Profil Tunisia, Tampil di 5 Edisi dan Selalu Gugur di Fase Grup

Piala Dunia 2022 jadi yang keenam bagi Tunisia

Jakarta, IDN Times - Tunisia dipastikan bakal bersaing dengan tim nasional terbaik lainnya di Piala Dunia 2022. Mereka terbang ke Qatar setelah memuncaki Grup B Kualifikasi Piala Dunia zona Afrika (CAF).

Tunisia lolos ke putaran final usai mengungguli Guinea Ekuatorial, Mauritania, dan Zambia dengan total raihan 13 poin dari enam pertandingan. Di Piala Dunia 2022 nanti, Tunisia tergabung di Grup D bersama Australia, Denmark, dan Prancis.

1. Tunisia baru lima kali tampil di Piala Dunia

Profil Tunisia, Tampil di 5 Edisi dan Selalu Gugur di Fase GrupTim nasional Tunisia. (beinsports.com)

Tunisia sejauh ini baru berpartisipasi dalam lima putaran final Piala Dunia. Tim asuhan Jalel Kadri itu pertama kali lolos pada edisi 1978 yang diselenggarakan di Argentina. Kemudian, Tunisia absen dalam empat edisi berikutnya.

Setelah 20 tahun berselang, Tunisia akhirnya kembali lolos ke tiga Piala Dunia secara beruntun pada 1998, 2002, dan 2006. Pada 2010 dan 2014.

Tim berjuluk Eagles of Carthage kemudian kembali absen sebelum lolos pada Piala Dunia 2018 Rusia. Piala Dunia 2022 akan menjadi keikutsertaan mereka yang keenam di ajang empat tahunan itu.

Baca Juga: Ukraina Resmi Minta FIFA Coret Iran dari Piala Dunia 2022

2. Tunisia sering cuma jadi pelengkap

Profil Tunisia, Tampil di 5 Edisi dan Selalu Gugur di Fase GrupTimnas Tunisia. (ranker.com)

Selama berkiprah di Piala Dunia, Tunisia belum bisa berbicara banyak. Sejauh ini, mereka hanya tampil selayaknya figuran. Bagaimana tidak, dari lima Piala Dunia yang telah mereka mainkan, Tunisia selalu gagal melaju ke fase gugur.

Bahkan, dalam tiga edisi yaitu 1998, 2002, dan 2006, Tunisia gagal memenangkan satu pertandingan pun di fase grup. Di Piala Dunia 1998, Tunisia berada di dasar klasemen Grup G saat bersaing dengan Rumania, Inggris, dan Kolombia.

Mereka meraih prestasi jeblok serupa saat tampil di Piala Dunia 2022 Jepang. Baru pada Piala Dunia edisi berikutnya prestasinya naik sedikit, tapi hal itu tak signifikan.

3. Tunisia masih andalkan pemain senior

Profil Tunisia, Tampil di 5 Edisi dan Selalu Gugur di Fase GrupWahbi Khazri bersama Tunisia (asse.fr)

Di babak kualifikasi, Tunisia memproduksi 11 gol dan hanya kemasukan dua gol. Pemain yang paling banyak berkontribusi adalah striker seniornya, Wahbi Khazri. Pemain berusia 31 tahun itu memiliki catatan tiga gol.

Sementara, pemain FC Koln, Ellyes Skhiri, juga memberikan kontribusi berupa dua gol.

Di posisi penjaga gawang, mereka punya Farouk Ben Mustapha dan Bechir Ben Said. Ben Mustapha, yang telah berusia 33 tahun, memiliki catatan empat clean sheet sedangkan Ben Said memiliki dua clean sheet.

Bagaimana kiprah Tunisia di Piala Dunia 2022 yang akan dimulai 20 November 2022 nanti? Mampukah mereka untuk pertama kalinya lolos dari fase grup? Menarik untuk dinantikan tentunya. 

Baca Juga: Profil Polandia, Raksasa Dunia di Era Lama

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya