Profil Grup 2 UEFA Nations League A: Rivalitas Baru Inggris-Belgia

Siapa yang bakal sukses membalas dendam?

Setelah lebih dari setengah tahun tanpa agenda sepak bola internasional, UEFA kembali memutar helatan UEFA Nations League (UNL) 2020/21. Pada edisi kedua, terjadi penambahan peserta yakni 16 tim dari hanya 12 peserta di musim 2018/19.

Mereka saling sikut untuk memperebutkan trofi perak supremasi ajang dua tahunan tersebut. Euro 2020 memang ditunda hingga tahun depan. Namun publik masih bisa mengikuti dari dekat persaingan berbalut nasionalisme di UNL.

Kali ini kita membahas Grup 2 yang berisi juara tiga UNL 2018/19 yakni Inggris, Belgia, Denmark dan Islandia.

1. Inggris: Kembali memberdayakan pemain muda

Profil Grup 2 UEFA Nations League A: Rivalitas Baru Inggris-BelgiaTwitter.com/EURO2020

Misi Gareth Southgate untuk meremajakan timnas Inggris masih berlangsung. Saat mengumumkan para timnya pada Selasa (25/8/2020) pekan silam, sebanyak 15 dari 25 pemain yang dipanggil berusia 25 tahun ke bawah.

Di bawah mistar gawang, Dean Henderson akan bersaing dengan Jordan Pickford serta Nick Pope. Pada bek, duo Liverpool Joe Gomez dan Trent Alexander-Arnold. Mereka mendampingi Kyle Walker, Eric Dier, Kieran Trippier plus Michael Keane.

Sektor tengah ada Declan Rice, Mason Mount, Harry Winks, James Ward-Prowse, Phil Foden, Ainsley Maitland-Niles dan Kalvin Phillips. Empat nama pertama belum genap sepuluh kali tampil bersama The Three Lions. Sedang tiga nama terakhir bahkan belum sekalipun tampil di timnas senior.

Barisan penyerang menyisakan Harry Kane dan Danny Ings sebagai pemain senior. Lima nama lainnya adalah Raheem Sterling, Marcus Rashford, Jadon Sancho, Tammy Abraham ditambah Mason Greenwood.

2. Belgia: Tren positif De Rode Duivels

Profil Grup 2 UEFA Nations League A: Rivalitas Baru Inggris-BelgiaRFBA.nl

Tren positif ini ingin dilanjutkan pelatih Roberto Martinez dalam UNL 2020/21. Martinez masih memanggil seluruh pilar andalannya. Thibaut Courtois - Simon Mignolet di bawah mistar gawang, Jan Vertonghen - Toby Alderweireld - Thomas Meunier - Dedrick Boyata pada barisan belakang, kuartet gelandang Axel Witsel - Kevin de Bruyne - Yannick Carrasco - Youri Tielemans, plus Eden Hazard - Dries Mertens - Romelu Lukaku sebagai tukang gedor.

Beberapa pemain muda turut dipanggil. Mereka adalah bek Elias Cobbaut (Anderlecht), gelandang Timothy Castagne (Atalanta), serta trio penyerang Anderlecht yaitu Yari Verschaeren - Landry Dimata - Jeremy Doku.

Baca Juga: Cetak Hattrick dan Bawa Portugal ke Final UNL, Sudah Biasa bagi CR7

3. Denmark: Ujian pertama sang pelatih baru

Profil Grup 2 UEFA Nations League A: Rivalitas Baru Inggris-BelgiaTwitter.com/EURO2020

Sang pelatih Kasper Hjulmand, panen kritik karena tak mau membeberkan visinya dalam menangani timnas Denmark. Selain itu, Hjulmand dituding lebih mengutamakan pemain-pemain yang bermain di luar liga negeri-negeri Skandinavia.

Apa pun alasannya, Hjulmand pasti memandang dengan serius dua laga pertama UNL. Kiper utama masih dipercayakan pada Kasper Schmeichel. Sektor belakang jadi wewenang Henrik Dalsgaard, Simon Kjær, Andreas Christensen dan Jannik Vestergaard.

Untuk lini tengah, Hjulman memilih kuartet Christian Eriksen, Thomas Delaney, Pierre-Emile Højbjerg serta Daniel Wass. Trisula tetap dikuasai trio Yussuf Poulsen - Andreas Cornelius - Martin Braithwaite.

4. Islandia: Enggan ulangi mimpi buruk UNL 2018/19

Profil Grup 2 UEFA Nations League A: Rivalitas Baru Inggris-BelgiaTwitter.com/EURO2020

Menilik daftar pemain yang dipanggil, sang pelatih Hamrén siap menurunkan amunisi penuh dan barisan pemain gaek. Ada kiper Hannes Halldorsson, kemudian bek Kari Arnason - Ari Skulason - Sverrir Ingi Ingason - Hordur Magnusson sebagai pengawal sektor belakang.

Pengisi lapangan tengah dipercayakan pada Birkir Bjarnason, Emil Halfredsson, Arnor Traustason serta Victor Palsson. Duo Kolbeinn Sigthorsson - Jon Bodvarsson menjadi juru gedor Islandia.

Di sisi lain, Hamrén turut memberi kesempatan pada pemain muda. Mereka yakni kiper Patrik Gunnarsson (Brentford), bek Alfons Sampsted (FK Bodø/Glimt), gelandang Arnor Sigurdsson (CSKA Moskow) dan Andri Baldursson (Bologna), plus Albert Gudmunsson (AZ Alkmaar).

5. Denmark dan Islandia tak boleh disingkirkan dari peta persaingan

Profil Grup 2 UEFA Nations League A: Rivalitas Baru Inggris-BelgiaTwitter.com/EURO2020

Berikut ini jadwal lengkap pertandingan Grup 2 UEFA Nations League A 2020/21 :

Matchday Pertama

Sabtu 5 September 2020

  • Islandia vs Inggris, Laugardalsvöllur - Reykjavík, 23.00 WIB

Minggu 6 September 2020

  • Denmark vs Belgia, Parken Stadium - Kopenhagen, 01.45 WIB

Matchday Kedua, Rabu 9 September 2020

  • Belgia vs Islandia, King Baudouin Stadium - Brussels, 01.45 WIB
  • Denmark vs Inggris, Parken Stadium - Kopenhagen, 01.45 WIB

Matchday Ketiga

Minggu 11 September 2020

  • Inggris vs Belgia, Wembley Stadium - London, 23.00 WIB

Senin 12 September 2020

  • Islandia vs Denmark, Laugardalsvöllur - Reykjavík, 01.45 WIB

Matchday Keempat, Kamis 15 Oktober 2020

  • Inggris vs Denmark, Wembley Stadium - London, 01.45 WIB
  • Islandia vs Belgia, Laugardalsvöllur - Reykjavík, 01.45 WIB

Matchday Kelima, Senin 16 November 2020

  • Belgia vs Inggris, King Baudouin Stadium - Brussels, 02.45 WIB
  • Denmark vs Islandia, Parken Stadium - Kopenhagen, 02.45 WIB

Matchday Keenam, Kamis 19 November 2020

  • Belgia vs Dennmark, King Baudouin Stadium - Brussels, 02.45 WIB
  • Inggris vs Islandia, Wembley Stadium - London, 02.45 WIB

Inggris dan Belgia sudah bertemu di Piala Dunia 2018. Apakah rivalitas keduanya akan berlanjut di UNL 2020/21? Patut ditunggu!

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Belgia, Gudangnya Bakat Muda!

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya