5 Fakta menarik Old Trafford, Kandang MU yang Pernah Dibom Nazi

Siapa fans setan merah?

Stadion merupakan salah satu fasilitas yang wajib dimiliki oleh sebuah klub sepak bola. Selain sebagai tempat untuk melaksanakan sebuah pertandingan, stadion juga dapat digunakan sebagai sumber pendapatan klub dengan adanya tiket pertandingan. Salah satu klub dengan pendapatan dari stadion tertinggi adalah Manchester United yang memiliki banyak penggemar dari seluruh penjuru dunia.

Selain pendapatannya yang cukup tinggi, Stadion Old Trafford juga menyimpan fakta unik yang waib kalian ketahui. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut

1. Memiliki fasilitas penunjang yang lengkap

5 Fakta menarik Old Trafford, Kandang MU yang Pernah Dibom NaziOld Trafford (dailystar.co.uk)

Sebagai salah satu stadion klub terbesar di dunia, Old Trafford memiliki fasilitas penunjang yang cukup memadai. Stadion yang resmi dibuka tahun 1910 ini menyediakan tempat duduk bagi para penonton yang memiliki keterbatasan fisik. Dengan begitu, para penggemar yang memiliki keterbatasan dapat menikmati pertandingan dengan baik.

Selain itu, Old Traford juga menyediakan fasilitas lain, seperti kafe, museum, dan tempat berbelanja. Pihak stadion juga menyediakan tour guide untuk berkeliling Old Trafford bagi para penggemar The Red Devils.

2. Terdapat terowongan Munich Tunnel

5 Fakta menarik Old Trafford, Kandang MU yang Pernah Dibom NaziMunich Tunnel (mapio.net)

Manchester United sempat mengalami sebuah tragedi saat pesawat yang ditunggangi skuad setan merah mengalami kecelakaan di Munich, Jerman. Kejadian tersebut dikenal dengan “Munich Air Disaster” yang menewaskan 8 pemain Manchester United.

Untuk mengenang para korban, Manchester United membuat sebuah terowongan yang diberi nama Munich Tunnel. Terowongan yang berada di tribun selatan tersebut resmi dibuka tahun 2008 atau tepat setelah 50 tahun tragedi Munich. Di dalam Munich Tunnel terdapat tulisan yang bercerita tentang perjalanan Manchester United hingga terjadinya tragedi Munich.

Baca Juga: Berakhir Nahas, 8 Tragedi Mengenaskan di Balik Layar Film Hollywood

3. Terdapat patung The United Trinity

5 Fakta menarik Old Trafford, Kandang MU yang Pernah Dibom NaziThe United Trinity (bleacherreport.com)

Jika berkunjung ke Old Trafford, pasti kalian akan melihat patung ikonik "The United Trinity". Patung tersebut merupakan bentuk penghargaan bagi pemain Manchester United yang berjasa bagi tim pada tahun 1960-an. Ketiga pemain itu ialah George Best, Denis Law, dan Sir Bobby Charlton.

Patung "The United Trinity" diresmikan pada tahun 2008 yang dihadiri dua dari tiga legenda MU yang masih hidup, yaitu Denis Law dan George Best. Patung tersebut dibuat oleh seniman terkenal yang bernama Philip Jackson dan diletakkan di depan patung pelatih legendaris MU, Matt Busby.

4. Alasan disebut Theatre of Dreams

5 Fakta menarik Old Trafford, Kandang MU yang Pernah Dibom NaziOld Trafford (dailymail.co.uk)

Stadion Old Trafford sering disebut juga dengan Theatre of Dreams oleh para penggemarnya. Istilah Theatre of Dreams bermula dari Sir Bobby Chalton yang mengungkapkan “This is Manchester United Football Club, This is Theatre of Dreams,” dalam buku Soccer karya John Riley tahun 1987.

Sejak saat itu, julukan Theatre of Dreams sangat melekat pada stadion Old Trafford. Stadion klub terbesar di Inggris ini menjadi saksi terwujudnya mimpi-mimpi para pemain dan penggemar Manchester United.

5. Pernah menjadi sasaran Nazi

5 Fakta menarik Old Trafford, Kandang MU yang Pernah Dibom NaziOld Trafford setelah serangan Jerman (dailymail.co.uk)

Old Trafford pernah mengalami kerusakan parah akibat pengeboman yang dilakukan oleh tentara Nazi saat Perang Dunia II. Old Trafford dibom sebanyak dua kali, yakni pada 22 Desember 1940 dan 11 Maret 1941. Pengeboman tersebut mengakibatkan kerusakan yang cukup parah, mulai dari lapangan hingga tribun penonton.

Akibat dari kerusakan tersebut, Manchester United harus menggunakan Stadion Maine Road milik Manchester City saat bertanding di laga kandang. Old Trafford baru kembali dibuka pada tahun 1949 saat laga Manchester United menjamu Bolton Wanderers.

 

Itulah 5 fakta menarik tentang Old Trafford yang menyimpan berbagai cerita unik bagi para pendukung Setan Merah. Di balik kemegahannya, Old Trafford ternyata memiliki sejarah yang begitu panjang sebelum seperti sekarang. Siapa yang mau ke Old Trafford?

Baca Juga: 5 Klub EPL Paling Sering Kalahkan Manchester United di Old Trafford 

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Law student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya