5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak di EPL per Maret 2024

Ederson salah satunya

Brasil dikenal sebagai negara penghasil pesepak bola hebat. Cukup banyak pemain asal Negeri Samba yang bermain di berbagai kompetisi papan atas dunia. English Premier League sebagai salah satu kompetisi paling bergengsi tentu tidak lepas dari kehadiran pemain Brasil.

Di kasta tertinggi Liga Inggris, Brasil menjadi salah satu negara penyumbang pemain asing terbanyak. Bahkan, tidak sedikit pemain Negeri Samba mampu bersinar. Sepanjang sejarahnya, pemain Brasil juga mampu mencatatkan banyak penampilan. Berikut lima pemain Brasil dengan penampilan terbanyak di Premier League per 20 Maret 2024.

1. Willian (310) menghabiskan sebagian besar kariernya di Inggris bersama Chelsea

5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak di EPL per Maret 2024potret Willian (premierleague.com)

Willian mengawali kariernya di Inggris dengan bergabung bersama Chelsea. Dirinya menghabiskan 7 musim di Stamford Bridge. Willian menjadi andalan The Blues di lini serang dengan mencatatkan 63 gol dan 62 assist di semua ajang.

Pada musim panas 2020, Willian hengkang dengan status bebas transfer ke Arsenal. Sayangnya, pemain 35 tahun itu gagal bersinar bersama The Gunners dan hanya bertahan selama semusim. Willian sempat kembali merumput di Serie A Brasil bersama Corinthians sebelum direkrut Fulham pada musim panas 2022. Sampai 2023/2024 ini, sang pemain telah mencatatkan 310 penampilan di Premier League.

2. Fernandinho (264) jadi andalan di lini tengah Manchester City

5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak di EPL per Maret 2024potret Fernandinho (premierleague.com)

Penampilan apik Fernandinho bersama Shakhtar Donetsk mampu menarik perhatian Manchester City. The Citizens kemudian merekrut sang pemain pada musim panas 2013 dengan biaya transfer 40 juta euro atau Rp680 miliar. Transfer Fernandinho menjadi salah satu pembelian sukses Manchester City.

Fernandinho mampu menjadi pemain vital di lini tengah Manchester City. Di Premier League, dirinya telah bermain dalam 264 pertandingan dengan mencetak 20 gol dan 19 assist. Pemain 35 tahun ini sukses mempersembahkan berbagai gelar juara bagi Manchester City, termasuk 5 trofi kasta tertinggi Liga Inggris. Namun, Fernandinho resmi meninggalkan Manchester City pada musim panas 2022 dan melanjutkan kariernya bersama klub Brasil, Club Athletico Paranaense.

Baca Juga: 5 Striker yang Pernah Dilepas Gratis oleh Liverpool, Termasuk Firmino!

3. Roberto Firmino (256) tampil cukup tajam bersama Liverpool

5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak di EPL per Maret 2024potret Roberto Firmino (instagram.com/roberto_firmino)

Para penggemar Liverpool pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Roberto Firmino. Ia menjadi andalan lini serang Liverpool di bawah asuhan Juergen Klopp. Selama berkostum The Reds, Firmino telah mencatatkan 256 penampilan di Premier League dengan mencatatkan 82 gol dan 50 assist.

Berbagai gelar berhasil diraih Firmino selama memperkuat Liverpool, termasuk trofi EPL 2018/2019. Namun, pemain yang kini berusia 32 tahun itu resmi meninggalkan Liverpool pada musim panas 2023 setelah kontraknya habis. Dirinya bergabung bersama klub Saudi Pro League, Al-Ahli.

4. Lucas Leiva (247) bertahan di Anfield selama 10 musim

5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak di EPL per Maret 2024potret Lucas Leiva (liverpoolfc.com)

Liverpool menjadi satu-satunya klub Inggris yang diperkuat Lucas Leiva. Gelandang bertahan ini didatangkan Liverpool dari Gremio pada musim panas 2007. Untuk memboyong Lucas, The Reds harus mengeluarkan 10 juta euro atau Rp170 miliar.

Lucas Leiva menghabiskan 10 musim di Anfield Stadium. Bersama Liverpool, dirinya mencatatkan 247 penampilan di Premier League dengan kontribusi 1 gol dan 14 assist. Setelah meninggalkan Liverpool, Lucas sempat bermain untuk Lazio dan Gremio. Pada Maret 2023, sang pemain memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepak bola.

5. Ederson Moraes (244) tidak tergantikan di bawah mistar gawang Manchester City

5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak di EPL per Maret 2024potret Ederson Moraes (instagram.com/ederson93)

Ederson Moraes bergabung dengan Manchester City pada musim panas 2017. Pemain yang kini berusia 30 tahun itu mampu menggeser posisi Claudio Bravo sebagai kiper utama The Citizens. Hingga kini, Ederson telah bermain dalam 244 pertandingan Premier League bersama Manchester City dengan mencatatkan 110 clean sheet.

Ederson merupakan tipe kiper modern yang dibekali dengan kemampuan distribusi bola yang sangat baik. Maka dari itu, tidak heran dirinya menjadi pemain yang tidak tergantikan di bawah asuhan Pep Guardiola. Ia masih memiliki kontrak bersama Manchester City hingga Juni 2026 mendatang.

Nama-nama di atas menjadi pemain Brasil dengan penampilan terbanyak di Premier League. Dari daftar tersebut, Willian dan Ederson Moraes masih bermain di EPL pada 2023/2024 ini. Kedua pemain tersebut masih berpeluang untuk menambah catatan penampilannya di kasta tertinggi Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Kiper Pelapis Ederson Moraes saat Berseragam Manchester City

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Chaos

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya