4 Pemain Spanyol yang Pernah Memperkuat Fulham

Adama Traore jadi yang teranyar

Fulham merupakan klub yang kerap bertengger di papan tengah atau papan bawah klasemen English Premier League (EPL). Meskipun begitu, klub berjuluk The Cottagers ini tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, Fulham cukup sering merepotkan tim-tim papan atas Premier League.

Tidak jauh berbeda dengan tim EPL lainnya, Fulham juga mendatangkan pemain asing untuk memperkuat tim. Pemain asal Spanyol menjadi salah satu yang cukup sering didatangkan Fulham.

Berikut empat pemain Spanyol yang pernah memperkuat Fulham.

1. Jozabed Sanchez hanya tampil dalam delapan pertandingan bersama Fulham

4 Pemain Spanyol yang Pernah Memperkuat Fulhampotret Jozabed Sanchez (laliga.com)

Jozabed Sanchez merupakan pemain jebolan akademi sepak bola Sevilla. Permainan Sanchez berkembang cukup pesat saat membela Rayo Vallecano. Bersama Rayo Vallecano, dirinya berhasil membukukan 12 gol dan 4 assist dari 54 penampilan.

Pada musim panas 2016, pemain 32 tahun ini memutuskan untuk bergabung bersama Fulham dengan biaya transfer 4 juta euro atau Rp66 miliar. Sayangnya, Sanchez gagal menunjukkan menunjukkan performa maksimal dengan hanya mencatatkan delapan penampilan di semua ajang. Ia kemudian sempat dipinjamkan kepada Celta Vigo pada Januari 2017 sebelum akhirnya dilepas secara permanen pada musim panas 2017.

2. Fabri didatangkan Fulham berkat performa apiknya saat berseragam Besiktas

4 Pemain Spanyol yang Pernah Memperkuat Fulhampotret Fabri (fulhamfc.com)

Fabri merupakan penjaga gawang yang cukup lama berkarier di LaLiga dengan memperkuat beberapa tim, seperti Deportivo La Coruna, Real Betis, dan Real Valladolid. Ia kemudian bergabung bersama klub asal Turki, Besiktas, pada musim panas 2016. Di Besiktas, Fabri dipercaya menjadi penjaga gawang utama dengan mencatatkan 87 penampilan di semua ajang.

Penampilan apik Fabri bersama Besiktas membuat Fulham merekrutnya pada musim panas 2018 dengan mahar 6 juta euro atau Rp99 miliar. Sayangnya, pemain 35 tahun itu gagal mendapatkan tempat utama di skuad The Cottagers. Selama berseragam Fulham, Fabri hanya tampil dalam dua laga di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Fulham dan Chelsea

3. Sergio Rico menjadi andalan di bawah mistar gawang The Cottagers pada 2018/2019

4 Pemain Spanyol yang Pernah Memperkuat Fulhampotret Sergio Rico (fulhamfc.com)

Sergio Rico telah cukup lama menimba ilmu sepak bola di akademi Sevilla. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini berhasil promosi ke tim utama Sevilla pada musim panas 2014. Selama berseragam Los Nervionenses, Rico telah tampil dalam 170 penampilan di semua ajang.

Pada musim panas 2018, Rico bergabung ke Fulham dengan status pinjaman dari sevilla selama semusim. Dirinya langsung dipercaya sebagai penjaga gawang The Cottagers dengan mencatatkan 32 penampilan pada 2018/2019. Sayangnya, ia tidak dipermanenkan setelah Fulham harus terdegradasi ke Championship.

4. Adama Traore bergabung ke Fulham setelah kontraknya bersama Wolverhampton habis

4 Pemain Spanyol yang Pernah Memperkuat Fulhampotret Adama Traore (fulhamfc.com)

Adama Traore memulai karier sepak bola dengan bergabung di akademi sepak bola La Masia milik Barcelona. Setelah kesulitan menembus skuad utama Blaugrana, Traore memutuskan hijrah ke Inggris pada musim panas 2015 dengan bergabung ke Aston Villa. Namun, karier pemain 30 tahun itu mulai melejit saat memperkuat Wolverhampton Wanderers. Traore mampu mengemas 14 gol dan 20 assist dari 194 pertandingan bersama Wolves.

Pada musim dingin 2022, Traore sempat dipinjamkan Wolves kepada klub lamanya, Barcelona. Namun, Barca tidak memermanenkan pemain berdarah Mali tersebut pada akhir musim. Traore kemudian memilih bergabung ke Fulham pada musim panas 2023 dengan status bebas transfer. Ia menandatangani kontrak berdurasi 2 musim yang berlaku hingga Juni 2025 mendatang.

Dari daftar pemain di atas, hanya Sergio Rico yang telah terbukti mampu tampil konsisten bersama The Cottagers. Traore sebagai pemain baru diharapkan mampu membawa Fulham melangkah lebih jauh di EPL. Menarik untuk menantikan kiprah Traore bersama Fulham pada musim debutnya.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Fulham dengan Masa Bakti Terlama, Jadi Andalan!

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya