Macam-Macam Otot beserta Pengertian dan Cirinya, Lengkap!

Otot pada tubuh manusia punya ciri dan perannya sendiri

Tubuh manusia terdiri atas jutaan sel dan jaringan yang tak terhitung jumlahnya. Begitu pula ketika membahas soal tubuh manusia yang sangat kompleks, tidak bisa terlepas dari banyaknya organ tubuh yang bekerja.

Kerja organ tubuh tersebut salah satunya untuk membuat gerakan pada tubuh seseorang. Gerakan-gerakan yang dihasilkan tersebutlah yang membuat seorang manusia bisa beraktivitas.

Organ tubuh tersebut utamanya adalah otot dan tulang. Terdapat macam-macam otot dan berbagai jenis tulang yang ada dalam tubuh kita. Mereka punya tugas, peran, dan ciri-cirinya masing-masing. Mau tahu apa saja? Simak di artikel ini, yuk!

1. Pengertian otot

Macam-Macam Otot beserta Pengertian dan Cirinya, Lengkap!ilustrasi otot tubuh manusia (humananatomyillustrations.com)

Sebelum mengetahui macam-macam otot, perlu dipahami dulu tentang pengertian otot dalam tubuh. Otot adalah jaringan dalam tubuh yang berfungsi untuk menggerakkan tubuh manusia maupun hewan. Jaringan yang sifatnya kenyal ini terlihat seperti serat-serat yang menempel di tulang atau organ tubuh lain.

Saat tubuh melakukan gerakan, berarti saat itu otot sedang berkontraksi untuk menggerakkan tulang dan organ tubuh lain. Bahkan, jaringan-jaringan otot pada tubuh manusia mencapai 35-40% dari massa tubuh seseorang.

Oleh sebab itu, kehadiran otot pada tubuh manusia sangatlah krusial dan penting dalam setiap gerakan manusia. Makanya, saat seseorang mengalami cedera pada ototnya, ia cenderung kesulitan melakukan gerakan-gerakan, bahkan yang simpel sekalipun.

Manusia memiliki macam-macam otot dalam tubuhnya, yaitu otot polos, otot jantung, dan otot lurik. Simak penjelasannya setelah ini.

2. Pengertian dan ciri-ciri otot polos

Macam-Macam Otot beserta Pengertian dan Cirinya, Lengkap!Ilustrasi otot polos (sumber.belajar.kemdikbud.go.id)

Macam-macam otot yang pertama adalah otot polos. Otot polos berada di dalam tubuh manusia dan berkontraksi dengan cara tidak sadar. Jenis otot ini tetap aktif dan bergerak meskipun seseorang sedang tidur.

Kerjanya yang terus menerus seharusnya membuat otot ini bekerja ekstra. Namun, otot polos ternyata tidak membutuhkan energi yang sangat banyak untuk terus aktif karena daya yang dikeluarkan juga tidak banyak. 

Lantas di mana letak otot polos dalam tubuh manusia? Umumnya, otot polos terletak di berbagai organ tubuh manusia, mulai dari bagian saluran pencernaan, pembuluh darah, rahim, kandung kemih, hingga bagian mata.

Otot polos sendiri juga dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu otot polos unit tunggal dan otot polos unit ganda. Perbedaan keduanya terletak pada cara kerja sel otot. Pada otot polos unit tunggal, sel-selnya bekerja secara kolektif. Sedangkan sel otot polos unit ganda bekerja secara individu atau sendiri-sendiri.

Adapun ciri-ciri dari jenis otot polos antara lain:

  • Aktif dan bekerja secara tanpa sadar, bahkan saat manusia tidur sekalipun.
  • Bekerja terus menerus.
  • Bersifat lebih elastis.
  • Terletak di hampir semua organ tubuh manusia.
  • Tebalnya mencapai 5 mikrometer.
  • Panjangnya sekitar 20-30 mikrometer.
  • Bergantung pada sistem saraf dan hormon.
  • Berbentuk bulat di bagian tengah dan runcing di bagian ujung.
  • Mampu berkontraksi dalam waktu yang panjang.

3. Pengertian dan ciri-ciri otot jantung

Macam-Macam Otot beserta Pengertian dan Cirinya, Lengkap!Ilustrasi otot jantung (sumber.belajar.kemdikbud.go.id)

Sesuai namanya, otot jantung terletak pada organ tubuh jantung dan berfungsi untuk memompa darah, baik dari seuruh tubuh ke jantung maupun sebaliknya. Otot jantung yang tidak bekerja secara maksimal mengakibatkan aliran darah dalam tubuh pun menjadi tidak maksimal pula. Akibatnya bisa fatal, seperti kesulitan bernapas.

Salah satu dari macam-macam otot ini terdiri atas banyak sel yang bentuknya memanjang. Jenis otot ini sering disebut sebagai otot istimewa karena letaknya hanya berada di jantung dan peran jantung yang sangat vital pada tubuh manusia.

Otot jantung juga bekerja seperti otot polos, yaitu bergerak secara tidak sadar dan terus menerus. Cara kerja otot ini dimulai ketika kontraksi, otot akan memompa darah keluar dari jantung menuju seluruh tubuh. Lalu, ketika otot jantung relaksasi, maka saat itu darah dari seluruh tubuh akan menuju jantung.

Otot jantung memiliki beberapa ciri, yaitu sebagai berikut.

  • Berbentuk silinder dan bercabang.
  • Terletak di dinding jantung.
  • Bekerja secara tidak sadar dan tanpa harus mendapat perintah dari otak.
  • Inti sel terletak di bagian tengah dari otot jantung.

Baca Juga: 11 Cara Melatih Otot Kaki agar Kuat, Bisa Dicoba di Rumah

4. Otot lurik

Macam-Macam Otot beserta Pengertian dan Cirinya, Lengkap!Ilustrasi otot lurik (sumber.belajar.kemdikbud.go.id)

Macam-macam otot pada tubuh manusia yang terakhir adalah otot lurik. Otot ini menempel pada rangka organ tubuh manusia. Secara sederhana, otot inilah yang melakukan gerakan pada tubuh kamu. Otot lurik atau otot rangka ini akan menggerakkan rangka dan tubuh manusia sesuai perintah otak.

Otot lurik juga memiliki jumlah inti sel yang sangat banyak, sehingga kerjanya bisa sangat keras. Namun, tetap membutuhkan istirahat agar tidak mengakibatkan luka atau cedera.

Otot ini juga memiliki perbedaan mendasar dengan otot polos dan otot jantung. Otot lurik bekerja sesuai perintah otak, sedangkan kedua otot sebelumnya bergerak secara tidak sadar dan tanpa perintah dari otak.

Otot lurik juga bisa dibilang tersebar di mayoritas rangka tubuh manusia. Bahkan, jumlah otot lurik pada manusia mencapai 40% dari massa atau berat badan manusia. Untuk lebih memahaminya, berikut beberapa ciri-ciri otot lurik:

  • Bekerja sesuai perintah otak dan secara sadar.
  • Memiliki banyak inti sel yang terletak di tepi.
  • Terdiri atas ribuan serabut yang membentuk jaringan otot.
  • Berwarna gelap dan terang yang berpola selang-seling.
  • Panjangnya sekitar 2,5 cm dan diameter 50 mikrometer.
  • Mudah berkontraksi.

Nah, sekian penjelasan tentang macam-macam otot beserta pengertian dan ciri-cirinya. Semoga informasi ini menambah wawasan kamu, ya!

Baca Juga: 8 Contoh Gerakan Non Lokomotor, Lengkap beserta Pengertiannya

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya