Comscore Tracker

5 Rekor Penjualan Termahal West Ham United Sepanjang Sejarah

Ada nama Rio Ferdinand

West Ham United salah satu peserta English Premier League (EPL) dari London. Mereka termasuk tim bersejarah yang telah memenangi berbagai gelar, termasuk juara Liga Europa 1965. Saat itu, West Ham berhasil mengalahkan 1860 Munich di final.

Meskipun kini lama tidak merasakan gelar juara, kehadiran The Hammers tetap menjadi ancaman bagi peserta kasta tertinggi Liga Inggris lainnya. West Ham juga dikenal sering menghasilkan pemain berkualitas yang menjadi incaran tim-tim besar. Bahkan, beberapa pemain mereka bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Berikut rekor penjualan termahal West Ham United sepanjang sejarah.

1. Dimitri Payet  

5 Rekor Penjualan Termahal West Ham United Sepanjang Sejarahpotret Dimitri Payet (twitter.com/WestHam)

Dimitri Payet merupakan salah satu pemain yang mampu bersinar bersama West Ham United. Ia didatangkan dari Olympique Marseille pada bursa transfer musim panas 2015 dengan harga 15 juta euro atau setara 223 miliar rupiah. 

Payet menjadi pemain yang tak tergantikan bagi West Ham di posisi gelandang serang.  Ia memiliki kemampuan olah bola dan visi bermain yang sangat baik.

Selain itu, dirinya juga sangat lihai dalam mengeksekusi bola mati. Selama berseragam West Ham, Dimitri Payet mampu mencetak 15 gol dan 23 assist dari 60 pertandingan di semua kompetisi.

Pada 2017, Payet memutuskan kembali ke klub lamanya, Marseille. Kepindahannya ke sana menjadi rekor penjualan termahal West Ham United dengan nilai transfer mencapai 29,3 juta euro atau setara 437 miliar rupiah.

2. Carlos Tevez

5 Rekor Penjualan Termahal West Ham United Sepanjang Sejarahpotret Carlos Tevez (twitter.com/WestHam)

Nama Carlos Tevez cukup bersinar ketika membela Manchester City. Namun, Manchester City bukanlah tim Inggris pertama yang diperkuat pemain Argentina ini.

Tevez mengawali kiprahnya di Premier League bersama West Ham setelah membela Corinthians di Liga Brasil. Bersama The Hammers, ia hanya mencatatkan 29 penampilan dengan torehan 7 gol dan 4 assist.

Setelah dipinjamkan ke Manchester United selama 1,5 musim, Carlos Tevez direkrut Manchester City pada bursa transfer musim panas 2009. Biaya transfer yang dikeluarkan Manchester City untuk mendatangkannya mencapai 29 juta euro atau sekitar 432 miliar rupiah.

Tevez menjadi salah satu pemain kunci bagi Manchester City. Mereka mampu meraih gelar juara Premier League 2011/2012 bersamanya.

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Dibobol Carlos Tevez dalam Kariernya

3. Rio Ferdinand

5 Rekor Penjualan Termahal West Ham United Sepanjang Sejarahpotret Rio Ferdinand (twitter.com/WestHam)

Sosok Rio Ferdinand sangat identik dengan Manchester United. Dirinya menghabiskan 12 musim bersama skuad The Red Devils. Namun, Rio Ferdinand justru mengawali karier sepak bolanya bersama West Ham United.

Ia merupakan jebolan dari akademi sepakbola West Ham. Ferdinand mencatatkan debutnya di tim senior The Hammers saat berusia 18 tahun.

Pada 2000/2001, Rio Ferdinand berlabuh ke Leeds United dengan biaya transfer sebesar 26 juta euro atau setara 387 miliar rupiah. Setelah 2 musim berseragam Leeds, ia memutuskan hengkang ke Manchester United.

Bersama The Red Devils, dirinya berhasil meraih berbagai gelar bergengsi. Namun, Ferdinand tidak pensiun di sana. Ia baru gantung sepatu pada 2015 dengan Queens Park Rangers yang menjadi tim terakhirnya.

4. Marko Arnautovic  

5 Rekor Penjualan Termahal West Ham United Sepanjang Sejarahpotret Marko Arnautovic (twitter.com/WestHam)

Nama Marko Arnautovic sempat menjadi perbincangan beberapa waktu lalu karena sempat diincar Manchester United yang sedang membutuhkan seoarang penyerang. Liga Inggris bukanlah kompetisi yang asing bagi Marko Arnautovic. Pemain Timnas Austria ini pernah memperkuat Stoke City dan West Ham United. 

Stoke City mendatangkan Arnautovic dari Werder Bremen pada 2013. Selama 4 musim berseragam Stoke City, ia mampu mencatatkan 26 gol dan 32 assist dari 145 pertandingan.

Penampilan Arnautovic bersama Stoke City menarik minat West Ham United. The Hammers mengontraknya dengan biaya transfer 22,3 juta euro atau sekitar 332 miliar rupiah.

Selama membela West Ham, Arnautovic berkontribusi dengan mencetak 22 gol dan 12 assist dari 65 pertandingan di semua kompetisi. Pada 2019, ia hijrah ke Liga China untuk memperkuat Shanghai SIPG. West Ham menerima 25 juta euro atau setara 372 miliar rupiah dari kepindahan sang pemain.

5. Andre Ayew  

5 Rekor Penjualan Termahal West Ham United Sepanjang Sejarahpotret Andre Ayew (twitter.com/premierleague)

Andre Ayew merupakan pesepak bola asal Ghana yang berposisi sebagai penyerang tengah. Ia anak dari Abedi Ayew yang merupakan legenda Timnas Ghana.

Nama Andre Ayew cukup bersinar saat memperkuat Olympique Marseille di Liga Prancis. Dirinya mampu mencetak 60 gol dan 25 assist dari 209 pertandingan di semua kompetisi. Setelah cukup lama bermain di Prancis, Andrew Ayew hijrah ke Liga Inggris pada 2015.

Ia didatangkan Swansea City dari Marseille dengan status bebas transfer. Setelah semusim berseragam Swansea City, Andrew Ayew berlabuh ke West Ham United.

Bersama The Hammers, Andre Ayew mencatatkan 50 penampilan dengan torehan 12 gol dan 5 assist. Pada 2018, dirinya kembali memperkuat Swansea City. Mereka harus mengeluarkan 22,8 juta euro atau setara 340 miliar rupiah untuk mengembalikan Andre Ayew.

Menarik menantikan pemain selanjutnya yang berpotensi memecahkan rekor penjualan West Ham United. Kira-kira siapa saja yang akan tergeser?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Manchester United dan West Ham

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya