Comscore Tracker

Dua Pemain Ini Dinilai Jadi Penyebab Performa Buruk Chelsea 

Hanya menang 3 kali dari 10 laga

Jakarta, IDN Times - Dua pemain berposisi sebagai bek sayap, Ben Chilwell dan Reece James, dianggap sebagai penyebab dari rentetan hasil negatif yang diraih Chelsea. The Blues kini hanya meraih tiga kemenangan dari 10 laga Premier League dengan sisanya imbang lima kali dan kalah dua kali.

Ben Chilwell dipastikan absen hingga akhir musim ini setelah menjalani operasi pada cedera ligamen lututnya. Sedangkan Reece James terpaksa menepi hingga waktu setidaknya akhir Januari 2022. Keduanya pun dianggap sebagai alasan dari catatan tersebut.

1. Kehilangan Chilwell dan James

Dua Pemain Ini Dinilai Jadi Penyebab Performa Buruk Chelsea Potret Ben Chilwell dan Reece James. (instagram.com/chelseafc)

Pendapat itu diungkapkan oleh eks Aston Villa, Gabriel Agbonlahor. Meski sang manajer, Thomas Tuchel, telah mengkritisi para pemain di lini serang, tetapi Agbonlahor menganggap Chilwell dan James adalah penyebab terbesar dari hilangnya keganasan Chelsea pada beberapa pekan terakhir.

“Chelsea sangat kehilangan Chilwell dan James. Mereka punya pemain berkualitas sebagai pelapis seperti Cesar Azpilicueta dan Marcos Alonso. Namun, bagi saya mereka tidak sebagus Chilwell dan James. Sudah berapa banyak gol yang Romelu Lukaku ciptakan hasil dari assist Chilwell serta James? Bahkan, mereka juga lebih bagus dalam bertahan dibanding Azpilicueta dan Alonso,” ungkap Agbonlahor mengutip Daily Express.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal dalam Sejarah Chelsea dan Kabar Mereka Kini!

2. Kalah kontributif

Dua Pemain Ini Dinilai Jadi Penyebab Performa Buruk Chelsea Cesar Azpilicueta. (chelseafc.com)

Reece James mengalami cedera pada pertandingan Boxing Day melawan Aston Villa yang dimenangkan The Blues 3-1. Setelahnya, mereka gagal mendapatkan satu pun kemenangan di liga. Mereka imbang menghadapi Brighton dan Liverpool, kalah dari Manchester City, dan terakhir kembali imbang dari The Seagulls.

Chilwell dan James terbukti banyak berkontribusi terhadap sisi ofensif Chelsea. Dari enam pertandingan Premier League, Chilwell mencatatkan tiga gol dan satu assist. James lebih produktif lagi. Bek 22 tahun itu menorehkan empat gol dan lima assist dari 16 pertandingan. Berbanding terbalik dengan Azpilicueta dan Alonso yang jika dikombinasikan hanya berjumlah satu gol dan empat assist.

3. Perlu lebih kreatif

Dua Pemain Ini Dinilai Jadi Penyebab Performa Buruk Chelsea Potret Marcos Alonso. (caughtoffside.com)

Pada pertandingan terakhir kontra Brighton, The Blues kembali gagal meraih tiga poin setelah hanya bermain imbang 1-1. Agbonlahor juga menyorot laga tersebut dengan menyatakan para pemain di sekitar Lukaku harus lebih kreatif dalam mengkreasikan peluang untuk sang striker Belgia. Ia bahkan membandingkan beberapa pemain Chelsea dengan duo Manchester City, Raheem Sterling dan Riyad Mahrez.

“Saya sebenarnya kasihan dengan Lukaku. Satu-satunya cara ia menciptakan gol adalah dengan berusaha sendiri melewati para pemain bertahan dan melepas tendangan ke gawang lawan. Menurut saya, para pemain lain seperti Hakim Ziyech dan Callum Hudson-Odoi tidak cukup memberikan Lukaku servis yang baik. Mereka dan juga Christian Pulisic harus melihat apa yang dilakukan Raheem Sterling dan Riyad Mahrez di Manchester City. Itu yang membuat mereka juara musim lalu,” ucap Agbonlahor.

Chelsea kini berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan raihan 44 poin. Di atasnya ada Liverpool di posisi kedua dengan 45 poin. Kemudian, Manchester City sementara tengah memimpin perburuan gelar dengan 56 poin, selisih 12 poin dari The Blues. Mereka akan menghadapi Tottenham Hotspur pada akhir pekan nanti.

Baca Juga: Chelsea Pasang Kuda-kuda Antisipasi Manuver Southampton

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya