Profil Lando Norris, Pembalap Muda F1 Asal Inggris

Langganan masuk podium

Lando Norris berhasil memenangkan balapan F1 GP Miami 2024 di Miami International Autodrome, Senin (6/5/2024) dini hari. Balapan ini menjadi kemenangan pertama kali Norris selama berkarier sebagai pembalap F1.

Sejak menjadi pembalap F1 pada 2019, Norris sebenarnya sudah pernah masuk podium, catatan lap tercepat, dan pole position. Namun, dia belum pernah menang sekalipun. Pada F1 GP Miami 2024, Norris berhasil unggul 7,6 detik dari Max Verstappen di posisi kedua.

Berikut profil Lando Norris dan perjalanan kariernya di dunia balap yang menarik diketahui. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Lahir di keluarga berada

Profil Lando Norris, Pembalap Muda F1 Asal InggrisLando Norris menjuarai balapan utama GP Miami 2024. (formula1.com)

Lando Norris merupakan pembalap mobil F1 asal Inggris yang lahir di Bristol pada 13 November 1999. Norris berasal dari keluarga kaya di Inggris. Ayahnya, Adam Norris merupakan manajer pensiunan sukses yang terkenal di Bristol. Bahkan, Adam merupakan salah satu orang terkaya di Inggris.

Norris merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Dua adik perempuannya, Flo dan Cisca serta kakak laki-lakinya, Oliver juga memiliki ketertarikan di dunia kart racing.

2. Mulai karier di dunia kart racing

Profil Lando Norris, Pembalap Muda F1 Asal InggrisLando Norris menjuarai GP Miami 2024. (twitter.com/McLarenF1)

Lando Norris mengawali karier balapannya dengan bermain di dunia kart racing. Norris pernah menjuarai beberapa kompetisi kart racing di Eropa dan Inggris.

Pada 2015, Norris menjajal kompetisi Formula 4 dan langsung berhasil menunjukkan keunggulannya. Dia pernah meraih beberapa kemenangan dan gelar juara di MSA Formula Championship.

Pada 2017, Norris pun naik tingkat ke Formula 3 dengan bergabung di tim Carlin. Norris berhasil tampil apik di berbagai seri balapan dan akhirnya meraih gelar juara.

Potensi yang dimiliki Norris pun sampai dilirik oleh tim Formula 1, McLaren. Pada 2017, McLaren sempat mengontrak Norris sebagai pembalap uji dan memberi kesempatan untuk menggunakan mobil F1 serta bekerja dengan tim.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Lando Norris di Formula 1 GP Miami

3. Gabung tim McLaren pada balap F1 2019

Profil Lando Norris, Pembalap Muda F1 Asal InggrisLando Norris mengemudikan MCL38 saat balapan GP Australia 2024. (formula1.com)

Pada 2019, Lando Norris resmi bergabung ke tim McLaren untuk memulai perjalanannya sebagai pembalap Formula 1. Saat itu, Norris menjadi salah satu pembalap muda yang tampil menonjol di beberapa seri balap, salah satunya Grand Prix Australia.

Norris juga sudah kerap masuk podium, meski belum pernah meraih kemenangan dalam seri balap satu kali pun. Puncaknya, Lando Norris berhasil mencetak sejarah baru bagi dirinya sendiri dengan memenangkan seri balap F1 GP Miami 2024.

Baca Juga: Jadwal F1 2024 dan Daftar Pembalapnya Terlengkap

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya