5 Pemain Premier League dengan Gol Sundulan Terbanyak dalam Semusim

 Harry Kane jadi yang teratas

Gol melalui sundulan cukup sering dijumpai dalam pertandingan sepak bola. Akan tetapi, bukan perkara mudah bagi seorang pemain untuk mencetak gol seperti itu. Dibutuhkan kecermatan dan ketepatan agar umpan lambung dapat dimanfaatkan menjadi sebuah gol.

Hebatnya, terdapat beberapa pemain English Premier League (EPL) yang mampu menyumbang banyak gol sundulan dalam semusim. Kira-kira siapa saja mereka? Berikut daftarnya!

1. Harry Kane

5 Pemain Premier League dengan Gol Sundulan Terbanyak dalam Semusimpotret Harry Kane (twitter.com/premierleague)

Harry Kane merupakan salah satu striker tertajam di Premier League dalam beberapa musim terakhir. Sejauh ini, pemain Tottenham Hotspur tersebut telah membukukan 209 gol dari 317 pertandingan di EPL. Kane memiliki postur yang cukup tinggi sehingga sering memenangi duel udara. Sepanjang 2022/2023, pemain 29 tahun itu berhasil mencetak sepuluh gol sundulan. Catatan tersebut sekaligus menjadikannya sebagai pemain EPL dengan gol sundulan terbanyak dalam semusim.

2. Duncan Ferguson

5 Pemain Premier League dengan Gol Sundulan Terbanyak dalam Semusimpotret Duncan Ferguson (twitter.com/premierleague)

Posisi kedua ditempati mantan penyerang Everton dan Newcastle United, Duncan Ferguson. Pemain asal Skotlandia itu berhasil menjaringkan sembilan gol melalui tandukan kepala pada 1997/1998. Dengan tinggi mencapai 193 cm, tentu bukan hal yang sulit bagi Duncan Ferguson untuk memanfaatkan umpan silang. Everton menjadi klub terakhir yang diperkuat Duncan Ferguson sebelum memutuskan gantung sepatu pada 2006.

Baca Juga: Harry Kane Masuk Daftar Transfer Manchester United

3. Roque Santa Cruz

5 Pemain Premier League dengan Gol Sundulan Terbanyak dalam Semusimpotret Roque Santa Cruz (twitter.com/premierleague)

Roque Santa Cruz didatangkan Blackburn Rovers dari Bayern Munich pada musim panas 2007. Ia mampu tampil cukup impresif pada musim debutnya memperkuat Blackburn Rovers dengan membukukan 23 gol di semua ajang. Menariknya, delapan gol di antaranya ia cetak dengan kepala. Performa gemilang yang ditunjukkan Roque Santa Cruz bersama Blackburn Rovers mampu menarik perhatian Manchester City. Pemain asal Paraguay tersebut berlabuh ke Etihad Stadium pada Juli 2009 dengan biaya transfer mencapai 21,2 juta euro atau 341 miliar rupiah.

4. Dwight Yorke

5 Pemain Premier League dengan Gol Sundulan Terbanyak dalam Semusimpotret Dwight Yorke (twitter.com/premierleague)

Dwight Yorke merupakan salah satu penyerang papan atas Premier League pada era 1990-an. Ia pernah menyabet gelar top skor EPL 1997/1998 dengan torehan 18 gol. Sepanjang kariernya, Dwight Yorke mampu mengoleksi 180 gol dari 571 laga di semua kompetisi. Ia dikenal cukup efektif dalam memanfaatkan bola-bola atas. Pemain asal Trinidad dan Tobago tersebut  pernah mencatatkan 8 gol sundulan dalam 2 musim berbeda pada 1995/1996 dan 1999/2000.

5. Dion Dublin

5 Pemain Premier League dengan Gol Sundulan Terbanyak dalam Semusimpotret Dion Dublin (twitter.com/premierleague)

Dion Dublin memiliki kemampuan menempatkan posisi dengan sangat baik. Penyerang asal Inggris itu kerap memanfaatkan umpan silang untuk dikonversi menjadi gol. Hal tersebut dibuktikan dengan delapan gol yang ia cetak melalui tandukan kepala pada 1995/1996. Dion Dublin telah dua kali meraih gelar juara Premier League bersama Manchester United pada 1992/1993 dan 1993/1994. Selain itu, mantan pemain Aston Villa tersebut juga mampu menyabet predikat top skor EPL 1997/1998 dengan torehan 18 gol.

Dari deretan pemain tersebut, hanya Harry Kane yang masih aktif bermain hingga saat ini. Kane berpeluang menambah torehan gol sundulannya sebab English Premier League 2022/2023 masih menyisakan beberapa pertandingan.

Baca Juga: 5 Klub Premier League yang Paling Sering Dibobol Harry Kane

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya