Profil Kroasia, Runner Up Piala Dunia 2018 Siap Beri Kejutan

Pernah tempati posisi kedua dan ketiga

Jakarta, IDN Times - Kroasia lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar sebagai salah satu unggulan berkat performa impresifnya pada edisi 2018 lalu. Tim asuhan Zlatko Dalic itu telah lolos lima kali semenjak merdeka dari Yugoslavia.

Kroasia lolos sebagai juara grup kualifikasi Zona UEFA mengungguli negara-negara seperti Rusia, Slowakia, dan Slovenia. Nantinya, tim berjuluk The Blazers itu akan bersaing dengan Belgia, Kanada, dan Maroko di Grup F.

Baca Juga: Demi Piala Dunia 2022, Kualifikasi Piala Afrika 2023 Digeser

1. Baru ikut serta enam kali

Profil Kroasia, Runner Up Piala Dunia 2018 Siap Beri KejutanTimnas Kroasia. (total-croatia-news.com)

Piala Dunia 2022 nanti akan menjadi gelaran yang keenam bagi Kroasia. Mereka tercatat telah berpartisipasi pada edisi 1998, 2002, 2006, 2014, dan 2018.

Sebelumnya, Kroasia merupakan bagian dari Yugoslavia. Mereka berkompetisi di Piala Dunia edisi 1930 sampai 1990.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Tim Nasional Kroasia

2. Sempat tempati peringkat dua dan tiga

Profil Kroasia, Runner Up Piala Dunia 2018 Siap Beri KejutanTimnas Kroasia. (si.com)

Selama berkiprah di putaran final Piala Dunia, Kroasia sudah dua kali meraih prestasi tertinggi. Kroasia sekali menempati peringkat kedua pada edisi 2018 dan sekali finis di peringkat ketiga pada edisi 1998.

Pada edisi 1998, Kroasia mengalahkan Belanda di pertandingan perebutan tempat ketiga. Sedangkan pada gelaran 2018, Kroasia mengalahkan Denmark, Rusia, dan Inggris untuk mencapai partai final. Namun sayang, di partai puncak, mereka terpaksa bertekuk lutut dari Prancis.

Baca Juga: 5 Pesepak bola Kroasia yang Sukses Berkiprah di Liga Top Eropa 

3. Empat pemain andalan

Profil Kroasia, Runner Up Piala Dunia 2018 Siap Beri Kejutanpotret Ivan Perisic bersama Timnas Kroasia. (skysports.com)

Di babak kualifikasi, Kroasia menang tujuh kali dan dan dua kali imbang. Mereka pun membukukan 21 gol dan hanya kemasukan empat kali dari 10 pertandingan. Mereka memiliki empat pemain andalan yang tampil impresif.

Ivan Perisic memberikan kontribusi berupa tiga gol dan dua assist, Mario Pasalic mengoleksi tiga gol, dan Luka Modric menorehkan tiga gol dan dua assist. Tak hanya itu, mereka juga memiliki kiper andalan, Dominik Livakovic. Kiper Dinamo Zagreb itu total mencatatkan empat clean sheet.

Mampukah Kroasia kembali memberikan kejutan di Piala Dunia 2022? Mampukah mereka kembali melangkah jauh? Menarik untuk dinantikan tentunya.

Baca Juga: Profil Belgia, Saatnya Meraih Prestasi tertinggi di Piala Dunia

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya