5 Pemain Prancis Terakhir yang Didatangkan Chelsea

Nkunku jadi yang teranyar

Chelsea menjadi salah satu klub papan atas di English Premier League (EPL). Klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu telah lima kali memenangi kasta tertinggi Liga Inggris. Keberhasilan ini juga didukung dengan kekuatan finansial yang mumpuni sehingga The Blues tak kesulitan mendatangkan pemain incarannya.

Pada tiap musim, Chelsea merekrut pemain anyar dari berbagai klub. Dari keseluruhan nama itu, The Blues sering menggaet pemain berpaspor Prancis. Inilah lima pemain Prancis terakhir yang direkrut Chelsea.

1. Malang Sarr

5 Pemain Prancis Terakhir yang Didatangkan Chelseapotret Malang Sarr (chelseafc.com)

Malang Sarr sudah berseragam Chelsea sejak 2020. Saat itu, ia diboyong dari OGC Nice dengan status bebas transfer. Persaingan ketat di lini belakang Chelsea membuat sang pemain dipinjamkan ke klub lain.

Sarr menjalani masa peminjaman ke FC Porto dan AS Monaco. Pemain 24 tahun itu baru mencatatkan 21 penampilan bersama The Blues. Dirinya masih menyisakan kontrak selama 2 musim hingga Juni 2025 mendatangkan.

2. Malo Gusto

5 Pemain Prancis Terakhir yang Didatangkan Chelseapotret Malo Gusto (chelseafc.com)

Chelsea memandang sosok Malo Gusto sebagai pemain potensial. Oleh sebab itu, The Blues menebus sang pemain dari Olympique Lyon dengan mahar 30 juta euro atau Rp497 miliar. Pemain 20 tahun tersebut bergabung dengan skuad Chelsea pada musim panas 2023.

Gusto dikontrak Chelsea selama 7 musim, yang berlaku hingga Juni 2030. Dirinya diproyeksikan sebagai pesaing Reece James di posisi bek kanan.  Selama membela Olympique Lyon, Gusto berhasil mencatatkan 61 penampilan dengan mengoleksi 6 assist.

Baca Juga: Tukar Guling Lukaku-Vlahovic, Juventus Cari Untung ke Chelsea

3. Benoit Badiashile

5 Pemain Prancis Terakhir yang Didatangkan Chelseapotret Benoit Badiashile (chelseafc.com)

Benoit Badiashile merupakan jebolan akademi klub AS Monaco. Sang pemain berhasil promosi ke tim utama AS Monaco pada 2018. Badiashile mampu tampil konsisten sehingga menjadi pemain inti Les Rouge et Blanc pada tiap musim.

Performa cemerlang yang ditunjukkan Badiashile mampu menarik perhatian Chelsea. Pemain 22 tahun itu diperkenalkan sebagai pemain baru Chelsea pada musim dingin 2023. Nilai transfernya saat itu mencapai 38 juta euro tau Rp631 miliar. 

Tidak butuh waktu lama, Badiashile langsung menjadi pemain utama di lini belakang The Blues. Ia telah tampil dalam 11 pertandingan dengan ikut menyumbang 1 gol. Dengan usia yang sangat muda, Badiashile menjadi salah satu aset berharga Chelsea pada masa depan.

4. Wesley Fofana

5 Pemain Prancis Terakhir yang Didatangkan Chelseapotret Wesley Fofana (chelseafc.com)

Usai ditinggal Antonio Rudiger pada musim panas 2022, Chelsea mencari pemain baru di sektor bek tengah. Wesley Fofana menjadi pemain yang berhasil didaratkan Chelsea saat itu. Ia dibeli dari Leicester City dengan biaya 80,40 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun.

Sepanjang 2022/2023,  Fofana minim kontribusi bagi skuad Chelsea. Pasalnya, ia harus menepi karena mengalami cedera lutut. Fofana baru mencatatkan 22 penampilan di semua kompetisi bersama The Blues. Pemain 22 tahun itu dikabarkan masih harus absen cukup lama pada 2023/2024.

5. Christopher Nkunku

5 Pemain Prancis Terakhir yang Didatangkan Chelseapotret Christopher Nkunku (chelseafc.com)

Christopher Nkunku menjadi pemain Prancis terakhir yang direkrut Chelsea. Ia dibeli dari RB Leipzig seharga 60 juta euro atau setara Rp966 miliar. Hadirnya Nkunku akan menambah kedalaman di lini depan The Blues.

Performa pemain 22 tahun itu cukup menjanjikan. Nkunku sukses mengemas 70 gol dan 56 assist dari 172 penampilan selama berseragam RB Leipzig. Dirinya juga berhasil menyabet gelar top skor Bundesliga 2022/2023 dengan torehan 16 gol.

Pemain-pemain di atas saat ini masih berstatus sebagai pemain Chelsea. Banyaknya pemain Prancis di skuad The Blues diharapkan mampu mengangkat performa tim. Patut dinantikan kiprah Chelsea pada 2023/2024 mendatang.

Baca Juga: Saingi Real Madrid, Chelsea Siap Lepas Tawaran untuk Kylian Mbappe

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya