Comscore Tracker

Hujan Kartu! Inilah Tiga Laga Paling Brutal dalam Sejarah Piala Dunia

#WorldCup2018 Semoga tidak terulang lagi

Sejak pertama kali diperkenalkan pada Piala Dunia 1970, hukuman kartu menjadi senjata utama wasit untuk mengendalikan tingkah laku para pemain. Setiap pemain yang kedapatan bertingkah laku kasar pasti akan langsung mendapat ganjaran.

Namun, kemungkinan tensi tinggi memang selalu ada. Tekanan hebat pasti akan berpengaruh pada psikologis 22 pemain yang saling berjibaku. Sekali meledak, maka emosi kontan bakal langsung tersebar di seluruh penjuru lapangan.

Berikut ini tiga laga paling brutal berdasarkan statistik yang dikeluarkan oleh FIFA Diciplinary Record sejak tahun 1994.

1. Belanda Vs Spanyol (Piala Dunia 2010)

Hujan Kartu! Inilah Tiga Laga Paling Brutal dalam Sejarah Piala DuniaESPN.com

Daftar ini dimulai dari partai puncak Piala Dunia 2010 ini. Terhitung total ada 14 kartu kuning dan 1 kartu merah yang melayang dari saku wasit Howard Webb. Rinciannya, 9 kartu kuning dan 1 kartu merah untuk Belanda serta 5 kartu kuning untuk Spanyol.

Laga ini sendiri tergolong brutal untuk ukuran sebuah partai puncak ajang sekelas Piala Dunia yang sudah pasti disaksikan oleh ratusan juta pasang mata di seluruh dunia. Bek Belanda, John Heitinga, diusir wasit pada menit ke-109 akibat tekel keras. Ada juga tendangan kung-fu Nigel De Jong di menit ke-28 yang menghujam telak dada Xabi Alonso, membuatnya langsung terkapar di lapangan.

Seusai pertandingan yang dimenangkan La Furia Roja tersebut, Belanda mendapat kritikan pedas dari banyak pihak. Salah satunya dari mendiang Johan Cruyff. Legenda De Oranje itu terang-terangan mengatakan bahwa Giovanni van Bronckhorst dan kawan-kawan "memainkan bola dengan cara yang amat kotor".

2. Kamerun Vs Jerman (Piala Dunia 2002)

Hujan Kartu! Inilah Tiga Laga Paling Brutal dalam Sejarah Piala Duniadfb.de

Gameweek ketiga Grup E Piala Dunia 2002 ini berlangsung cukup keras. Ketika laga baru berusia 9 menit, kartu kuning langsung dihadiahkan oleh wasit Antonio Lopez Nieto kepada striker Der Panzer, Carsten Jancker, tak sengaja menjegal Rigobert Song.

Total ada 16 kartu kuning 2 kartu merah mewarnai pertandingan ini, dengan rincian 8 kartu kuning dan satu kartu merah untuk masing-masing kesebelasan.

Beberapa kali pertandingan harus terhenti akibat keributan antar pemain. Salah satunya adalah ketika kiper Jerman, Oliver Kahn, beradu argumen dengan (lagi-lagi) Rigobert Song di akhir babak pertama. Laga ini berakhir 0-2 untuk Michael Ballack beserta kolega.

3. Portugal Vs Belanda (Piala Dunia 2006)

Hujan Kartu! Inilah Tiga Laga Paling Brutal dalam Sejarah Piala DuniaThe Sportsman

Belanda lagi? Ya, mungkin inilah efek setelah Totaal Voetbal ditinggalkan. Dan duel mereka dengan Portugal ditahbiskan sebagai yang paling brutal sepanjang sejarah Piala Dunia sejauh ini. Dipenuhi tekel-tekel berbahaya serta keributan antar pemain yang merembet hingga ke bangku cadangan kedua tim.

Total ada 16 kartu kuning dan 4 kartu merah keluar dari saku wasit Valentin Ivanov. Rinciannya, 9 kartu kuning - dua kartu merah untuk Portugal dan 7 kartu kuning - dua kartu merah untuk Belanda.

Cristiano Ronaldo menjadi korban dalam partai yang dijuluki sebagai "Battle of Nuremberg" tersebut. Terjangan kaki bek Khalid Bouhlahrouz ke bagian paha membuatnya langsung ditarik keluar. Ada juga ledakan emosi Wesley Sneijder yang tanpa basa-basi mendorong Petit setelah rekan setimnya, John Heitinga, mendapat tekel keras.

Drama laga yang dimenangkan Selecao Das Quinas dengan skor 1-0 tersebut bahkan membuat Presiden FIFA waktu itu, Sepp Blatter, angkat bicara. Ivanov dianggapnya terlalu murah hati dalam memberi hukuman kartu. Namun pernyataan itu diralat beberapa hari kemudian.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya