Profil Damian Lillard, Shooter Andalan Portland Trail Blazers

Pemenang 3 Point Contest NBA All Star 2023

Bagi kamu penggemar olahraga bola basket, kamu mungkin sudah tidak asing dengan nama Damian Lillard. Ia adalah pebasket NBA yang saat ini bermain di Portlant Trail Blazers sebagai point guard.

Damian Lillard dikenal sebagai salah satu penembak jarak jauh terbaik yang dimiliki NBA saat ini. Dame, sapaan akrabnya, juga memenangkan Three Point Contest pada NBA All Star 2023. Ia juga sudah berkarier sebagai pemain basket profesional selama lebih dari sepuluh tahun.

Seperti apa sepak terjangnya di dunia basket Amerika Serikat? Simak profil, perjalanan karier, prestasi, dan fakta-fakta menarik tentang Damian Lillard di bawah ini!

1. Profil Damian Lillard

Profil Damian Lillard, Shooter Andalan Portland Trail BlazersDamian Lillard (nba.com)

Pebasket Trail Blazers dengan nama lengkap Damian Lamonte Ollie Lillard Sr. ini lahir di Oakland, California, Amerika Serikat pada 15 Juli 1990. Damian Lillard merupakan anak dari Houston Lillard dan Gina Johnson.

Dame mulai serius menggeluti kariernya sebagai pebasket sejak ia duduk di bangku SMA. Namun, postur tubuh Dame yang kurang tinggi sebagai pemain basket membuat klub-klub basket muda kurang berminat. Saat itu, tingginya hanya sekitar 1,65 meter.

Alhasil, Dame sempat beberapa kali pindah SMA untuk terus mendorong bakat dan minatnya di dunia basket. Setelah lulus SMA, barulah kemampuan Dame makin terasah dan mulai meniti karier sebagai pebasket profesional.

2. Perjalanan karier

Profil Damian Lillard, Shooter Andalan Portland Trail Blazerspotret Damian Lillard (nba.com)

Damian Lillard melanjutkan pendidikan tinggi di Weber State University. Ia pun bergabung dengan tim basket kampus, Weber State Wildcats. Saat itu, ia masih menjadi pebasket berlabel rekrutan bintang dua.

Meski begitu, ia berkembang sangat pesat bersama klub basket kampusnya. Pada sebuah pertandingan, ia berhasil mencetak 41 poin dan membawa timnya meraih kemenangan. Pada 2012, ia juga berhasil meraih penghargaan tim ketiga All-American.

Bergabung ke Portland Trail Blazers

Pada 2012, Damian Lillard memutuskan untuk mengikuti NBA Draft dan akhirnya ia dipilih oleh Portland Trail Blazers usai penampilannya yang cemerlang.

Dame berhasil mencetak 23 poin dan 11 assist pada laga debutnya melawan Los Angeles Lakers yang ketika itu masih dipimpin Kobe Bryant. Selain itu, ia juga memenangkan Skill Challenge dengan mencetak 18 poin dan 6 assist pada Rising Stars Challenge.

Damian Lillard menyudahi musim rookie pertamanya dengan raihan rata-rata 19 poin, 3,1 rebound, dan 6,5 assist per pertandingan. Dame pun meraih penghargaan NBA Rookie of the Year.

Pada musim berikutnya, Damian Lillard tampil pada NBA All Star untuk pertama kali. Kemudian pada putaran pertama playoffs NBA 2014, Dame juga tampil apik dengan melakukan three point shoot saat melawan Houston Rockets.

Musim terbaik di Trail Blazers

Musim ketiga Damian Lillard bersama Portland Trail Blazers mungkin menjadi musim terbaik baginya. Sebab Dame berhasil tampil sangat produktif dengan rata-rata mencetak 21 poin, 4,6 rebound, dan 6,2 assist per laga.

Selain itu, Dame juga dipanggil untuk bermain di NBA All Star kedua kalinya. Ia menggantikan Blake Giffin yang cedera.

Perpanjang kontrak lima tahun

Pada musim 2015-2016, Damian Lillard memperpanjang kontrak bersama Portland Trail Blazers selama lima tahun dengan nilai 120 juta dolar AS. Dame pun tampil sama gemilangnya dengan musim-musim sebelumnya.

Ia pernah mencetak 61 poin dalam satu pertandingan saat berjumpa Golden State Warriors. Meski begitu, ia belum pernah membawa klubnya mencapai final konferensi NBA.

Pebasket dengan gelar sarjana

Tidak banyak atlet basket profesional yang menyelesaikan kuliahnya demi bisa fokus berkarier di NBA. Berbeda dengan Damian Lillard yang memilih tetap menuntaskan kewajibannya sebagai mahasiswa.

Pada 2015, Damian Lillard lulus dari Weber State University dengan gelar sarjana di bidang technical sales.

3. Prestasi dan penghargaan

Profil Damian Lillard, Shooter Andalan Portland Trail BlazersDamian Lillard, point guard Portland Trail Blazers memenangkan 3 Point Contest NBA All Star 2023 (nba.com)

Damian Lillard juga sudah meraih beberapa gelar juara dan penghargaan selama menjadi pebasket profesional. Berikut di antaranya:

  • 6 All-NBA
  • 1 All-Rookie Team
  • 1 NBA Player of the Month
  • 13 NBA Player of the Week
  • 5 NBA Rookie of the Month
  • 1 NBA Rookie of the Year
  • 3 Point Contest Winner 2023

4. Menggunakan nomor punggung "0"

Profil Damian Lillard, Shooter Andalan Portland Trail BlazersDamian Lillard (nba.com)

Ada yang unik dari penampilan Damian Lillard di lapangan. Selain dikenal sebagai shooter terbaik di NBA, Dame juga terkenal dengan nomor punggung "0" yang ia gunakan hingga saat ini.

Menurut Damian, "0" (nol) adalah angka yang merepresentasikan perjalanan hidupnya. Dame lahir di Oakland, kemudian ke Ogden dan Oregon yang menjadi kandang Portland Trail Blazers. Oleh sebab itu, Dame menggunakan nomor punggung "0" sebagai simbol huruf "O", yaitu inisial dari Oakland, Ogden, dan Oregon.

Baca Juga: Profil Jayson Tatum, Bintang Celtics dan MVP NBA All Star 2023

5. Penembak jarak jauh terjitu di NBA

Profil Damian Lillard, Shooter Andalan Portland Trail BlazersDamian Lillard (instagram.com/damianlillard)

Seperti yang disinggung sebelumnya, Damian Lillard adalah salah satu pemain basket dengan spesialisasi tembakan jarak jauh atau three point. Sebagai point guard, Dame merupakan salah satu shooter terbaik yang dimiliki NBA saat ini.

Ia mampu melakukan tembakan dari berbagai sudut untuk mencetak poin. Ia mampu mencari celah untuk mencetak poin dari jarak jauh, sehingga tidak perlu bersusah-susah menerobos wilayah pertahanan lawan.

Hal itu Damian Lillard lakukan sebagai trik untuk menghindari adu fisik dengan big man atau pemain bertahan lawan dan mengurangi risiko cedera.

Baca Juga: Daftar Pemenang 3 Point Contest NBA All Star Terbanyak Sepanjang Masa

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya