5 Fakta Anfield, Markas Liverpool yang Pernah Jadi Rumah Everton

Anfield menjadi stadion yang angker bagi para lawan

Liverpool merupakan salah satu tim raksasa yang difavoritkan untuk mendapatkan gelar juara Premier League. Selama beberapa musim terakhir, Liverpool mampu bertengger di papan atas Premier League. Maka dari itu, tidak heran jika Liverpool memiliki pendukung fanatik yang memenuhi Stadion Anfield saat timnya sedang berlaga.

Stadion Anfield memiliki pengaruh besar bagi Liverpool. Hal ini dapat dibuktikan dengan sulitnya tim lawan untuk meraih kemenangan saat bermain di kandang Liverpool.

Selain itu, Stadion Anfield juga menyimpan beberapa fakta unik. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Awalnya merupakan markas Everton

5 Fakta Anfield, Markas Liverpool yang Pernah Jadi Rumah Evertonpotret pemain Everton (instagram.com/everton)

Stadion Anfield mulai menjadi markas bagi Liverpool pada tahun 1892. Sebelumnya, stadion ini menjadi 'rumah' bagi tim sekota Liverpool, yakni Everton. The Toffees mulai menggunakan Stadion Anfield sejak tahun 1884.

Everton memiliki kenangan manis di Anfield karena stadion ini menjadi saksi bisu bagi Everton saat menjuarai Liga Inggris untuk pertama kalinya pada musim 1890/1891. Everton berpindah markas dari Anfield ke Goodison Park karena perselisihan antara manajemen klub dengan pemilik Stadion Anfield.

Saat itu, John Houlding sebagai pemilik Anfield menaikkan biaya sewa stadion dari 100 poundsterling menjadi 250 poundsterling. Hal tersebut tidak disanggupi manajemen Everton sehingga  mereka memutuskan untuk pindah markas hingga sekarang.

2. Patung di luar stadion

5 Fakta Anfield, Markas Liverpool yang Pernah Jadi Rumah Evertonpotret patung Bob Paisley (instagram.com/liverpoolfc)

Anfield memiliki dua patung di luar stadion. Patung pertama adalah patung Bill Shankly yang merupakan sosok pelatih legendaris bagi Liverpool.

Bill Shankly merupakan pelatih yang mampu mempersembahkan 3 trofi Liga Inggris, 1 trofi UEFA Cup, dan 2 trofi FA Cup selama 15 tahun karirnya sebagai pelatih Liverpool. Patung Bill Shankly di Anfield merupakan wujud penghargaan atas jasa yang telah ia berikan.

Sedangkan patung kedua merupakan patung Bob Paisley yang menjadi sosok legendaris lainnya bagi Liverpool. Bob Paisley telah menghabiskan 44 tahun bersama Liverpool baik sebagai pemain maupun pelatih dengan meraih berbagai gelar bergengsi. Untuk menghargai jasa yang telah Bob Paisley berikan, pihak Liverpool membuatkan patung dari perunggu setinggi 2,5 meter di depan Stadion Anfield.

Baca Juga: Mau Kalahkan Liverpool? Ayo Bertandang ke Anfield

3. Fasilitas stadion yang lengkap

5 Fakta Anfield, Markas Liverpool yang Pernah Jadi Rumah Evertonpotret Stadion Anfield (instagram.com/thisisanfield)

Stadion Anfield memiliki fasilitas penunjang yang sangat lengkap. Stadion ini memiliki kapasitas 54.000 penonton dan rencananya akan ditambah lagi menjadi 61.000 penonton. Tribun di Stadion Anfield dibagi menjadi empat yakni The Main Stand, The Spion Kop, The Sir Kenny Dalglish Stand, dan The Anfield Road End.

Stadion ini juga menyediakan fasilitas khusus bagi para penyandang disabilitas. Terdapat 59 kursi bagi para pengguna kursi roda serta terdapat 38 kursi bagi penyandang penglihatan lemah yang dilengkapi dengan headset untuk mendengarkan suara komentator.

4. Rekor tak terkalahkan Liverpool di Anfield

5 Fakta Anfield, Markas Liverpool yang Pernah Jadi Rumah Evertonpotret pemain Liverpool (instagram.com/liverpoolfc)

Anfield menjadi salah satu stadion yang ditakuti oleh klub-klub liga Inggris. Liverpool memiliki rekor bagus ketika bermain di hadapan pendukungnya sendiri. Tercatat, Liverpool pernah menjalani musim dengan rekor tak terkalahkan di laga kandang. Rekor ini telah ditorehkan sebanyak 10 kali dan terakhir terjadi pada musim 2019/2020.

Selain itu, Liverpool juga menorehkan rekor kemenangan beruntun di laga kandang pada musim 2018/2019 dan musim 2019/2020. Saat itu, Liverpool berhasil memenangkan 24 pertandingan berturut-turut. Catatan ini menjadi rekor kemenangan beruntun terbanyak dalam sejarah Liga Inggris.

5. Tulisan “This is Anfield” di lorong stadion

5 Fakta Anfield, Markas Liverpool yang Pernah Jadi Rumah Evertonpotret Jurgen Klopp menyentuh tulisan "This is Anfield" (instagram.com/liverpoolfc)

Salah satu yang mencuri perhatian di Stadion Anfield adalah tulisan “This is Anfield” yang terdapat di lorong stadion. Tulisan itu pertama kali dibuat oleh Bill Shankly untuk membangkitkan semangat pemain Liverpool serta membuat gentar tim tamu. Salah satu kebiasaan pemain maupun pelatih adalah menyentuh tulisan “This is Anfield” sebelum memasuki lapangan.

Kebiasaan itu kemudian dilarang oleh Jurgen Klopp saat awal kedatangannya melatih Liverpool. Klopp melarang pemainnya menyentuh tulisan “This is Anfield” hingga Liverpool mampu memenangkan satu gelar juara. Para pemain Liverpool akhirnya diperbolehkan menyentuh tulisan “This is Anfield” setelah berhasil memenangkan gelar Liga Champions 2019.

 

Stadion Anfield memiliki arti penting bagi Liverpool dalam kiprahnya di dunia sepak bola. Siapa mau nonton langsung Liverpool di Stadion Anfield?

Baca Juga: Ketika Luis Diaz Menyihir Penggemar Liverpool di Anfield

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya