Comscore Tracker

Bermain Lebih Efektif, PSM Pesta Gol di Markas Mitra Kukar

Juku Eja berhasil pangkas jarak dengan Persib

PSM Makassar jadi tim ketiga di gelaran Liga 1 2018 yang sukses menyabet poin penuh di Stadion Aji Imbut. Dalam duel pada Minggu (7/10) malam kemarin, sang tamu jinakkan perlawanan Mitra Kukar dengan skor mencolok yakni 1-4.

Absennya sejumlah pilar tak memberi dampak signifikan bagi performa Juku Eja. Angka dibuka dari gol cepat Guy Junior (2'), manfaatkan situasi kemelut di dalam kotak penalti lawan. Tuan rumah sendiri berhasil membalas dari gol bunuh diri Fauzan Jamal yang salah antisipasi umpan silang.

Situasi imbang tak bertahan lama. Yoo Jae-hoon harus merelakan gawangnya dibobol tiga kali. Para penyumbang angka antara lain Reva Adi Utama (33'), Guy Junior (36') lalu Ferdinand Sinaga (90+4') yang masuk sebagai pemain pengganti.

1. Rahmad Darmawan, pelatih Mitra Kukar, menyebut anak asuhnya lakukan banyak kesalahan

Bermain Lebih Efektif, PSM Pesta Gol di Markas Mitra KukarMitraKukar.com/Agri Winata

Dalam sesi jumpa pers selepas laga, Rahmad Darmawan sebagai pelatih Mitra Kukar mengakui jika gol cepat Guy Junior adalah terapi kejut luar biasa. Selain itu, alur serangan mereka pun acapkali mandek di hadapan barisan pemain belakang PSM.

"Selamat untuk PSM Makassar. Kita banyak melakukan kesalahan mendasar yang dimanfaatkan dengan baik oleh PSM yang tampil luar biasa malam ini," tutur coach RD seperti dikutip dari situs resmi MitraKukar.com.

Gagal di hadapan publik sendiri, Hendra Bayauw cs melorot dari peringkat 12 ke 14 dengan koleksi poin baru menyentuh angka 29. Mereka hanya terpisah satu anak tangga dari zona degradasi.

2. Strategi PSM yang andalkan serangan balik terbukti jitu

Bermain Lebih Efektif, PSM Pesta Gol di Markas Mitra KukarInstagram.com/psm_makassar

Sementara itu Robert Rene Alberts sang juru taktik PSM berpendapat masa persiapan jadi kunci kemenangan. Seperti dilansir oleh laman Liga-Indonesia.id, strategi yang tepat disebut berandil besar dalam meredam eksplosifnya serangan Mitra Kukar.

Menurut statistik pertandingan, Pasukan Ramang memang tak banyak bermain-main dengan bola. Itu terlihat dari angka posession ball yang hanya 38% berbanding 62%. Namun mereka efektif dalam manfaatkan setiap serangan balik. Total 11 peluang tercipta, sementara tuan rumah hanya 5 kali mengancam.

Berkat hasil ini PSM masih bertengger di pos runner-up dengan total 40 poin. Selain itu, jarak dengan Persib berhasil dipangkas menjadi hanya 4 angka.

3. Selanjutnya, Naga Mekes lakoni laga tandang sulit ke markas Bali United

Bermain Lebih Efektif, PSM Pesta Gol di Markas Mitra KukarLiga-Indonesia.id

Tekad Mitra Kukar menjauh dari zona degradasi kembali diuji kala menantang Bali United pada Senin (15/10). Sedang Wiljan Pluim beserta kolega pada pekan ke-25 menjamu Arema FC di Mattoanging di hari Minggu (14/10) mendatang.

Berikut susunan pemain kedua kesebelasan :

Mitra Kukar (4-3-3)

Yoo Jae-hoon; Andre Agustiar (Rifan Nahumarury, 73'), Mauricio Leal, Saepuloh Maulana, Roni Rosadi; Septian David Maulana (Arif Suyono, 85'), M. Bahtiar (Aldino Herdianto, 66'), Danny Guthrie; Hendra Adi Bayauw, Fernando Rodriguez Ortega, Dedi Hartono

PSM (4-3-3)

Rivky Mokodompit; Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Ardan Aras, Fauzan Jamal; Marc Klok, Wiljam Pluim, M. Arfan; M. Rahmat (Rasyid Bakrie, 66'), Guy Junior (Ferdinand Sinaga, 83'), Reva Adi Utama (Hendra Wijaya, 74')

Baca Juga: Sepasang Gol Matias Conti Antar Borneo FC Kandaskan Persipura

Achmad Hidayat Alsair Photo Community Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You