5 Pemain Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

Guendogan salah satunya

Jerman menjadi salah satu negara yang mencetak cukup banyak pesepak bola berbakat. Hal tersebut dibuktikan dengan  prestasi gemilang yang dicatatkan Timnas Jerman. Sampai saat ini, Der Panzer telah memenangkan empat trofi Piala Dunia.

Catatan gemilang Jerman tentu tidak terlepas dari kualitas pemain yang mereka miliki. Banyak pemain asal Jerman yang tersebar di liga papan atas Eropa, termasuk English Premier League (EPL). Bahkan, beberapa pemain Jerman mampu mencatatkan banyak penampilan di kompetisi tersebut.

Berikut lima pemain Jerman dengan penampilan terbanyak di EPL

1. Robert Huth (322 penampilan) berjaya membawa Leicester City menjuarai EPL 2015/2016

5 Pemain Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepotret Robert Huth (premierleague.com)

Robert Huth mengawali karier profesionalnya bersama Chelsea pada 2002. Sayangnya, Huth tidak menjadi pilihan utama di bawah asuhan Jose Mourinho. Pada musim panas 2006, Huth memutuskan untuk hengkang ke klub Inggris lainnya, Middlesbrough.

Setelah 3 musim membela Middlesbrough, Huth bergabung dengan Stoke City dan menjadi pemain penting di lini pertahanan The Potters. Leicester City menjadi klub terakhir yang diperkuat oleh Huth. Ia sukses mengantarkan The Foxes menjuarai EPL pada 2015/2016. Jika ditotal, Huth telah memainkan 322 pertandingan di ajang EPL. Pemain kelahiran Berlin itu kemudian memutuskan untuk gantung sepatu pada 2018.

2. Dietmar Hamann (268 penampilan) mengalami puncak kariernya saat membela Liverpool

5 Pemain Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepotret Dietmar Hamann (premierleague.com)

Dietmar Hamann menjadi pemain Jerman kedua dengan penampilan terbanyak di EPL. Hamann telah membukukan 268 penampilan dengan torehan 12 gol dan 22 assist. Selama berkarier di Inggris, Hamann pernah bermain untuk Newcastle United, Liverpool, dan Manchester City.

Puncak karier Hamann di Inggris ia raih saat berseragam Liverpool. Bersama The Reds, Hamann berhasil memenangkan berbagai trofi, termasuk gelar juara Liga Champions 2004/2005. Mantan pemain Bayern Munich itu resmi pensiun sebagai pemain sepak bola pada 2011.

Baca Juga: 5 Fakta Pascal Gross, Gelandang Andalan Brighton & Hove Albion

3. Pascal Gross (222 penampilan) masih jadi andalan di lini tengah Brighton & Hove Albion

5 Pemain Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepotret Pascal Gross (brightonandhovealbion.com)

Di daftar ini, Pascal Gross menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif bermain di EPL hingga saat ini. Selama berkarier di Inggris, Gross hanya memperkuat satu tim, yaitu Brighton & Hove Albion. Pemain berusia 32 tahun itu didatangkan Brighton dari FC Ingolstadt pada musim panas 2017.

Hingga saat ini, Gross masih menjadi andalan di lini tengah The Seagulls. Sang pemain telah mencatatkan 222 penampilan di ajang EPL dengan koleksi 30 gol dan 45 assist. Kontrak Gross sendiri bersama Brighton akan berakhir pada Juni 2025.

4. Ilkay Guendogan (188 penampilan) menghabiskan 7 musim bersama Manchester City

5 Pemain Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepotret Ilkay Guendogan (premierleague.com)

Para penggemar Manchester City pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Ilkay Guendogan. Ia bergabung dengan The Citizens pada musim panas 2016. Guendogan direkrut dari Borussia Dortmund dengan biaya transfer 27 juta euro atau Rp467 miliar.

Di bawah asuhan Pep Guardiola, Guendogan menjadi pemain yang tidak tergantikan di lini tengah The Citizens. Pemain berusia 33 tahun ini membela Manchester City dalam 188 pertandingan EPL dengan torehan 44 gol dan 16 assist. Guendogan bertahan di Etihad Stadium selama 7 musim. Pada musim panas 2023, sang pemain hengkang secara gratis ke raksasa Spanyol, Barcelona.

5. Mesut Oezil (184 penampilan) tampil mengesankan selama berkostum Arsenal

5 Pemain Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepotret Mesut Oezil (premierleague.com)

Selama bermain di Inggris, Mesut Oezil hanya bermain untuk satu klub, yaitu Arsenal. The Gunners memboyong Oezil dari Real Madrid dengan mahar 47 juta euro atau Rp814 miliar. Kehadiran Oezil saat itu dibutuhkan untuk menambah kreativitas serangan Arsenal.

Oezil mampu menunjukkan penampilan impresif selama bermain untuk Arsenal. Di ajang EPL, mantan pemain Werder Bremen itu mencatatkan 33 gol dan 54 assist dari 184 penampilan. Di bawah asuhan Mikel Arteta, peran Oezil mulai tergantikan. Dirinya kemudian memutuskan untuk hengkang ke Fenerbahce pada Januari 2021.

Para pemain di atas memiliki karier cukup panjang di English Premier League. Dari daftar tersebut, hanya Pascal Gross yang masih aktif bermain di EPL. Gross memiliki kesempatan untuk memecahkan rekor para pendahulunya sebagai pemain Jerman dengan penampilan terbanyak di EPL.

Baca Juga: Rumah Tangga Adem Ayem, 9 Potret Mesra Mesut Ozil dan Amine Gulse

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Chaos

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya