Bintang Terlupakan Malah Cetak Rekor Usai Dibuang MU

Leeds resmi dapatkan Daniel James dari MU

Jakarta, IDN Times - Daniel James malah mencetak rekor usai dibuang Manchester United ke Leeds United. Setelah gabung secara permanen, James langsung menjadi rekrutan termahal Leeds United.

The Sun melansir, James menjadi rekrutan muda termahal Leeds. James dibeli secara permanen oleh MU dengan mahar sebesar 30 juta poundsterling atau setara Rp589 miliar.

Sebuah plot twist menarik lainnya. Sebab, awalnya James cuma mau dipinjam oleh Leeds dari MU. Tapi, Setan Merah minta kompensasi 20 juta poundsterling. Karena tak mau rugi, Leeds akhirnya mempermanenkan James.

1. Sempat nyaris gabung Leeds

Bintang Terlupakan Malah Cetak Rekor Usai Dibuang MUDaniel James sempat nyaris gabung Leeds pada Januari 2019. (manchestereveningnews.co.uk)

Sebelum gabung MU, James sejatinya hampir saja mendarat di Elland Road. Itu terjadi pada Januari 2019 lalu.

Padahal, kala itu James sudah berpose dengan seragam Leeds nomor 21. Tapi, kesepakatan tiba-tiba batal di menit akhir.

James gagal merapat, hingga akhirnya pindah ke MU pada Juni 2019. Kala itu, MU mendatangkan James dari Swansea City dengan mahar sebesar 18 juta poundsterling.

Baca Juga: Daniel James Jadi Korban Kepulangan Cristiano Ronaldo ke MU

2. Kalah saing

Bintang Terlupakan Malah Cetak Rekor Usai Dibuang MUDaniel James. (walesonline.co.uk)

Kedatangan Cristiano Ronaldo memang berdampak pada posisi James. Dia makin tak dapat tempat di MU karena lini serang sudah penuh sesak.

James punya peluang kecil main secara reguler. Sebab, di sisi kiri sudah ada Jadon Sancho dan Ronaldo.

Belum lagi, jika Marcus Rashford pulih, James sudah pasti cuma jadi cadangan. Apalagi, belakangan permainannya stagnan. Manajer Ole Gunnar Solskjaer pun memutuskan lebih baik menjual James di musim panas ini.

3. Besar pasak daripada tiang

Bintang Terlupakan Malah Cetak Rekor Usai Dibuang MUWinger anyar Manchester United, Jadon Sancho (kanan) / Instagram @manchesterunited

MU sejauh ini masih menjadi salah satu klub terboros yang beraktivitas di bursa transfer. Mereka baru melakukan penjualan besar atas James saja.

Sisanya, MU lebih banyak keluar duit. Tercatat, MU mencatatkan pengeluaran sebesar 125 juta euro (sekitar Rp2,1 triliun). Kedatangan Jadon Sancho dan Raphael Varane menguras kantong Setan Merah.

Sancho didatangkan dari Borussia Dortmund dengan mahar mencapai 85 juta euro, sedangkan Varane didatangkan dari Real Madrid dengan harga 40 juta euro. MU juga sudah mengeluarkan duit lagi, karena mendatangkan Cristiano Ronaldo seharga 19 juta euro. Dengan kondisi ini, neraca keuangan MU masih minus di bursa transfer.

Baca Juga: Pogba Uring-uringan Perkara Rekor, Cuma Mau Trofi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya