Di Papan Catur Ada Berapa Menteri? Ini Jumlah dan Gerakannya

Sering salah arti

Catur merupakan salah satu permainan populer yang banyak dimainkan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Cara main catur sebenarnya mudah, kamu bisa cepat belajar tentang teknis permainan dan gerak setiap buah catur.

Namun, bagi pemula yang baru belajar bermain catur, terkadang masih lupa tentang jumlah atau gerakan setiap buah catur sesuai aturan yang berlaku. Salah satu hal yang paling sering ditanyakan adalah di papan catur ada berapa Menteri? Untuk mengetahuinya, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Nama dan jumlah bidak pada permainan catur

Di Papan Catur Ada Berapa Menteri? Ini Jumlah dan GerakannyaIlustrasi catur (pexels.com/Vlada Karpovich)

Menjawab pertanyaan di atas, jumlah Menteri dalam permainan catur adalah satu buah. Supaya lebih paham jumlah buah catur, berikut susunannya:

  • 1 Raja atau King
  • 1 Menteri atau Queen atau Ster
  • 2 Gajah atau Bishop
  • 2 Kuda atau Knight atau Ksatria
  • 2 Benteng atau Rook
  • 8 Pion

2. Apakah buah catur Menteri dan Gajah sama?

Di Papan Catur Ada Berapa Menteri? Ini Jumlah dan GerakannyaIlustrasi Gambar Catur. (unsplash.com/Randy Fath)

Pemain catur pemula terkadang salah penyebutan antara Menteri dan Gajah. Terdapat istilah informal yang menyebut dua buah catur di samping kanan dan kiri Raja/Ratu adalah Menteri.

Padahal, dalam permainan catur, Menteri sama dengan Ratu atau Queen. Sedangkan dua buah catur yang di berada samping kanan dan kiri Raja/Menteri adalah Gajah atau disebut juga Bishop dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: 5 Cara Main Catur Terlengkap, Cocok bagi Pemula!

3. Gerakan buah catur

Di Papan Catur Ada Berapa Menteri? Ini Jumlah dan Gerakannyailustrasi bermain catur (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Setiap buah catur memiliki gerakan yang berbeda-beda. Berikut penjelasan tentang gerak setiap buah catur:

  1. Pion atau Pawn: Buah catur yang berada di posisi paling depan dan hanya bisa melangkah ke depan maksimal 2 kotak pada langkahan pertama. Sedangkan langkah berikutnya hanya boleh 1 kotak ke depan. Saat menyerang, pion bisa memakan lawan dengan bergerak diagonal 1 kotak, tapi tidak boleh mundur.
  2. Benteng atau Rook: Buah catur yang boleh melangkah lurus ke depan, belakang, kanan, dan kiri. Namun, tidak boleh gerakan diagonal.
  3. Kuda atau Knight: Buah catur yang bergerak menyerupai huruf L. Gerakan Kuda adalah dua langkah ke depan/belakang/samping, lalu geser satu kotak ke kanan atau kiri.
  4. Gajah atau Bishop: Buah catur yang gerakannya hanya dalam garis diagonal saja. Misalnya serong kanan atas, serong kanan bawah, serong kiri atas, dan serong kiri bawah.
  5. Menteri atau Ratu atau Queen: Buah catur yang bisa bergerak ke segala arah selama terdapat ruang kosong. Menteri atau Ratu bisa bergerak ke depan, belakang, kanan, kiri, dan diagonal.
  6. Raja atau King: Buah catur yang hanya bisa melangkah satu kotak ke segala arah.

Itulah tadi penjelasan tentang jumlah buah catur dan gerakan-gerakannya. Selamat bermain!

Baca Juga: Apa itu Skakmat Catur? Ini Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya