6 Pemain Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Aubameyang!

Pierre-Emerick Aubameyang tinggalkan Chelsea

Olympique Marseille adalah klub yang berkompetisi di Ligue 1, kasta teratas Liga Prancis. Klub satu ini dihuni banyak pemain berkualitas. Para pemain itu didatangkan Les Phoceens dari berbagai klub di liga berbeda. Salah satunya dari English Premier League (EPL).

Hal tersebut tidak mengejutkan karena EPL adalah salah satu kompetisi sepak bola terbaik di dunia. Banyak pemain berkualitas yang merumput di sana. Berikut enam pemain terakhir Marseille dari Premier League.

1. William Saliba

6 Pemain Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Aubameyang!potret William Saliba (twitter.com/OM_English)

Pertama, ada pemain berposisi bek tengah asal Prancis. Pemain yang dimaksud adalah William Saliba. Pemain muda berusia 22 tahun ini didatangkan dari Arsenal pada musim panas 2021. Olympique Marseille mendatangkan Saliba dengan status pinjaman selama semusim.

Saliba menjadi sosok penting di lini pertahanan Les Phoceens. Pada 2021/2022, sang pemain mampu mencatatkan 52 penampilan di semua ajang. Saliba kembali ke skuad Arsenal pada musim panas 2022 dan langsung menjadi pemain inti bagi The Gunners.

2. Sead Kolasinac

6 Pemain Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Aubameyang!potret Sead Kolasinac (twitter.com/OM_English)

Selanjutnya, ada pemain asal Bosnia Herzegovina bernama Sead Kolasinac. Pria berusia 30 tahun ini biasa bermain di posisi bek kiri. Kolasinac diperkenalkan sebagai pemain baru Olympique Marseille pada musim dingin 2022.

Marseille mendatangkan Kolasinac secara gratis setelah kontrak sang pemain bersama Arsenal telah habis. Selama berseragam Les Phoceens, Kolasinac berhasil membukukan 58 penampilan dengan mengemas 4 gol dan 2 assist. Kontrak Kolasinac bersama Olympique Marseille habis pada musim panas 2023. Dirinya memutuskan untuk hijrah ke Italia dengan bergabung bersama Atalanta.

3. Issa Kabore

6 Pemain Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Aubameyang!potret Issa Kabore (instagram.com/issa_kabore_29)

Issa Kabore merupakan bek kanan potensial yang dibeli Manchester City pada musim panas 2020. Untuk mendapatkan menit bermain, Kabore dipinjamkan The Citizens kepada beberapa klub. Salah satu klub yang diperkuat pemain asal Burkina Faso itu dalam masa peminjamannya adalah Olympique Marseille.

Kabore memperkuat Marseille pada 2022/2023. Pemain 22 tahun itu tampil dalam 29 pertandingan di semua kompetisi. Pada musim panas 2023, Kabore sendiri kembali dipinjamkan Manchester City ke klub lain. Sang pemain akan membela Luton Town pada 2023/2024.

Baca Juga: 8 Pemain Aktif Olympique Marseille yang Pernah Berkarier di EPL

4. Eric Baily

6 Pemain Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Aubameyang!potret Eric Bailly (instagram.com/ericbailly24)

Sama seperti Issa Kabore, Eric Bailly juga menjadi pemain pinjaman Olympique Marseille pada 2022/2023. Pemain asal Pantai Gading itu dipinjam dari Manchester United selama semusim. Sayangnya, performa Bailly bersama Marseille masih jauh dari harapan.

Marseille memutuskan untuk tidak memperpanjang Bailly pada musim panas 2023. Sang pemain juga dikabarkan tidak masuk dalam rencana Erik ten Hag di Manchester United. Bailly kemungkinan akan dijual Setan Merah pada bursa transfer musim panas 2023. Real Betis dikabarkan berminat untuk mendatangkan bek berusia 29 tahun tersebut.

5. Matteo Guendouzi

6 Pemain Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Aubameyang!potret Matteo Guendouzi (twitter.com/OM_English)

Matteo Guendouzi sudah memperkuat Olympique Marseille sejak musim panas 2021. Pemain berusia 24 tahun ini didatangkan dari Arsenal dengan status pinjaman. Guendouzi menjadi pemain penting bagi Marseille pada 2021/2022. Dirinya tampil dalam 56 laga dengan mengemas 5 gol dan 14 assist pada musim tersebut.

Berkat performa gemilang yang ditunjukkan sang pemain, Marseille memutuskan untuk memermanenkan Guendouzi pada musim panas 2022. Mereka harus mengeluarkan 11 juta euro atau Rp183 miliar untuk menebus Guendouzi dari Arsenal. Gelandang asal Prancis tersebut menandatangani kontrak berdurasi 3 musim, yang berlaku hingga 2025 mendatang.

6. Pierre-Emerick Aubameyang

6 Pemain Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Aubameyang!potret Pierre-Emerick Aubameyang (instagram.com/olympiquedemarseille)

Performa Pierre-Emerick Aubameyang makin menurun sejak bergabung dengan Chelsea pada 2022/2023. Ia hanya mampu membukukan 3 gol dan 1 assist dari 21 penampilan. Hal tersebut membuat sang pemain ingin hengkang dari Stamford Bridge pada musim panas 2023.

Chelsea akhirnya memutuskan untuk melepas Aubameyang secara gratis ke Olympique Marseille. Pemain Timnas Gabon itu menyepakati kontrak berdurasi 3 tahun bersama Les Phoceens. Marseille sendiri bukanlah klub Prancis pertama yang diperkuat Aubameyang. Penyerang 34 tahun tersebut pernah memperkuat beberapa klub Ligue 1, seperti Dijon, LOSC Lille, AS Monaco, dan AS Saint-Etienne.

Pengalaman bermain di Premier League menjadi modal berharga bagi para pemain di atas. Namun, dari daftar tersebut, hanya Matteo Guendouzi dan Pierre-Emerick Aubameyang yang akan memperkuat Olympique Marseille pada 2023/2024. Dengan pengalaman yang dimiliki, mereka diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi Olympique Marseille.

Baca Juga: 5 Pemain Baru Olympique Marseille pada 2023, Ada Aubameyang!

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya