4 Pemain dengan Nilai Pasar Tertinggi di Piala Afrika 2023

Ada nama Mohamed Salah

Piala Afrika 2023 diselenggarakan di Pantai Gading pada 13 Januari—11 Februari 2024. Turnamen tersebut menjadi salah satu ajang bergengsi bagi negara-negara di Afrika. Sebanyak 24 negara pun bersemangat untuk berpartisipasi.

Para peserta Piala Afrika 2023 diperkuat oleh para pemain terbaik. Bahkan, sejumlah negara memanggil penggawa andalan yang berkiprah di liga top Eropa. Pemain-pemain tersebut tentu memiliki nilai pasar yang sangat tinggi.

Berikut empat pemain Piala Afrika 2023 dengan nilai pasar tertinggi.

1. Victor Osimhen (Rp1,8 triliun) menjadi pilihan utama di lini serang Nigeria

4 Pemain dengan Nilai Pasar Tertinggi di Piala Afrika 2023potret Victor Osimhen (instagram.com/victorosimhen9)

Victor Osimhen menjadi pemain termahal di Piala Afrika 2023. Pemain Nigeria itu memiliki nilai pasar 110 juta euro atau Rp1,8 triliun. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari performa apik yang ia tunjukkan bersama Napoli. Selama membela Partenopei, Osimhen mampu mencetak 67 gol dan 17 assist dari 119 penampilan.

Pemain berusia 25 tahun tersebut menjadi andalan di lini serang Timnas Nigeria. Dalam tiga laga awal Nigeria di Piala Afrika 2023, Osimhen selalu menjadi pilihan utama. Sang pemain mampu tampil baik dengan mencetak 1 gol dan 1 assist.

2. Achraf Hakimi (Rp1,1 triliun) diharapkan mampu membawa Maroko menjadi juara

4 Pemain dengan Nilai Pasar Tertinggi di Piala Afrika 2023potret Achraf Hakimi (instagram.com/achrafhakimi)

Achraf Hakimi memiliki catatan cukup apik bersama Timnas Maroko. Dirinya menjadi salah satu pemain penting di balik kesuksesan Maroko melaju hingga babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar. Selama memperkuat Singa Atlas, Hakimi telah mengoleksi 71 caps dengan mengemas 9 gol dan 10 assist.

Hakimi menjadi pemain yang tidak tergantikan di posisi bek kanan Maroko. Pemain dengan nilai pasar 65 juta euro atau Rp1,1 triliun ini diharapkan mampu membawa negaranya menjadi juara Piala Afrika 2023. Pasalnya, Maroko telah cukup lama tidak meraih gelar juara Piala Afrika. Maroko terakhir kali menjuarai turnamen ini pada 1976.

Baca Juga: 3 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten di Piala Afrika 2023

3. Mohamed Salah (Rp1,1 triliun) mengalami cedera saat menghadapi Ghana

4 Pemain dengan Nilai Pasar Tertinggi di Piala Afrika 2023potret Mohamed Salah (instagram.com/mosalah)

Mohamed Salah menjadi salah satu penyerang terbaik English Premier League dalam beberapa musim terakhir. Pada 2023/2024, Salah mampu membukukan 18 gol dan 9 assist dari 27 pertandingan bersama Liverpool. Pemain dengan nilai pasar 65 juta euro atau Rp1,1 triliun tersebut tentu menjadi senjata Timnas Mesir dalam urusan mencetak gol. Selama membela Mesir, Salah mampu mencatatkan 54 gol dan 32 assist dari 96 pertandingan.

Berkat pengalaman yang dimilikinya, Salah dipercaya untuk menjadi kapten Mesir di Piala Afrika 2023. Ajang tahun ini merupakan yang keempat bagi pemain berusia 31 tahun tersebut. Sayangnya, Salah belum pernah membawa negaranya menjadi juara.

Sejauh ini, Salah telah memainkan dua pertandingan di Piala Afrika 2023. Namun, dirinya mengalami cedera saat bermain menghadapi Ghana di pertandingan kedua. Salah diperkirakan baru dapat bermain kembali jika Mesir mampu lolos ke semifinal.

4. Mohammed Kudus (Rp766 miliar) mencetak dua gol pada laga debutnya di Piala Afrika

4 Pemain dengan Nilai Pasar Tertinggi di Piala Afrika 2023potret Mohammed Kudus (instagram.com/kudus_mohammed)

Mohammed Kudus mampu tampil cukup impresif bersama West Ham United sejak didatangkan pada musim panas 2023. Gelandang serang tersebut mampu menorehkan 9 gol dan 1 assist dari 24 pertandingan. Maka dari itu, tidak heran jika nilai pasarnya menyentuh angka 45 juta euro atau Rp766 miliar.

Di level tim nasional, Kudus menjalani debut bersama Ghana pada November 2019. Pemain 23 tahun itu tampil perdana di Piala Afrika pada edisi kali ini. Dalam laga debutnya di Piala Afrika 2023, Kudus tampil sebagai pahlawan Ghana berkat dua gol yang ia cetak ke gawang Mesir.

Para pemain di atas saat ini memperkuat tim-tim raksasa Eropa. Maka dari itu, tidak heran jika mereka memiliki nilai pasar yang sangat tinggi. Kehadiran para pemain tersebut tentu diharapkan mampu membawa negaranya meraih prestasi di Piala Afrika 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua di Piala Afrika 2023

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Chaos

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya