3 Aktor Utama Kemenangan 5-0 Inggris atas Andorra

Inggris kian kokoh di puncak klasemen grup I

Jakarta, IDN Times - Inggris melakoni laga ketujuh babak kualifikasi Piala Dunia Zona UEFA Grup I saat menyambangi Estadi Nacional, kandang timnas Andorra, Minggu (10/10/2021) dini hari WIB. The Three Lions menang mudah dengan skor 5-0 atas Andorra.

Kelima gol Inggris dicetak oleh Ben Chilwell, Bukayo Saka, Tammy Abraham, James Ward-Prowse, dan Jack Grealish. Kemenangan kali ini memperkokoh posisi Inggris di puncak klasemen grup I dengan raihan 19 poin.

Meski hampir seluruh pemain Inggris tampil impresif, ada tiga nama yang tampil paling menonjol. Siapa saja mereka?

1. Phil Foden

3 Aktor Utama Kemenangan 5-0 Inggris atas AndorraPhil Foden. (skysports.com)

Phil Foden, pemain berusia 21 tahun asal Manchester City, menjadi dirigen lini tengah the Three Lions. Ia menjadi momok yang menakutkan bagi pertahanan Andorra.

Foden berkali-kali melepaskan umpan diagonal dari sisi kanan kepada pemain di sisi kiri, seperti Jadon Sancho dan Ben Chilwell. Berkat umpannya, Chilwell berhasil mencetak gol pertama Inggris ke gawang Andorra.

Gol kedua pun merupakan kreasinya lewat sontekan akurat dari kaki kirinya. Umpan silangnya berhasil diteruskan Bukayo Saka yang lolos dari jebakan offside dan menceploskan bola ke gawang yang dijaga Josep Gomes.

Baca Juga: Laga Tak Mudah Juara Piala Eropa di Kualifikasi Piala Dunia 2022

2. Jadon Sancho

Jadon Sancho sejauh ini belum unjuk gigi saat bersama klub barunya, Manchester United. Tapi bersama Timnas Inggris, pemain berusia 21 tahu ini berhasil menunjukkan kemampuannya di sayap kiri.

Sancho berkali-kali berhasil membuka ruang dan menusuk ke jantung pertahanan Andorra. Ia berhasil mempersembahkan gol pertama untuk Inggris.

Tak cukup di situ, berkat umpan Sancho, Tammy Abraham yang menunggu di dalam kotak penalti berhasil mencetak gol ke gawang Andorra.

3. Ben Chilwell

3 Aktor Utama Kemenangan 5-0 Inggris atas AndorraBen Chilwell bersama Conor Coady, James Ward-Prowse, dan Jesse Lingard. (skysports.com)

Ben Chilwell belakangan jarang bermain bersama Chelsea. Dari tujuh laga, pemain lulusan akademi Leicester City itu baru memainkan satu pertandingan.

Meski begitu, pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate tetap memberikan bek kiri tersebut kepercayaan untuk tampil. Kepercayaan itu pun dibayar lunas dan tuntas.

Chilwell sukses menjaga sektor kiri dari pemain Andorra yang beberapa kali mencoba melancarkan serangan. Mengutip situs FotMob, ia sukses memenangkan tujuh duel, dua kali upaya tekel sukses hingga satu kali sapuan.

Selain kerja kerasnya dalam bertahan, Chilwell beberapa kali muncul di pertahanan lawan untuk membantu serangan. Ia bahkan berhasil kembali mencetak gol untuk Inggris di ajang resmi internasional, setelah pertama kali debut pada 2018.

Baca Juga: Messi Inggris yang Meredup Setelah Gabung ManCity

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya