5 Pemain Asing Termahal yang Pernah Didatangkan Arsenal

Kai Havertz salah satu pemain Arsenal termahal

Arsenal punya reputasi sebagai salah satu klub papan atas yang berkompetisi di English Premier League (EPL). Maka dari itu, tidak heran Arsenal menjadi klub tujuan para pemain dari berbagai penjuru dunia. Persaingan untuk bisa menembus skuad utama The Gunners sangat ketat.

Skuad Arsenal saat ini didominasi oleh pemain asing daripada pemain asal Inggris. Bahkan, Arsenal rela mengeluarkan banyak uang untuk mendatangkan pemain asing. Berikut lima pemain asing termahal yang pernah dibeli The Gunners.

1. Nicolas Pepe

5 Pemain Asing Termahal yang Pernah Didatangkan Arsenalpotret Nicolas Pepe (instagram.com/nicolas.pepe19)

Nicolas Pepe pertama kali mendarat di Emirates Stadium pada musim panas 2019. Ia resmi bergabung dengan Arsenal usai ditebus dari LOSC Lille. Demi mendapatkan jasa sang penyerang, The Gunners harus membayar 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun.

Pepe telah tampil dalam 112 pertandingan bersama Arsenal dengan melesatkan 27 gol. Dirinya masih belum mampu tampil konsisten. Pada 2022/2023, Pepe dipinjamkan ke OGC Nice. Sang pemain akan kembali ke skuad Arsenal pada musim panas ini.

2.  Kai Havertz

5 Pemain Asing Termahal yang Pernah Didatangkan Arsenalpotret Kai Havertz (instagram.com/kaihavertz29)

Kai Havertz menjadi rekrutan anyar Arsenal pada musim panas ini. Pemain asal Jerman itu didatangkan dari Chelsea dengan biaya transfer 75 juta euro atau Rp1,2 triliun. Havertz menandatangani kontrak berdurasi 5 tahun hingga Juni 2028 mendatang.

Pemain 24 tahun itu diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi Arsenal. Terlebih lagi, skuad asuhan Mikel Arteta akan berlaga di Liga Champions 2023/2024. Untuk mendapatkan tempat utama di skuad The Gunners, Havertz harus siap bersaing dengan gelandang serang lainnya seperti Martin Ødegaard, Emile Smith Rowe, dan Fabio Vieira.

Baca Juga: 3 Prestasi Kai Havertz Bersama Chelsea, Pahlawan UCL!

3.  Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain Asing Termahal yang Pernah Didatangkan Arsenalpotret Pierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/premierleague)

Arsenal memboyong Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund pada Januari 2018. Aubameyang ditebus dengan harga 63,75 juta euro atau Rp1 triliun. Harga tersebut sebanding dengan performa yang ditunjukkan sang pemain bersama The Gunners.

Aubameyang mampu membukukan 92 gol dan 21 assist dari 163 penampilan di semua kompetisi. Pemain asal Gabon itu sukses menyabet gelar top skor Premier League 2018/2019 serta mengantarkan Arsenal meraih trofi Piala FA 2020. Sayangnya, perilaku indisipliner yang dilakukan Aubameyang membuat dirinya terdepak dari skuad The Gunners. 

4. Alexandre Lacazette

5 Pemain Asing Termahal yang Pernah Didatangkan Arsenalpotret Alexandre Lacazette (instagram.com/lacazettealex)

Performa apik yang ditunjukkan Alexandre Lacazette bersama Olympique Lyon mampu menarik perhatian Arsenal. The Gunners kemudian memboyong sang pemain ke Emirates Stadium pada musim panas 2017. Untuk mendapatkan tanda tangan Lacazette, Arsenal harus rela mengeluarkan 53 juta euro atau Rp880 miliar.

Lacazette menunjukkan performa yang kurang konsisten bersama Arsenal. Pemain asal Prancis tersebut bermain sebanyak 206 kali dengan mencatatkan 71 gol dan 36 assist. Pada musim panas 2022, Lacazette kembali ke Olympique Marseille setelah kontraknya bersama Arsenal telah habis.

5.  Gabriel Jesus

5 Pemain Asing Termahal yang Pernah Didatangkan Arsenalpotret Gabriel Jesus (instagram.com/dejesusoficial)

Gabriel Jesus memilih hengkang dari Manchester City pada musim panas 2022. Ketatnya persaingan di lini depan The Citizens usai kedatangan Erling Haaland dan Julian Alvarez menjadi penyebab pemain asal Brasil itu angkat kaki dari Etihad Stadium. Gabriel Jesus kemudian berlabuh ke klub inggris lainnya, yakni Arsenal.

Pemain 26 tahun itu ditebus dari Manchester City dengan biaya transfer 52,2 juta euro atau Rp867 miliar. Gabriel Jesus menjadi pilihan utama Mikel Arteta sebagai ujung tombak The Gunners. Dirinya telah mencatatkan 33 penampilan dengan mengemas 11 gol dan 8 assist.

Pemain-pemain di atas merupakan pemain asing termahal yang pernah dibeli oleh Arsenal. The Gunners memang dikenal kerap mendatangkan pemain asing untuk menambah kekuatan tim. Para pemain asing tersebut tentu diharapkan dapat membawa Arsenal meraih prestasi di kancah domestik maupun Eropa.

Baca Juga: Gabriel Jesus Cetak 2 Gol untuk Arsenal, tapi Kecewa dengan Arteta

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya