Profil Farhan Halim, Atlet Indonesia di Final Voli SEA Games 2023 

Jadi kunci kemenangan timnas voli Indonesia

Nama Farhan Halim ramai diperbincangkan warganet setelah ia berhasil tampil gemilang pada laga final voli putra SEA Games 2023 melawan Kamboja dengan tiga set langsung, yaitu 25-21, 25-10, dan 25-15.

Farhan Halim merupakan atlet voli muda asal Indonesia yang sudah berkarier di beberapa klub dan pernah dikontrak klub voli asal Uni Emirat Arab. Meski masih muda, Farhan Halim menjadi kunci penting dalam timnas voli di SEA Games 2023.

Seperti apa profil dan perjalanan karier Farhan Halim selama menjadi atlet voli? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Profil Farhan Halim

Profil Farhan Halim, Atlet Indonesia di Final Voli SEA Games 2023 Farham Halim merupakan atlet voli Indonesia yang sukses tampil pada final voli putra SEA Games 2023 (instagram.com/ieufarhan)

Farhan Halim menyita perhatian publik setelah berhasil tampil cemerlang dalam final voli putra di SEA Games 2023. Sebelumnya, Farhan Halim juga berhasil membawa pulang emas pada SEA Games 2021.

Berikut biodata Farhan Halim yang menarik untuk diketahui:

  • Nama: Farhan Halim
  • Tanggal lahir: 26 April 2001
  • Tinggi badan: 193 cm
  • Berat badan: 80 kg
  • Posisi: Opposite hitter/Open spike

Farhan Halim mulai mendalami olahraga voli sejak berusia 12 tahun. Padahal saat awal sekolah dasar, Farhan lebih menekuni badminton. Namun, karena terkendala prestasi, Farhan memilih jalan orang tuanya yang memang gemar bermain voli.

Menariknya, Farhan Halim memiliki keunikan yang membedakannya dengan atlet voli lainnya. Saat SD kelas 4, Farhan Halim harus kehilangan jari manis dan kelingking tangan kiri karena terjepit siku penyangga penampungan air. Akibatnya, Farhan harus menjalani amputasi.

Namun, kekurangannya ini tak menjadikannya tertinggal dari atlet lain. Terbukti ia mampu menjadi kunci kemenangan timnas Indonesia pada laga final melawan tuan rumah Senin, 9 Mei lalu.

2. Karier Farhan Halim

Profil Farhan Halim, Atlet Indonesia di Final Voli SEA Games 2023 Farhan Halim merupakan atlet voli Indonesia yang tampil gemilang pada final voli putra SEA Games 2023 (instagram.com/ieufarhan)

Bergabung ke Jakarta Pertamina Energi

Farhan Halim pertama kali bergabung dengan klub Jakarta Pertamina Energi yang sudah berganti nama menjadi Jakarta Pertamina Pertamax pada Proliga musim 2019 dan 2020.

Membantu Pasundan Bandung promosi

Kemudian Farhan melanjutkan kariernya bersama klub Pasundan Bandung. Ia berhasil membawa Pasundan Bandung promosi ke Livoli Divisi Utama usai menjadi juara Livoli Divisi I musim 2019.

Dikontrak klub voli UEA

Pada 2021, Farhan dikontrak oleh Hatta Club Dubai VC, klub voli asal Uni Emirat Arab. Farhan dikontrak selama empat bulan untuk bermain di Liga Bola Voli Junior UEA 2020/2021.

Namun, saat itu Farhan juga bermain untuk tim senior selama dua bulanan. Meski gajinya sama, Farhan merasa hal itu tidak masalah karena juga untuk dirinya sendiri.

Kembali ke Indonesia

Pada 2022, Farhan kembali ke Indonesia untuk bergabung dengan Jakarta Pertamina Pertamax pada Proliga 2022 dan Pasundan Bandung pada Livoli Divisi Utama 2022.

Pada 2023, Farhan bergabung dengan Jakarta STIN BIN pada Proliga 2023.

Bermain untuk timnas

Farhan memulai kariernya di timnas Indonesia pada SEA Games 2021 di Vietnam. Saat itu, ia berhasil membantu timnya membawa pulang medali emas voli putra untuk Indonesia.

Kesuksesannya berlanjut pada SEA Games 2023. Farhan sukses tampil gemilang saat menaklukkan Kamboja pada final voli putra dengan tiga set langsung.

3. Tampil gemilang di SEA Games 2023

Profil Farhan Halim, Atlet Indonesia di Final Voli SEA Games 2023 Tim voli indoor putra Indonesia di SEA Games 2023. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Kesuksesan Farhan Halim berlanjut pada SEA Games 2023. Ia sukses membawa timnas voli putra Indonesia membantai Kamboja dengan tiga set langsung tanpa balas.

Penampilan Farhan mendapat sorotan pada set kedua. Ia mencetak lima service ace dan beberapa spike, sehingga berhasil menambah poin-poin untuk timnas voli putra Indonesia.

Dengan hasil itu, Indonesia berhasil mendapat emas voli putra pada tiga edisi SEA Games berturut-turut, yaitu SEA Games 2019, 2021, dan 2023. Sebelumnya, timnas voli putra Indonesia pernah empat kali berturut-turut meraih emas, yaitu pada edisi 1987-1993.

Demikianlah profil dan perjalanan karier Farhan Halim, atlet voli muda Indonesia yang tampil cemerlang pada final voli putra SEA Games 2023 saat menaklukkan Kamboja tiga set langsung.

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya