5 Pemain Serie A Terakhir yang Menjadi Top Skor Liga Champions

Didominasi pemain AC Milan

Liga Champions Eropa merupakan kompetisi bergengsi di Benua Biru. Persaingan klub peserta untuk menjadi juara sangat menarik disaksikan.

Persaingan ketat juga sering terjadi dalam perebutan gelar individu. Salah satunya dalam top skor.

Tercatat, ada beberapa nama pemain Serie A Italia yang mampu meraih itu. Berikut adalah lima pemain Serie A terakhir yang menjadi top skor Liga Champions.

1. Ricardo Kaka

5 Pemain Serie A Terakhir yang Menjadi Top Skor Liga Championspotret Ricardo Kaka (twitter.com/acmilan)

Ricardo Kaka menjadi pemain Serie A terakhir yang meraih gelar top skor Liga Champions. Dirinya meraih gelar tersebut saat berseragam AC Milan pada 2006/2007. Pada musim tersebut, Kaka mampu menyarangkan sepuluh gol.

Kaka juga mampu mengantarkan Rossoneri meraih gelar juara Liga Champions 2006/2007. Selama berseragam AC Milan, pemain asal Brasil itu sendiri membukukan 25 gol dan 13 assist di Liga Champions.

2. Andriy Shevchenko

5 Pemain Serie A Terakhir yang Menjadi Top Skor Liga Championspotret Andriy Shevchenko (twitter.com/acmilan)

Semusim sebelumnya, gelar top skor Liga Champions diraih pemain AC Milan, Andriy Shevchenko. Pria asal Ukraina itu berhasil mengoleksi sembilan gol di Liga Champions 2005/2006.

Shevchenko juga pernah menjadi top skor Liga Champions 1998/1999 dan 2000/2001. Ia berhasil menjuarai Liga Champions bersama AC Milan pada 2002/2003. Sayangnya, Shevchenko gagal membawa AC Milan kembali menjadi juara pada 2005/2006 setelah dikandaskan Barcelona pada babak semifinal.

Baca Juga: Selalu Cetak Gol, Kaka: Haaland Bak Bermain Melawan Anak-anak 

3. Alessandro Del Piero

5 Pemain Serie A Terakhir yang Menjadi Top Skor Liga Championspotret Alessandro Del Piero (twitter.com/juventusfc)

Alessandro Del Piero juga menjadi salah 1 dari 5 pemain Serie A terakhir yang menjadi top skor Liga Champions. Hal tersebut terjadi pada 1997/1998 saat membukukan sepuluh gol bagi Juventus.

Catatan sepuluh gol tersebut menjadi torehan terbaik Del Piero di Liga Champions sepanjang kariernya. Mantan pemain Timnas Italia itu telah mencatatkan 42 gol di Liga Champions bersama Bianconeri.

4. Marco van Basten

5 Pemain Serie A Terakhir yang Menjadi Top Skor Liga Championspotret Marco van Basten (instagram.com/marcovanbasten)

Selama membela AC Milan, Marco van Basten telah meraih dua gelar Liga Champions , yaitu pada 1988/1989 dan 1989/1990. Ia juga sukses menyabet gelar top skor pada 1988/1989 dengan torehan sembilan gol.

Marco van Basten merupakan salah satu striker legendaris bagi AC Milan. Pria asal Belanda tersebut telah mencetak 125 gol dari 201 laga bagi Rossoneri. Sayangnya, Van Basten harus pensiun dini pada usia 28 tahun setelah mengalami cedera parah.

5. Michel Platini

5 Pemain Serie A Terakhir yang Menjadi Top Skor Liga Championspotret Michel Platini (juventus.com)

Pemain legendaris lainnya yang masuk daftar ini adalah Michel Platini. Dirinya sukses menjadi top skor pada 1984/1985 dengan catatan tujuh gol. Platini berhasil membawa Juventus menjadi juara Liga Champions pada musim tersebut.

Juventus merupakan klub terakhir yang diperkuat Michel Platini. Legenda Timnas Prancis itu mampu mencetak 104 gol dari 223 penampilan bersama Si Nyonya Tua.

Para pencinta sepak bola patut menantikan pemain Serie A berikutnya yang dapat merebut gelar top skor Liga Champions. Bisa jadi ada pemain lain yang menyusul pemain di atas.

Baca Juga: Antoine Griezmann adalah Perpaduan Platini dan Zidane

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya