5 Gelandang Manchester United dengan Gol Terbanyak di EPL

Ada nama Bruno Fernandes

Intinya Sih...

  • Ryan Giggs mencetak 109 gol dari 632 pertandingan EPL selama 23 tahun bermain untuk Manchester United.
  • Paul Scholes membukukan 107 gol dan 55 assist dari 499 pertandingan di EPL sebelum gantung sepatu pada 2012/2013.
  • Bruno Fernandes telah mencatatkan 54 gol dari 157 penampilan di English Premier League setelah didatangkan pada Januari 2020.

Manchester United menjadi salah satu klub dengan penggemar terbanyak di dunia. Klub berjuluk Setan Merah itu cukup diminati berkat prestasi yang pernah mereka raih. Hingga saat ini, Manchester United telah menjuarai berbagai kompetisi, termasuk 13 kali juara English Premier League dan 3 kali juara Liga Champions Eropa.

Kesuksesan yang diraih Manchester United tentu tidak lepas dari kualitas pemain yang dimiliki. Lini tengah menjadi salah satu sektor yang cukup diandalkan Manchester United. Pasalnya, mereka kerap dihuni gelandang-gelandang berkualitas. Bahkan, beberapa dari mereka mampu menorehkan cukup banyak gol.

Berikut lima gelandang Manchester United dengan gol terbanyak di EPL.

1. Ryan Giggs (109 gol) hanya bermain untuk Manchester United sepanjang kariernya

5 Gelandang Manchester United dengan Gol Terbanyak di EPLpotret Ryan Giggs (twitter.com/premierleague)

Para penggemar Manchester United pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Ryan Giggs. Pemain berkebangsaan Wales ini hanya bermain untuk Manchester United sepanjang karier profesionalnya sebagai pemain sepak bola. Bersama Setan Merah, Giggs berhasil mempersembahkan berbagai trofi termasuk gelar juara Liga Champions pada 1998/1999 dan 2007/2008.

Giggs telah memainkan 961 pertandingan selama berkostum Manchester United. Di EPL, pria kelahiran Cardiff itu mampu tampil cukup tajam. Sang pemain sukses mencatatkan 109 gol dari 632 pertandingan EPL. Giggs memutuskan gantung sepatu pada 2014 setelah 23 tahun mengabdi kepada Manchester United.

2. Paul Scholes (107 gol) sering mencetak gol melalui tendangan jarak jauh

5 Gelandang Manchester United dengan Gol Terbanyak di EPLpotret Paul Scholes (premierleague.com)

Sama seperti Ryan Giggs, Paul Scholes juga hanya memperkuat Manchester United sepanjang kariernya sebagai pesepak bola. Scholes mampu tampil solid di lini tengah Setan Merah. Tidak hanya itu, dirinya juga cukup sering mencatatkan namanya di papan skor.

Pemain berkebangsaan Inggris itu mampu membukukan 107 gol dan 55 assist dari 499 pertandingan di EPL. Scholes cukup dikenal dengan tendangan jarak jauhnya yang kerap berbuah gol. Musim 2012/2013 menjadi musim terakhir Scholes bersama Manchester United sebelum akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di EPL, Haaland Masuk Daftar

3. David Beckham (62 gol) dikenal cukup lihai dalam melepaskan tendangan bebas

5 Gelandang Manchester United dengan Gol Terbanyak di EPLpotret David Beckham (twitter.com/ManUtd)

Nama David Beckham mulai dikenal saat bermain untuk Manchester United. Ia memiliki kelebihan dalam mengeksekusi bola mati. Bahkan, tidak jarang dirinya mampu mencatatkan gol melalui tendangan bebas.

Di EPL, Beckham berhasil menjaringkan 62 gol dari 265 pertandingan. Pemain asal Inggris itu resmi meninggalkan Old Trafford pada musim panas 2003. Saat itu, Beckham ditebus klub raksasa Spanyol, Real Madrid, dengan biaya transfer 37,5 juta euro atau Rp648 miliar.

4. Bruno Fernandes (54 gol) dipercaya menjadi kapten Manchester United saat ini

5 Gelandang Manchester United dengan Gol Terbanyak di EPLpotret Bruno Fernandes (instagram.com/brunofernandes8)

Bruno Fernandes menjadi pemain andalan Manchester United dalam beberapa musim terakhir. Sejak didatangkan dari Sporting CP pada Januari 2020, pemain berkebangsaan Portugal ini mampu menunjukkan penampilan impresif. Bruno memiliki peran penting sebagai kreator serangan Setan Merah.

Hingga saat ini, pemain 29 tahun itu telah mencatatkan 230 penampilan bagi Manchester United di semua ajang. Bruno juga sukses menorehkan 54 gol dari 157 penampilan di English Premier League. Berkat performa apiknya tersebut, Bruno saat ini dipercaya Erik Ten Hag sebagai kapten utama Manchester United, termasuk pada 2023/2024 ini.

5. Juan Mata (34 gol) mampu menambah kreativitas di lini tengah Manchester United

5 Gelandang Manchester United dengan Gol Terbanyak di EPLpotret Juan Mata (premierleague.com)

Manchester United merekrut Juan Mata dari Chelsea pada Januari 2014. Untuk memboyong pemain berkebangsaan Spanyol itu, Setan Merah harus mengeluarkan 44,73 juta euro atau Rp773 miliar. Kedatangannya saat itu mampu menambah kreativitas di lini tengah Manchester United.

Mata tercatat bermain sebanyak 196 kali dengan menorehkan 34 gol dan 28 assist di EPL. Ia membela Manchester United selama 8,5 musim. Pemain 36 tahun itu meninggalkan Old Trafford pada musim panas 2024 setelah kontraknya bersama The Red Devils habis.

Meski berposisi sebagai gelandang, para pemain tersebut mampu mencetak banyak gol. Dari daftar tersebut, hanya Bruno Fernandes yang masih aktif bermain untuk Manchester United hingga saat ini. Ia berpeluang menambah gol mengingat dirinya menjadi pemain yang masih diandalkan Setan Merah.

Baca Juga: 5 Rekor Miris Manchester United Usai Dibantai Crystal Palace di EPL

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Chaos

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya