5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Paris Saint-Germain

Luis Enrique jadi yang teranyar

Klub-klub Ligue 1 Prancis lebih banyak menggunakan jasa pelatih asing. Salah satunya adalah Paris Saint-Germain (PSG). Klub tersebut telah menunjuk Luis Enrique sebagai pelatih baru pada musim panas 2023.

Enrique sendiri ditunjuk sebagai pengganti pelatih PSG sebelumnya, Christophe Galtier. Les Parisiens memang cukup sering ditangani pelatih asing dalam beberapa tahun terakhir. Berikut lima pelatih asing terakhir yang membesut PSG.

1. Carlo Ancelotti

5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Paris Saint-Germainpotret Carlo Ancelotti (uefa.com)

Carlo Ancelotti adalah pelatih berpengalaman yang telah berkarier di berbagai liga top Eropa. Pada musim dingin 2012, pria asal Italia itu ditunjuk sebagai pelatih PSG. Ancelotti merupakan pelatih pertama PSG era kepemilikan Qatar Sports Investments (QSI).

Ancelotti menangani PSG tepat selama 1,5 musim. Dirinya mampu membawa Les Parisiens memenangkan gelar juara Ligue 1 2012/2013. Trofi tersebut sekaligus mengakhiri puasa gelar Ligue 1 bagi PSG yang telah berlangsung selama 19 tahun.

2.  Unai Emery

5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Paris Saint-Germainpotret Unai Emery (psg.fr)

Setelah Ancelotti, PSG sempat ditangani pelatih asal Prancis, yakni Laurent Blanc. Namun, mereka kembali menunjuk pelatih asing, Unai Emery, yang berasal dari Spanyol. Emery dipercaya menangani Les Parisiens pada musim panas 2016.

Di bawah asuhan Unai Emery, PSG berhasil meraih berbagai trofi domestik, termasuk gelar juara Ligue 1 2017/2018. Sayangnya, pria berusia 51 tahun itu gagal membawa PSG melangkah jauh di ajang Liga Champions setelah selalu tersingkir di babak 16 besar. Karier Emery di PSG berakhir pada musim panas 2018. Ia kemudian melanjutkan kariernya di Premier League dengan menukangi Arsenal.

Baca Juga: Ancelotti Ragu Rekrut De Gea ke Real Madrid

3. Thomas Tuchel

5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Paris Saint-Germainpotret Thomas Tuchel (psg.fr)

Berikutnya ada Thomas Tuchel, pelatih asal Jerman yang mulai membesut PSG pada awal 2018/2019. Sebelum menangani PSG, Tuchel sempat menjadi nakhoda Borussia Dortmund selama 2 musim. Bersama Les Parisiens, Tuchel mampu menunjukkan kualitasnya sebagai pelatih.

Tuchel berhasil membawa PSG meraih 96 kemenangan dari 127 pertandingan. Dirinya juga sukses mempersembahkan berbagai gelar termasuk dua trofi Ligue 1 pada 2018/2019 dan 2019/2020. Di ajang Liga Champions, Tuchel sukses mengantarkan PSG melaju ke partai final untuk pertama kalinya pada 2020. Meskipun mampu menunjukkan kinerja apik, Tuchel akhirnya dipecat dari jabatan pelatih PSG pada Desember 2020.

4. Mauricio Pochettino

5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Paris Saint-Germainpotret Mauricio Pochettino (psg.fr)

Mauricio Pochettino adalah pelatih yang ditunjuk manajemen PSG untuk menggantikan Thomas Tuchel. Pochettino merupakan pelatih asal Argentina yang cukup lama menangani Tottenham Hotspur. Ia mulai melatih PSG sejak pertengahan 2020/2021. Sayangnya, Pochettino gagal membawa PSG mengakhiri musim sebagai kampiun Ligue 1.

Pada 2021/2022, barulah Pochettino berhasil mengantarkan Les Parisiens meraih trofi Ligue 1. Meskipun begitu, pria 51 tahun itu tetap dipecat dari kursi kepelatihan PSG pada akhir musim. Salah satu alasan pemecatan Pochettino adalah kegagalan PSG di Liga Champions setelah kandas di babak 16 besar.

5. Luis Enrique

5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Paris Saint-Germainpotret Luis Enrique (twitter.com/PSG_English)

Luis Enrique menjadi pelatih asing terbaru yang menangani PSG. Ia menggantikan posisi Christophe Galtier sejak 5 Juli 2023. Sebelumnya, pria asal Spanyol ini pernah melatih beberapa klub, yakni AS Roma, Celta Vigo, dan Barcelona. Selain itu, Enrique juga sempat menjabat sebagai pelatih Timnas Spanyol pada 2018 hingga 2022.

Dengan segudang pengalaman yang dimiliki sebagai pelatih, Enrique diharapkan mampu mengangkat performa PSG. Terlebih lagi, Les Parisiens saat ini dihuni oleh pemain-pemain papan atas. Enrique menyepakati kontrak bersama PSG dengan durasi 2 tahun, yang berlaku hingga Juni 2025 mendatang.

Beberapa pelatih asing yang pernah menangani PSG mampu mempersembahkan gelar domestik. Meskipun begitu, belum ada pelatih yang berhasil membawa Les Parisiens menjuarai Liga Champions. Akankah Luis Enrique menjadi pelatih pertama yang mempersembahkan trofi Liga Champions untuk PSG?

Baca Juga: 9 Pemain Baru PSG 2023, Luis Enrique Belanja Banyak!

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya