5 Pemilik Nomor Punggung 12 Arsenal sebelum Jurrien Timber

Nomor punggung 12 jadi pilihan Jurrien Timber

Arsenal menjadi salah satu klub yang mendatangkan banyak pemain baru pada musim panas 2023. Salah satu nama yang berhasil diboyong The Gunners ke Emirates Stadium ialah Jurrien Timber. Sang pemain direkrut dari klub Eredivisie Belanda, Ajax Amsterdam, dengan harga 40 juta euro atau Rp669 miliar.

Pemain berkebangsaan Belanda ini diharapkan mampu memperkokoh lini pertahanan Arsenal. Timber akan mengenakan nomor punggung 12. Sebelum Jurrien Timber, inilah lima pengguna nomor punggung 12 di Arsenal.

1. Thierry Henry

5 Pemilik Nomor Punggung 12 Arsenal sebelum Jurrien Timberpotret Thierry Henry (arsenal.com)

Para penggemar Arsenal tentu tidak asing lagi dengan sosok Thierry Henry. Ia menjadi salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Arsenal. Ia mampu mencetak 228 gol dan 103 assist dari 377 pertandingan di semua ajang bersama The Gunners.

Setelah meninggalkan Arsenal pada musim panas 2007, Henry kembali bergabung ke Arsenal pada Januari 2012. Ia datang dengan status pinjaman dari New York Red Bulls selama sebulan. Dalam masa peminjaman yang singkat itu, Henry memilih nomor 12 sebagai nomor punggungnya.

2. Olivier Giroud

5 Pemilik Nomor Punggung 12 Arsenal sebelum Jurrien Timberpotret Olivier Giroud (arsenal.com)

Keberhasilan Olivier Giroud menjadi top skor Ligue 1 2011/2012 membuat Arsenal tertarik untuk mendatangkannya. Pada musim panas 2012, Arsenal menebus Giroud dari Montpellier dengan biaya transfer 12 juta euro atau Rp200 miliar. Menggunakan nomor punggung 12, dirinya langsung jadi andalan di lini serang The Gunners.

Selama memperkuat Arsenal, Giroud berhasil mencetak 105 gol dari 253 pertandingan di semua ajang. Dirinya juga mampu mempersembahkan tiga gelar juara Piala FA bagi The Gunners. Kebersamaan Giroud dan Arsenal berakhir pada Januari 2018. Pemain asal Prancis itu melanjutkan kariernya bersama klub London lainnya, Chelsea.

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Mengalahkan Olivier Giroud, Ada Chelsea

3. Stephan Lichtsteiner

5 Pemilik Nomor Punggung 12 Arsenal sebelum Jurrien Timberpotret Stephan Lichtsteiner (arsenal.com)

Stephan Lichtsteiner sempat bermain untuk Arsenal pada 2018/2019. Ia didatangkan secara gratis dari klub raksasa Serie A, Juventus. Bersama The Gunners, Lichtsteiner menggunakan nomor punggung 12.

Karier Lichtsteiner di Arsenal hanya berlangsung singkat, yakni selama semusim. Dirinya gagal mendapatkan tempat utama di posisi bek kanan Arsenal. Pria kelahiran Swiss itu hanya membukukan 23 penampilan dengan mengemas 1 gol dan 1 assist.

4. Willian

5 Pemilik Nomor Punggung 12 Arsenal sebelum Jurrien Timberpotret Willian (twitter.com/Arsenal)

Willian merupakan pemain yang dikenal saat membela Chelsea. Setelah 7 musim berseragam The Blues, Willian pindah ke Arsenal dengan status bebas transfer pada musim panas 2020. Selama memperkuat Arsenal pemain asal Brasil itu mengenakan nomor punggung 12.

Performa Willian bersama The Gunners jauh dari harapan. Sang pemain hanya mencatatkan 1 gol dan 7 assist dari 37 penampilan di semua kompetisi. Pada musim panas 2021, Willian dilepas Arsenal ke klub Brasil, Corinthians.

5. William Saliba

5 Pemilik Nomor Punggung 12 Arsenal sebelum Jurrien Timberpotret William Saliba (arsenal.com)

William Saliba kembali membela Arsenal pada musim panas 2022. Sebelumnya, pemain asal Prancis itu sempat dipinjamkan ke beberapa klub. Setelah kembali dari masa peminjaman, Saliba langsung jadi andalan di jantung pertahanan The Gunners.

Pada 2022/2023, Saliba mengenakan nomor punggung 12. Namun, kehadiran Jurrien Timber membuat dirinya berganti nomor punggung. Pemain 22 tahun itu memilih nomor 2 sebagai nomor punggung barunya pada 2023/2024.

Sebagian besar pemain Arsenal bernomor punggung 12 mampu tampil gemilang. Dari daftar tersebut, hanya Stephan Lichtsteiner dan Willian yang gagal menampilkan performa terbaiknya. Melihat para pendahulunya, mampukah Jurrien Timber bersinar bersama Arsenal atau justru ia gagal menunjukkan penampilan terbaiknya?

Baca Juga: Jurrien Timber Resmi Berseragam Arsenal!

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya