Profil Victor Wembanyama, Pebasket Muda Jangkung Milik Spurs

Raih Rookie of the Year NBA 2023/2024

Pebasket muda NBA, Victor Wembanyama mendapat sorotan usai berhasil meraih penghargaan Rookie of the Year NBA 2024. Wembanyama mengalahkan dua pemain lain, Chet Holmgren dan Brandon Miller secara unanimous atau mendapat penilaian mutlak dari semua pemilik suara.

Bahkan, pemain ini sudah sering disorot sebelum bergabung di NBA. Banyak tim NBA yang berminat mendatangkannya karena Wembanyama memiliki tubuh jangkung dengan akurasi tembakan yang bagus. Wembanyama sendiri termasuk pemain pilihan pertama di NBA Draft 2023 yang dipilih San Antonio Spurs.

Seperti apa profil Victor Wembanyama dan perjalanan karier basketnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Lahir di keluarga atlet

Profil Victor Wembanyama, Pebasket Muda Jangkung Milik SpursVictor Wembanyama (nba.com)

Victor Wembanyama atau dikenal dengan Wemby merupakan pemain San Antonio Spurs yang lahir di Le Chesnay, Prancis pada 4 Januari 2004. Wembanyama lahir di keluarga yang sangat dekat dengan olahraga.

Ayahnya, Felix Wembanyama adalah mantan atlet lari keturunan Kongo. Sedangkan sang ibu, Elodie de Fautereau merupakan mantan pemain basket yang saat ini menjadi pelatih. Sementara kakaknya, Eve juga pemain basket yang pernah meraih medali emas bersama timnas Prancis pada Kejuaraan Eropa U-16 2017.

Menariknya, Wembanyama pernah mencoba cabang olahraga lain sebelum akhirnya menekuni bola basket. Wemby pernah coba menekuni sepak bola sebagai kiper dan bela diri judo.

2. Mulai karier di Prancis

Profil Victor Wembanyama, Pebasket Muda Jangkung Milik SpursVictor Wembanyama (nba.com)

Victor Wembanyama memulai karier basketnya sejak berusia 11 tahun. Ketika itu, Wemby bermain dalam pertandingan basket U-11 di Versailles, Prancis.

Pada pertandingan itu, pelatih klub basket bernama Nanterre, Michael Allard menonton aksi Wemby dan tertarik mengajaknya bergabung ke klub. Tak berselang lama, Wemby pun bergabung ke Nanterre dan menimba ilmu di sana.

Pada 2019, Wembanyama memulai debut profesionalnya bersama Nanterre di kejuaraan EuroCup. Setahun berikutnya, Wemby berhasil debut di LNB Pro A, kasta tertinggi liga basket di Prancis. Pada musim 2020/2021, Wembanyama pun meraih penghargaan Best Young Player of The Year.

Pada musim 2021, Wemby sempat menandatangani kontrak tiga tahun dengan ASVEL sebelum akhirnya pada musim berikutnya resmi bergabung di Metropolitans 92, klub liga basket Prancis lainnya.

Baca Juga: Profil Mac McClung, Point Guard Muda NBA Asal G League

3. Dijuluki Alien dan gabung Spurs

Profil Victor Wembanyama, Pebasket Muda Jangkung Milik SpursVictor Wembanyama (instagram.com/spurs)

Permainan Wembanyama yang menarik berhasil menyita perhatian dunia. Victor Wembanyama pernah dijuluki oleh bintang NBA, LeBron James sebagai "Alien" karena kemampuannya dan berpotensi besar dapat sukses di NBA. Kevin Durant juga pernah menyebut Wemby sebagai "game changer".

Victor Wembanyama terpilih pada urutan pertama di NBA Draft 2023 oleh San Antonio Spurs. Wembanyama debut berseragam Spurs di NBA 2023/2024 saat melawan Houston Rockets.

Dalam laga debutnya, Wembanyama mencetak 21 poin dan 12 rebound. Skor tersebut membantu Spurs meraih kemenangan 126-122 atas Houston Rockets.

Saat melawan Suns, Wembanyama berhasil tampil gemilang dengan mencetak 38 poin dan 10 rebound. Skor itu membuatnya menjadi pencetak skor terbanyak untuk Spurs pada laga tersebut.

Demikianlah profil Victor Wembanyama, pemain basket muda di San Antonio Spurs yang meraih gelar Rookie of the Year 2024. Wembanyama dinilai memiliki potensi besar sebagai bintang NBA di masa depan.

Baca Juga: Daftar Peraih Rookie of the Year NBA Sejak 1952/1953

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya