6 Kapten Premier League yang Berposisi sebagai Gelandang

Perankan karakter jenderal lapangan tengah

Kapten punya peran penting dalam sebuah tim sepak bola. Seorang kapten harus mampu memimpin rekan-rekannya saat berada di atas lapangan. Oleh karena itu, kapten wajib memiliki jiwa kepemimpinan tinggi.

Pemain dengan posisi sebagai gelandang sangat cocok untuk menjadi kapten karena memiliki kemampuan mengorganisasi permainan dengan baik. Di English Premier League (EPL), banyak gelandang yang ditunjuk sebagai kapten tim. Berikut deretan nama gelandang yang menjabat sebagai kapten mengarungi musim kompetisi EPL 2023/2024.

1.  Martin Ødegaard dipercaya sebagai kapten Arsenal meskipun usianya terbilang muda

6 Kapten Premier League yang Berposisi sebagai Gelandangpotret Martin Ødegaard (instagram.com/odegaard.98)

Martin Ødegaard merupakan pemain penting di skuad Arsenal. Ia pertama kali didatangkan The Gunners dengan status pinjaman dari Real Madrid. Pemain asal Norwegia itu kemudian dipermanenkan pada musim panas 2021 berkat performa apiknya.

Kepergian Aubameyang ke Barcelona membuat Mikel Arteta menunjuk Ødegaard sebagai kapten Arsenal pada 2022. Ødegaard  menyingkirkan kandidat kapten lainnya, yakni Granit Xhaka dan Kieran Tierney yang lebih senior dari dirinya. Meski terbilang muda, Ødegaard sukses memimpin rekan-rekannya. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya performa Arsenal sejak dirinya menyandang ban kapten.

Baca Juga: Bak Prank, Wasit Anthony Taylor Segera Balik ke Premier League

2.  John McGinn merupakan salah satu pemain terlama di skuad Aston Villa saat ini

6 Kapten Premier League yang Berposisi sebagai Gelandangpotret John McGinn (instagram.com/johnmcginn7)

Sementara itu, John McGinn menjabat sebagai kapten Aston Villa sejak 2022/2023. Pemain 29 tahun itu ditunjuk sebagai kapten karena jiwa kepemimpinannya yang tinggi. McGinn menjadi salah satu pemain terlama yang membela The Villans, yakni sejak 2018.

McGinn selalu menjadi pilihan utama di lini tengah Aston Villa. Pemain asal Skotlandia itu telah mencatatkan 201 penampilan dengan mencetak 21 gol 29 assist. Sayangnya, McGinn belum mampu mempersembahkan gelar juara bagi Aston Villa.

3. Christian Nørgaard mampu membawa Brentford promosi ke Premier League pada 2021

6 Kapten Premier League yang Berposisi sebagai Gelandangpotret Christian Nørgaard (instagram.com/cnoergaard19)

Christian Nørgaard merupakan kapten baru bagi Brentford pada 2023/2024. Ia menggantikan Pontus Jansson yang meninggalkan Brentford pada musim panas 2023. Nørgaard dipercaya sebagai kapten berkat penampilan konsistennya bersama Brentford.

Nørgaard bergabung ke Brentford pada 2019 saat tim tersebut masih berkompetisi di Championship. Sejak kedatangannya, pemain asal Denmark itu selalu menjadi andalan di lini tengah Brentford. Nørgaard menjadi salah satu pemain yang cukup berperan dalam mengantarkan Brentford promosi ke Premier League untuk pertama kalinya pada 2021.

4.  Jack Cork lebih sering duduk di bangku cadangan pada 2023/2024

6 Kapten Premier League yang Berposisi sebagai Gelandangpotret Jack Cork (instagram.com/jack_cork)

Jack Cork menjadi pemain paling senior di skuad Burnley. Saat ini, Cork telah menginjak usia 34 tahun. Karena pengalaman yang dimiliki, maka tidak heran jika ia ditunjuk sebagai kapten tim.

Selama berseragam Burnley, Cork telah bermain dalam 264 pertandingan dengan mengoleksi 11 gol dan 12 assist. Pada musim 2023/2024, Cork lebih sering duduk di bangku cadangan. Pemain asal Inggris itu baru mencatatkan dua penampilan sepanjang 2023/2024.

5.  Tom Cairney selalu jadi pilian utama di lini tengah Fulham

6 Kapten Premier League yang Berposisi sebagai Gelandangpotret Tom Cairney (instagram.com/thomascairney10)

Tom Cairney menjadi pemain paling lama di skuad Fulham saat ini. Cairney telah memperkuat Fulham sejak musim panas 2015. Pada 2017/2018, ia ditunjuk menjadi kapten Fulham menggantikan Scott Parker yang hengkang dari Craven Cottage.

Cairney adalah pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah. Selama berseragam Fulham, dirinya telah mencatatkan 295 penampilan dengan torehan 44 gol dan 32 assist. Kontrak pemain 32 tahun itu bersama The Cottagers akan habis pada Juni 2024 mendatang.

6. Bruno Fernandes menggantikan Harry Maguire sebagai kapten utama Manchester United

6 Kapten Premier League yang Berposisi sebagai Gelandangpotret Bruno Fernandes (instagram.com/brunofernandes8)

Bruno Fernandes mulai menjabat sebagai kapten utama Manchester United pada 2023/2024. Sebelumnya, ia merupakan kapten kedua The Red Devils setelah Harry Maguire. Namun, setelah Harry Maguire tersingkir dari skuad utama Manchester United, Bruno ditunjuk Oleh Erik ten Hag sebagai kapten utama.

Pemain asal Portugal itu selalu menjadi pilihan utama sejak didatangkan Manchester United pada Januari 2020. Berposisi sebagai gelandang serang, Bruno Fernandes telah mencetak 68 gol dan 57 assist dari 201 laga. Dirinya juga sukses mempersembahkan gelar juara Piala Liga Inggris 2023 bagi Manchester United.

Para gelandang di atas dipercaya oleh timnya untuk menjadi kapten. Kemampuan mereka dalam memimpin rekan-rekannya di lapangan menjadi alasan mereka layak dipilih sebagai kapten. Dari daftar tersebut, siapa yang akan membawa timnya meraih prestasi terbaik di EPL pada akhir musim nanti?

Baca Juga: 3 Lawan MU di Premier League pada November 2023, Apa Bisa Bangkit?

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya