4 Pemain Brasil Terakhir yang Direkrut Barcelona per Awal 2024

Vitor Roque menjadi yang terbaru

Brasil menjadi negara yang kerap mencetak pesepak bola andal. Banyak pemain Brasil yang mampu menunjukkan performa gemilang. Maka dari itu, tidak heran jika pemain Brasil cukup diminati klub-klub raksasa Eropa.

Salah satu klub raksasa Eropa yang sering mendatangkan pemain asal Brasil adalah Barcelona. Terakhir, klub berjuluk Blaugrana ini merekrut Vitor Roque pada musim dingin 2024. Pemain 18 tahun itu didatangkan dari klub Serie A Brasil, Club Athletico Paranaense.

Termasuk Vitor Roque, inilah empat pemain Brasil terakhir yang didatangkan Barcelona.

1. Dani Alves sempat kembali berseragam Barcelona pada 2021/2022

4 Pemain Brasil Terakhir yang Direkrut Barcelona per Awal 2024potret Dani Alves (laliga.com)

Para pencinta Barcelona pasti sudah tidak asing lagi dengan Dani Alves. Ia merupakan bek kanan yang cukup lama berkostum Blaugrana. Dani Alves dikenal sebagai pemain yang memiliki kecepatan serta kemampuan olah bola yang sangat baik.

Alves kembali bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2021. Sebelumnya, ia membela Barca selama 8 musim, yakni pada 2008—2016. Selama memperkuat Barcelona, Alves mampu mempersembahkan berbagai gelar juara, termasuk 3 trofi Liga Champions dan 6 trofi LaLiga Spanyol.

Alves hanya bermain selama semusim pada periode keduanya di Camp Nou. Jika ditotal, dirinya telah mencatatkan 408 penampilan dengan torehan 22 gol dan 105 assist. Setelah hengkang dari Camp Nou, Alves memutuskan untuk bergabung dengan klub Meksiko, UNAM Pumas.

2. Emerson Royal hanya membela Barca dalam tiga laga setelah didatangkan pada musim panas 2021

4 Pemain Brasil Terakhir yang Direkrut Barcelona per Awal 2024potret Emerson Royal (instagram.com/emerson_royal)

Barcelona merupakan klub Eropa pertama yang diperkuat oleh Emerson Royal. Pemain 25 tahun itu didatangkan dari Atletico Mineiro pada Januari 2019. Menariknya, Emerson langsung dijual Barca kepada klub LaLiga Spanyol lainnya, Real Betis.

Blaugrana kembali merekrut Emerson pada musim panas 2021. Sayangnya, karier Emerson di Barcelona hanya seumur jagung. Pada Agustus 2021, dirinya dilepas ke Tottenham Hotspur dengan biaya transfer 25 juta euro atau Rp425 miliar. Bersama Blaugrana, Emerson hanya membukukan tiga penampilan.

Baca Juga: 9 Potret Mesra Vitor Roque dan Istri, Nikah Muda!

3.Raphinha didatangkan Barcelona pada musim panas 2022 dengan transfer yang cukup mahal

4 Pemain Brasil Terakhir yang Direkrut Barcelona per Awal 2024potret Raphinha (instagram.com/raphinha)

Nama Raphinha mulai dikenal saat bermain untuk Leeds United. Berkat penampilan apiknya, Raphinha menjadi incaran klub-klub papan atas Eropa. Barcelona menjadi klub yang berhasil mendatangkan sang pemain pada musim panas 2022. Raphinha didatangkan dengan biaya transfer cukup mahal, yakni 58 juta euro atau Rp986 miliar.

Saat ini, Raphinha mulai tergusur dari posisi utama di skuad Barcelona. Pada 2023/2024, penyerang sayap ini mencatatkan 26 penampilan di semua ajang. Namun, sebagian besar penampilannya ia mulai dari bangku cadangan. Pemain 27 tahun itu masih menyisakan kontrak bersama Blaugrana hingga Juni 2027 mendatang.

4. Vitor Roque diboyong Barcelona pada Januari 2022 sebagai proyek jangka panjang

4 Pemain Brasil Terakhir yang Direkrut Barcelona per Awal 2024potret Vitor Roque (instagram.com/fcbarcelona)

Vitor Roque menjadi rekrutan anyar pada musim dingin 2024. Untuk mendatangkan Roque, Barca harus menebus sang pemain dari Club Athletico Paranaense dengan mahar 40 juta euro atau Rp680 miliar. Pemain kelahiran Timoteo itu menyepakati kontrak berdurasi 7,5 musim, yang berlaku hingga Juni 2031.

Roque merupakan pemain yang berposisi sebagai penyerang. Dirinya dapat ditempatkan sebagai penyerang tengah, sayap kanan, serta sayap kiri. Roque dibekali dengan fisik yang kuat serta naluri mencetak gol yang cukup baik.

Roque dapat menjadi proyek jangka panjang bagi Barcelona. Pasalnya, sang pemain saat ini baru menginjak usia 19 tahun. Sejauh ini, Roque sudah bermain dalam 10 pertandingan dengan mencetak 2 gol.

Nama-nama di atas menjadi pemain Brasil terakhir yang didatangkan Barcelona. Sebagai pemain baru, Vitor Roque tentu diharapkan mampu memberikan kontribusi positif. Terlebih lagi, performa Barca tengah menurun dalam beberapa musim terakhir.

Baca Juga: 5 Penyerang Brasil Tersukses di Barcelona, Vitor Roque Menyusul?

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Chaos

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya