Comscore Tracker

5 Rekrutan Termurah Manchester United setelah Era Sir Alex Ferguson

Ada bintang Bayern Munich

Tidak bisa dimungkiri jika Sir Alex Ferguson merupakan manajer tersukses yang pernah menangani Manchester United. Ia mampu mempersembahkan tiga belas titel English Premier League (EPL) bersama The Red Devils.

Sir Alex Ferguson resmi meninggalkan Manchester United pada 2012/2013 setelah 27 tahun menjadi nakhoda klub. Selepas kepergiannya, The Red Devils belum mampu tampil konsisten.

Beberapa pelatih sebenarnya telah didatangkan untuk menggantikan posisi Sir Alex Ferguson. Pelatih-pelatih ini beberapa kali mendatangkan pemain untuk memperkuat klub. Namun, belum berhasil seperti Sir Alex Ferguson.

Selain mendatangkan pemain top dengan harga tinggi, Manchester United pernah mendatangkan pemain dengan harga murah. Berikut lima rekrutan termurah Manchester United setelah era Sir Alex Ferguson.

1. Lee Grant

5 Rekrutan Termurah Manchester United setelah Era Sir Alex Fergusonpotret Lee Grant (twitter.com/ManUtd)

Lee Grant merupakan pemain yang didatangkan Manchester United dari Stoke City pada 2018/2019. Saat berseragam Stoke City, ia pernah menjadi Man of the Match ketika menghadapi Manchester United di Old Trafford pada 2016/2017. Hal tersebutlah yang menjadi alasan kuat Jose Mourinho merekrutnya saat itu.

Manchester United mengeluarkan 1,5 juta pound sterling atau setara 27 miliar rupiah untuk menawar Grant. Namun, bersama Manchester United, Lee Grant hanya menjadi kiper ketiga.

Dirinya sempat mencatatkan dua penampilan bersama The Red Devils. Laga Manchester United menghadapi Astana di Liga Europa menjadi pertandingan terakhirnya. Saat itu, Manchester United harus mengakui keunggulan Astana dengan skor 1-2.

2. Guillermo Varela

5 Rekrutan Termurah Manchester United setelah Era Sir Alex Fergusonpotret Guillermo Varela (twitter.com/ManUtd)

Guillermo Varela merupakan salah satu rekrutan pertama usai kepergian Sir Alex Ferguson dari Old Trafford. Varela didatangkan dari Penarol dengan harga 2,3 juta pound sterlig atau setara dengan 42 miliar rupiah.

Ia menghabiskan musim pertamanya di tim cadangan serta dipinjamkan ke Real Madrid B untuk musim berikutnya. Meski begitu, Varela yang berposisi sebagai bek kanan juga sempat mencatatkan sebelas penampilan bersama Manchester United era Louis van Gaal.

Pemain Uruguay tersebut tidak mampu menujukan performa terbaiknya. Pada 2017, ia pun dijual Manchester United ke klub asalnya, Penarol.

Baca Juga: Ten Hag Tiru Aturan Ketat Sir Alex Ferguson di MU

3. Bastian Schweinsteiger

5 Rekrutan Termurah Manchester United setelah Era Sir Alex Fergusonpotret Bastian Schweinsteiger (twitter.com/ManUtd)

Bastian Schweinsteiger merupakan pemain dengan segudang prestasi sebelum membela Manchester United. Ia telah meraih berbagai gelar, seperti jaura Bundesliga, Liga Champions Eropa, dan Piala Dunia.

Mantan pemain Bayern Munich ini diharapkan mampu menunjukkan performa terbaiknya bersama Manchester United. Apalagi The Red Devils mengeluarkan 6,5 juta pound sterling atau setara 117 miliar rupiah untuk mendatangkan Bastian Schweinsteiger.

Sayangnya, Schweinsteiger kurang mendapatkan menit bermain. Ia hanya bermain dalam 22 pertandingan karena cedera. Schweinsteiger kemudian memutuskan hengkang ke Major League Soccer (MLS) untuk membela Chicago Fire dengan status bebas transfer pada Maret 2017.

4. Facundo Pellistri

5 Rekrutan Termurah Manchester United setelah Era Sir Alex Fergusonpotret Facundo Pellistri (twitter.com/ManUtd)

Facundo Pellistri merupakan pemain yang didatangkan Mancester United dari Penarol pada bursa transfer musim panas 2020 dengan harga 9 juta pound sterling atau setara 163 miliar rupiah. Pemain Uruguay itu awalnya bermain untuk Manchester United U-23 sebelum menghabiskan 18 bulan dengan status pinjaman di klub Spanyol, Deportivo Alaves.

Meskipun belum mencatatkan penampilan bersama tim utama Manchester United di laga resmi, Facundo Pellistri diberi kesempatan untuk bermain dalam laga pramusim. Ia berhasil mencatatkan namanya di papan skor saat Manchester United mengalahkan Liverpool.

Kontrak Facundo Pellistri bersama Manchester United sendiri akan berakhir pada 2025 mendatang. Ia masih punya waktu 3 tahun untuk berkembang di Old Trafford.

5. Matteo Darmian

5 Rekrutan Termurah Manchester United setelah Era Sir Alex Fergusonpotret Matteo Darmian (twitter.com/ManUtd)

Matteo Darmian pernah digadang-gadang sebagai salah satu bek sayap paling menjanjikan. Ia juga masuk ke dalam Tim Terbaik Serie A pada 2013/2014 serta 2014/2015.

Hal tersebutlah yang menjadikan Manchester United tertarik untuk merekrutnya pada 2015/2016. Saat itu, The Red Devils mengeluarkan 12,7 juta pound sterling atau setara 230 miliar rupiah.

Matteo Darmian mampu tampil apik pada masa awal kedatangannya di Old Trafford. Pemain Italia ini mampu meraih penghargaan Player of the Month pada Agustus 2015.

Darmian mulai tersingkirkan saat Jose Mourinho melatih Manchester United. Ia hanya mencatatkan 32 penampilan di Premier League dalam 3 musim terakhir bersama Manchester United. Ia kemudian kembali ke Italia untuk memperkuat Parma pada 2019.

Untuk mendatangkan pemain dengan harga murah, diperlukan kejelian agar mendapatkan pemain yang berkualitas. Dari daftar di atas, siapa yang menjadi pemain favorit kalian?

Baca Juga: 5 Musim Terburuk Manchester United sejak Ditinggal Sir Alex Ferguson

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya