5 Penjualan Termahal AZ Alkmaar Sepanjang Masa

Tijjani Reijnders termasuk salah satunya

Pencinta sepak bola Liga Belanda pastinya sudah tak asing lagi dengan klub AZ Alkmaar. Klub yang didirikan pada 1967 itu merupakan salah satu klub yang kerap bertengger di papan atas klasemen Eredivisie. Klub berjuluk Cheeseheads itu juga telah meraih dua gelar juara Eredivisie pada 1980/1981 dan 2008/2009.

Tak hanya itu, AZ Alkmaar juga cukup sering mengorbitkan banyak pemain muda yang kemudian dijual ke klub-klub papan atas Eropa. Sejauh ini, terdapat beberapa eks pemain AZ Alkmaar dengan harga jual termahal. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya. 

1. Vincent Janssen

5 Penjualan Termahal AZ Alkmaar Sepanjang Masapotret Vincent Janssen (tottenhamhotspur.com)

Meski hanya memperkuat AZ Alkmaar selama semusim, Vincent Janssen mampu menampilkan performa yang sangat impresif. Ia mampu mencatatkan 32 gol dari 49 penampilan di semua kompetisi pada 2015/2016. Pada musim tersebut Janssen juga sukses menyabet gelar top skor Eredivisie dengan torehan 27 gol.

Pada bursa transfer musim panas 2016, Janssen ditebus Tottenham Hotspur dengan biaya 22 juta euro atau setara Rp366 miliar. Sayangnya, kiprah sang pemain bersama The Lilywhites tidak bertahan lama. Janssen hanya bermain dalam 42 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak 6 gol dan 4 assist. Pemain yang kini berusia 29 tahun itu sempat dipinjamkan ke Fenerbahce sebelum dilepas secara permanen ke Monterrey pada musim panas 2019.

Baca Juga: 5 Fakta Tijjani Reijnders, Gelandang Anyar AC Milan Berdarah Indonesia

2. Alireza Jahanbakhsh

5 Penjualan Termahal AZ Alkmaar Sepanjang Masapotret Alireza Jahanbakhsh (brightonandhovealbion.com)

Alireza Jahanbakhsh merupakan pemain Iran yang berkarier di Eredivisie sejak 2013. Pada musim panas 2015, dirinya bergabung dengan AZ Alkmaar. Sang pemain mampu tampil gemilang dengan menjadi top skor Eredivisie 2017/2018 dengan raihan 21 gol. Catatan tersebut menjadikannya sebagai pemain Iran pertama yang mampu meraih gelar top skor di liga top Eropa.

Penampilan gemilang Alireza bersama AZ Alkmaar membuat Brighton & Hove Albion tertarik untuk merekrutnya. Sekitar 19 juta euro atau Rp316 miliar dikeluarkan Brighton demi mendapatkan tanda tangan sang pemain. Akan tetapi, penyerang yang kini berusia 29 tahun itu gagal bersinar bersama Brighton. Ia hanya membukukan 4 gol dan 2 assist dari 61 penampilan di semua kompetisi bersama Brighton. 

3.  Tijjani Reijnders

5 Penjualan Termahal AZ Alkmaar Sepanjang Masapotret Tijjani Reijnders (acmilan.com)

AC Milan mendatangkan cukup banyak pemain baru pada bursa transfer musim panas 2023. Salah satu pemain yang berhasil direkrut Rossoneri adalah Tijjani Reijnders. Pemain berdarah Indonesia itu dibeli seharga 19 juta euro atau Rp316 miliar dari AZ Alkmaar. 

Reijnders diharapkan dapat menambah kekuatan di lini tengah AC Milan. Selain beroperasi di gelandang tengah, pemain berusia 24 tahun itu juga dapat dimainkan sebagai gelandang serang. Reijnders disodori kontrak berdurasi 5 tahun hingga 2028 oleh manajemen AC Milan.

4.  Guus Til

5 Penjualan Termahal AZ Alkmaar Sepanjang Masapotret Guus Til (spartak.com)

Guus Til merupakan jebolan akademi AZ Alkmaar. Til berhasil promosi ke tim utama AZ Alkmaar pada musim panas 2016. Di tim utama, sang pemain tampil ciamik dengan menorehkan 28 gol dan 12 assist dari 96 penampilan di semua kompetisi.

Gelandang serang asal Belanda itu ditebus Spartak Moscow pada musim panas 2019. Nilai transfernya saat itu mencapai 18 juta euro atau Rp299 miliar. Sayangnya, Guus Til tidak mampu menunjukkan performa terbaiknya bersama Spartak Moscow. Ia sempat dipinjamkan ke Feyenoord sebelum dilepas secara permanen ke PSV Eindhoven pada musim panas 2022.

5. Milos Kerkez

5 Penjualan Termahal AZ Alkmaar Sepanjang Masapotret Milos Kerkez (afcb.co.uk)

Pada musim panas 2023, AFC Bournemouth berhasil mendaratkan Milos Kerkez dari AZ Alkmaar. Milos Kerkez merupakan bek kiri yang dikenal memiliki kecepatan. Selain itu, pemain asal Hungaria ini juga mempunyai kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya.

Selama 1,5 musim membela AZ Alkmaar, Milos Kerkez tampil dalam 57 pertandingan dengan mencatatkan 5 gol dan 8 assist. Performa apiknya tersebut membuat Bournemouth rela mengeluarkan 17,87 juta euro atau Rp297 miliar untuk merekrut sang pemain. Dengan usia yang baru menginjak 19 tahun, Milos Kerkez menjadi aset berharga bagi Bournemouth.

AZ Alkmaar mendapatkan keuntungan cukup besar dari penjualan pemain-pemain di atas. Dari daftar tersebut, Tijjani Reijnders dan Milos Kerkez menjadi pemain yang baru dilepas AZ Alkmaar pada musim panas 2023 ini. Performa kedua pemain tersebut bersama klub barunya tentu dinantikan para penikmat sepak bola.

Baca Juga: 5 Produk Akademi AZ Alkmaar yang Pernah Berlaga di Bundesliga

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya