakukan latihan ini secara berulang-ulang supaya bisa melihat perbedaan durasi waktunya sekaligus bisa menjadi bahan evaluasi.

Latihan sprint tidak hanya melatih kecepatan, tetapi juga daya tahan dalam berolahraga.

2. Lari zigzag

10 Contoh Latihan Kecepatan, Tubuh Makin Lincah dan BugarRunning shoes (pexels.com/Mikhail Nilov)

Contoh latihan kecepatan selanjutnya adalah lari zigzag. Sesuai namanya, latihan ini dilakukan dengan berlari ke kiri dan kanan secara cepat. Oleh sebab itu, latihan ini tidak hanya melatih kecepatan, tetapi juga kefokusan mata dalam melewati rintangan yang disediakan.

3. Shuttle run

10 Contoh Latihan Kecepatan, Tubuh Makin Lincah dan BugarShuttle run sebagai latihan untuk meningkatkan kelincahan (freepik.com)

Shuttle run sebenarnya memiliki konsep yang mirip dengan lari sprint, yaitu sama-sama berlari jarak pendek dengan kecepatan tinggi. Namun, shuttle run mengharuskan kamu berlari bolak balik ke titik semula.

Misalnya, kamu berlari dari titik A ke titik B sejauh 5 meter. Maka ketika sudah sampai di titik B, kamu harus kembali ke titik A dengan cepat. Lalu, kembali lagi ke titik B dan seterusnya.

4. Cone drills

10 Contoh Latihan Kecepatan, Tubuh Makin Lincah dan Bugarcone drills (google.com)

Sesuai namanya, contoh latihan kecepatan ini menggunakan alat berupa cone yang  diletakkan sejara berjajar. Fungsi dari cone ini adalah sebagai rintangan dalam berjalan atau berlari.

Kamu harus melewati rintangan tersebut, bisa dengan berlari secara perlahan, berlari, bahkan melompat. Biasanya latihan ini dilakukan sebagai pemanasan sebelum melakukan aktivitas olahraga berat lainnya.

5. Ladder drill

10 Contoh Latihan Kecepatan, Tubuh Makin Lincah dan Bugarladder drill (google.com)

Latihan kecepatan ini dilakukan menggunakan alat berupa ladder, yaitu semacam tangga yang berbahan nilon dan disusun secara horizontal. Latihan ini juga biasanya dilakukan sebagai pemanasan sebelum berolahraga.

Dalam melakukannya, kamu bisa berjalan, melompati, atau berlari melewati setiap rongga pada ladder. Aturannya, kaki kamu tidak boleh mengenai atau menyentuh tali pada ladder tersebut.

6. Lunges

10 Contoh Latihan Kecepatan, Tubuh Makin Lincah dan Bugardumbell (freepik.com/aleksandarlittlewolf)

Gerakan lunges juga termasuk contoh latihan kecepatan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Latihan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sendi lutut dan pergelangan kaki. Selain itu, lunges juga berfungsi untuk mengencangkan otot tubuh.

Cara melakukan latihan ini adalah sebagai berikut.

  1. Posisi berdiri dan buka kaki selebar bahu.
  2. Tangan berada di pinggang.
  3. Langkahkan kaki kanan ke depan dan tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat.
  4. Kaki satunya berada di belakang dengan menekuk lutut hingga menyentuh lantai.
  5. Tahan posisi ini sekitar 4-5 detik.
  6. Lakukan dengan kaki satunya dan ulangi hingga 10-20 kali.

7. Fartleks

10 Contoh Latihan Kecepatan, Tubuh Makin Lincah dan Bugarcontoh latihan kecepatan (unsplash.com/@andrewtanglao)

Fartleks adalah latihan kecepatan yang tujuannya untuk meningkatkan kecepatan yang efektif. Latihan ini merupakan kombinasi berlari cepat dan jogging. Cara melakukannya adalah kamu bisa berlari cepat sekitar 2 menit, setelah itu jogging selama 2 menit. Kemudian berlari cepat lagi sekitar 4 menit.

Lakukan latihan tersebut secara terus menerus. Sesuaikan dengan kemampuan dan target yang kamu inginkan.

8. Hill training

10 Contoh Latihan Kecepatan, Tubuh Makin Lincah dan Bugarilustrasi pria berolahraga (unsplash.com/Jenny Hill)

Sesuai namanya, contoh latihan kecepatan ini adalah berlari dari tempat yang rendah ke tempat yang tinggi, begitu pun sebaliknya. Kamu bisa berlari ke tempat yang tinggi dan turun dengan berjalan.

Jika memungkinkan, kamu bisa melakukan hill training di sebuah bukit atau gundukan yang luas dan tinggi. Namun jika tidak memungkinkan, kamu bisa melakukannya di tangga rumah atau tribun stadion.

Baca Juga: 10 Contoh Latihan Keseimbangan untuk Kebugaran Jasmani

9. Lari ke segala arah

10 Contoh Latihan Kecepatan, Tubuh Makin Lincah dan BugarSeorang pria sedang berlari (Shutterstock/Imtmphoto)

Latihan kecepatan ini memang terlihat simpel dan sepele, tetapi ternyata latihan dengan berlari ke segala arah ini penting untuk melatih kecepatan. Namun, kamu membutuhkan instruksi dari orang lain untuk melakukan latihan ini.

Misalnya, temanmu bisa memberi instruksi, seperti belok ke kanan, kiri, atau putar balik.

Baca Juga: 12 Contoh Gerakan Lokomotor, Jaga Tubuh Tetap Bugar

10. Run stride

10 Contoh Latihan Kecepatan, Tubuh Makin Lincah dan Bugarilustrasi olahraga (pixabay.com/Endho)

Latihan run stride sebenarnya mirip dengan lari sprint. Namun, pada run stride, kamu diharuskan berlari cepat selama 20-30 detik atau sekitar 100 meter. Setelah itu, kamu dibolehkan istirahat dengan berjalan kaki sekitar satu menit. Latihan ini bisa dilakukan 4-6 kali untuk hasil yang maksimal. 

Nah, itulah tadi 10 contoh latihan kecepatan yang bisa kamu coba sendiri. Jangan lupa lakukan secara rutin dan teratur serta evaluasi hasil dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga: 8 Contoh Gerakan Non Lokomotor, Lengkap beserta Pengertiannya

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya