5 Pemain Tertua yang Mencetak Assist di Premier League

Ada nama Ryan Giggs

English Premier League (EPL) selalu dinanti pencinta sepak bola. Sebab, mereka mampu menyuguhkan pertandingan dengan intensitas tinggi. Hal tersebut tidak lepas dari kualitas pemain yang berlaga di sana.

Beberapa pemain dengan usia yang sudah tidak muda lagi bahkan mampu memberikan kontribusi. Salah satu kontribusi itu salah satunya dengan mencetak assist.

Inilah lima pemain tertua yang mampu mencetak assist di Premier League.

1. Edwin van der Sar

5 Pemain Tertua yang Mencetak Assist di Premier Leaguepotret Edwin van der Sar (twitter.com/premierleague)

Edwin van der Sar merupakan kiper legendaris Manchester United. Pemain asal Belanda ini memperkuat Setan Merah pada 2005 hingga 2011. Manchester United menjadi klub terakhir yang diperkuat Van der Sar. 

Menariknya, kiper satu ini mampu mencatatkan assist dalam pertandingan menghadapi Aston Villa pada 2011. Saat itu, Van der Sar yang berusia 40 tahun 59 hari memberikan assist untuk gol Wayne Rooney. Catatan tersebut sekaligus membuat dirinya menjadi pencetak assist tertua dalam sejarah Premier League.

2. Teddy Sheringham

5 Pemain Tertua yang Mencetak Assist di Premier Leaguepotret Teddy Sheringham (twitter.com/premierleague)

Teddy Sheringham cukup lama berkarier di kasta tertinggi Liga Inggris. Pemain yang berposisi sebagai penyerang tengah ini sempat memperkuat beberapa klub, seperti Nottingham Forest, Tottenham Hotspur, Manchester United, dan West Ham United. 

Teddy Sheringham mencatatkan total 146 gol dan 59 assist di Premier League. Dirinya juga menjadi salah satu pencetak assist tertua dengan usia 39 tahun 357 hari.

Saat itu, Sheringham mencatatkan assist untuk gol Nigel Reo-Coker. Itu terjadi dalam pertandingan menghadapi Wigan Athletic pada pekan ke-31 EPL 2005/2006.

Baca Juga: 10 Rekor dan Statistik Hebat Ryan Giggs, Legenda Hidup MU!

3. Ryan Giggs

5 Pemain Tertua yang Mencetak Assist di Premier Leaguepotret Ryan Giggs (twitter.com/premierleague)

Ryan Giggs merupakan salah satu pesepak bola paling sukses dalam sejarah Premier League. Legenda Manchester United tersebut telah mengoleksi 13 gelar juara EPL sepanjang kariernya sebagai pemain sepak bola.

Ryan Giggs memutuskan untuk gantung sepatu pada 2014. Ia mencetak assist terakhirnya saat Setan Merah ditahan imbang West Bromwich Albion pada gelaran EPL 2012/2013. Giggs yang saat itu berusia 39 tahun 171 hari mampu memberikan umpan yang dikonversi menjadi gol oleh Javier Hernandez.

4. Jussi Jaaskelainen

5 Pemain Tertua yang Mencetak Assist di Premier Leaguepotret Jussi Jaaskelainen (twitter.com/premierleague)

Jussi Jaaskelainen menjadi pemain yang berkarier cukup lama bersama Bolton Wanderers. Kiper asal Finlandia ini menghabiskan 15 musim membela The Trotters sebelum memutuskan hengkang ke West Ham United. 

Meskipun berposisi sebagai kiper, Jussi Jaaskelainen mampu mencatatkan tiga assist di Premier League. Assist terakhirnya dicetak saat West Ham United dikalahkan Fulham dengan skor 1-2 pada gelaran Premier League 2013/2014. Menariknya, catatan tersebut ia torehkan saat menginjak usia 38 tahun 257 hari.

5. Stuart Pearce

5 Pemain Tertua yang Mencetak Assist di Premier Leaguepotret Stuart Pearce (twitter.com/ManCity)

Saat masih aktif bermain, Stuart Pearce dikenal dengan julukan Psycho karena gaya bermainnya yang cukup keras. Pearce pernah bermain untuk beberapa klub, seperti Nottingham Forest, West Ham United, dan Manchester City. 

Manchester City menjadi klub terakhir yang diperkuat Stuart Pearce sebelum memutuskan untuk pensiun pada 2002. Pemain bertahan satu ini mampu tampil konsisten hingga masa akhirnya sebagai pesepak bola. 

Bahkan, saat usianya telah menginjak 38 tahun 252 hari, Stuart Pearce mencatatkan assist bagi The Citizen di Premier League 2000/2001. Sepanjang kariernya sebagai pesepak bola, ia telah tampil dalam 202 pertandingan EPL dengan menorehkan 20 gol dan 5 assist.

Pemain tertua yang mencetak assist di EPL di atas membuktikan kualitasnya meski sudah tidak lagi muda. Dari daftar tersebut, siapa yang jadi pemain favorit kalian?

Baca Juga: 5 Pemain Wales yang Pernah Juara Premier League, Bukan Hanya Giggs

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya