5 Penjualan Termahal Ajax Amsterdam ke Klub Premier League

Ada nama Jurrien Timber sebagai pemain Ajax termahal

Ajax Amsterdam merupakan salah satu klub tersohor Belanda. Klub tersebut memiliki prestasi yang cukup mentereng di kancah domestik. Tak hanya itu, banyak pemain bintang yang sukses dihasilkan oleh klub berjuluk De Godenzonen ini.

Sejumlah pemain Ajax pun jadi bidikan klub-klub papan atas Eropa lain. Tak sedikit juga dari mereka yang merapat ke klub English Premier League (EPL) dengan biaya transfer mahal. Berikut lima nama yang pecahkan rekor transfer penjualan termahal Ajax ke klub Premier League.

1. Antony

5 Penjualan Termahal Ajax Amsterdam ke Klub Premier Leaguepotret Antony (english.ajax.nl)

Ajax Amsterdam mampu melihat potensi yang dimiliki oleh Antony. Pemain asal Brasil ini kemudian diboyong dari Sao Paulo pada musim panas 2020. Kala itu, pemain berposisi penyerang sayap ini masih berusia 20 tahun. Ia mampu beradaptasi dengan cepat terhadap gaya permainan Ajax.

Antony sudah dipercaya menjadi pemain utama sejak musim perdananya. Ia dikenal sebagai pemain yang lincah serta memiliki skill individu di atas rata-rata. Berkat penampilan apiknya, Antony diboyong Manchester United pada musim panas 2022. Sang pemain ditebus dengan biaya 95 juta euro atau Rp1,5 triliun. Bahkan, nilai transfer tersebut membuat ia menjadi pemain termahal yang pernah dijual Ajax ke klub Premier League.

2. Lisandro Martinez

5 Penjualan Termahal Ajax Amsterdam ke Klub Premier Leaguepotret Lisandro Martinez (english.ajax.nl)

Sebelum menjadi pemain bertahan andalan Manchester United, Lisandro Martinez sempat membela Ajax Amsterdam. Ia bergabung pada musim panas 2019 ke klub Belanda tersebut. Ia menghabiskan waktu selama 3 musim lamanya untuk memperkuat De Godenzonen.

Dalam periode tersebut, ia mencatatkan 120 penampilan dengan mencetak 6 gol dan 6 assist. Pemain asal Argentina itu kemudian melanjutkan karier dengan berkiprah di Premier League. Sang pemain ditebus Manchester United dengan mahar 57,37 juta euro atau Rp960 miliar pada musim panas 2022.

Baca Juga: 4 Pemain Binaan Akademi Ajax Amsterdam yang Pernah Membela Arsenal

3. Davinson Sanchez

5 Penjualan Termahal Ajax Amsterdam ke Klub Premier Leaguepotret Davinson Sanchez (ajax.nl)

Ajax Amsterdam merupakan klub Eropa pertama yang diperkuat Davinson Sanchez. Ia didatangkan dari klub Kolombia, Atletico Nacional, pada musim panas 2016. Tidak perlu waktu lama, pemain 27 tahun itu langsung menjadi pemain inti di skuad Ajax.

Sanchez hanya membela Ajax selama semusim. Dirinya mampu menorehkan 47 penampilan dengan mencetak 7 gol dan 3 assist. Pada musim panas 2017, pemain asal Kolombia itu diboyong Tottenham Hotspur dengan mahar 42 juta euro atau Rp703 miliar.

4. Jurrien Timber

5 Penjualan Termahal Ajax Amsterdam ke Klub Premier Leaguepotret Jurrien Timber (english.ajax.nl)

Jurrien Timber merupakan bek tengah jebolan akademi Ajax Amsterdam. Sang pemain berhasil promosi ke tim utama Ajax pada 2020. Timber mampu tampil konsisten bersama Ajax dengan mencatatkan 121 penampilan dengan mengemas 6 gol dan 4 assist.

Performa ciamik yang ditunjukkan Timber mampu menarik perhatian klub raksasa Eropa. Pada musim panas ini, pemain 22 tahun itu resmi meninggalkan Ajax untuk bergabung dengan Arsenal. Untuk mendatangkan Timber, The Gunners harus mengeluarkan 40 juta euro atau Rp669 miliar.

5.  Hakim Ziyech

5 Penjualan Termahal Ajax Amsterdam ke Klub Premier Leaguepotret Hakim Ziyech (ajax.nl)

Hakim Ziyech direkrut Ajax Amsterdam dari FC Twente pada Agustus 2016. Pemain berposisi penyerang sayap atau gelandang ini memiliki catatan impresif kala membela Ajax Amsterdam. Ia tampil dalam 165 pertandingan dengan mencetak 49 gol dan 81 assist

Performa apiknya tentu membuat ia dilirik oleh klub papan Eropa. Chelsea menjadi klub yang berhasil mendapatkan tanda tangan pemain Timnas Maroko tersebut. Ziyech bergabung dengan The Blues pada musim panas 2020. Nilai transfernya saat itu mencapai 40 juta euro atau Rp669 miliar.

Ajax Amsterdam kerap melahirkan talenta sepak bola kelas atas setiap musimnya. Pada musim panas 2023, mereka merelakan bek mudanya, Jurrien Timber, yang merapat ke Arsenal. Jika sedikit menilik sejarah, sepertinya bukan hal yang sulit bagi Ajax untuk menemukan pengganti Timber dalam waktu dekat.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Dikorbankan Arsenal demi Transfer Jurrien Timber

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya