Stepover, Teknik Andalan Cristiano Ronaldo dan Greenwood

Stepover jadi salah satu trik andalan untuk lewati lawan

Jakarta, IDN Times - Dalam bermain sepak bola, terkadang diperlukan teknik dan trik tertentu untuk bisa melewati lawan. Para striker, hingga winger, biasanya punya teknik dan trik khusus untuk bisa melakukan manuver.

Memang, seorang striker dan winger dituntut punya banyak senjata agar bisa membuat lawan bertekuk lutut. Salah satunya adalah trik gocekan maut.

Tak melulu bertipe stylish, terkadang striker dan winger yang punya permainan ngotot juga sering melakukan gocekan demi membuat lawan-lawannya bertekuk lutut. Kali ini, IDN Times akan membahas teknik stepover.

Trik ini begitu ikonik. Sebab, sejumlah bintang kerap menggunakannya. Salah satu yang gemar memakai teknik ini adalah Cristiano Ronaldo. Kemudian, junior Ronaldo di Manchester United, Mason Greenwood, juga sering memakainya.

Greenwood bahkan memamerkan kebolehannya melakukan stepover saat menjebol gawang Wolverhampton Wanderers di Molineux Stadium, Minggu (29/8/2021). Usai melewati Romain Saiss dengan stepover, Greenwood melepaskan tembakan keras yang gagal ditepis oleh kiper Wolves, Jose Sa. 

Dilansir dari We Make Footballers, keterampilan olah bola ini kabarnya diciptakan oleh striker asal Argentina, Pedro Calomino, di awal 1900-an.

Mau tahu bagaimana cara melakukan stepover? Yuk simak tutorial di bawah ini. 

1. Inside stepover

Stepover, Teknik Andalan Cristiano Ronaldo dan GreenwoodCristiano Ronaldo. (dawn.com)

Ini adalah teknik yang paling dasar dari stepover. Untuk melakukannya pun tidak sulit. Yang pertama adalah dekati bola seperti ingin menendang atau mengopernya dengan kaki.

Alih-alih melakukan kontak dengan bola, ayunkan kaki di sekitar bagian depan bola dan lakukan gerakan seperti melangkah. Langkahkan bola ke arah tengah badan. Kemudian. dengan kaki yang sama yang sekarang berada di sisi lain bola, gunakan sentuhan kaki bagian luar untuk menggerakkan bola ke arah yang berlawanan.

2. Outside stepover

Stepover, Teknik Andalan Cristiano Ronaldo dan GreenwoodMason Greenwood juga kerap gunakan teknik stepover. (twitter.com/masongreenwood)

Kemudian, ada stepover yang sedikit lebih rumit dari yang pertama. Jika sebelumnya kaki diayunkan ke dalam, pada stepover yang satu ini kaki diayunkan ke luar. Untuk melakukannya, dekati bola seolah-olah akan melakukan sentuhan atau operan dengan bagian dalam kaki.

Alih-alih melakukan kontak dengan bola, ayunkan kaki di sekitar bagian depan bola dan lakukan gerakan seperti melangkahinya. Kali ini langkahi bola ke arah yang menjauhi garis tengah badan. Kemudian, gunakan bagian luar kaki yang berlawanan untuk mendorong bola ke arah yang berlawanan.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Punya Peran Penting di MU  

3. Berlatih

Stepover, Teknik Andalan Cristiano Ronaldo dan GreenwoodMason Greenwood. (unitedinfocus.com)

Untuk pemula, yang perlu dilakukan adalah melatih gerakan dalam posisi berdiri sempurna. Kuasai terlebih dahulu gerakan mengayunkan kaki. Setelah merasa nyaman dengan gerakannya, letakkan cone sekitar 10 meter di depan yang akan seolah menjadi pemain bertahan dan yang lainnya sekitar delapan meter di depan.

Mulailah dengan menggiring bola dengan kecepatan lambat yang konstan. Lakukan stepover pada cone yang berjarak delapan meter dan ubah kecepatan pada cone 10 meter yang berperan sebagai pemain bertahan.

Teruslah berlatih hingga benar-benar menguasainya. Mengulangi variasi gerakan pada kecepatan yang berbeda adalah cara terbaik untuk menguasai stepover.

4. Tips

Stepover, Teknik Andalan Cristiano Ronaldo dan GreenwoodCristiano Ronaldo. (outlookindia.com)

Efektivitas stepover bukan hanya karena gerakan tipuannya, tetapi juga karena perubahan kecepatan. Saat mendekati bola, pastikan gerakan kaki melambat kemudian mempercepat untuk membuat bek terkecoh. Biasakan untuk berlatih melihat ke atas dan ke depan saat melakukan stepover.

Kemudian, poin-poin penting yang perlu diingat adalah selalu miringkan badan ke arah tipuan yang ingin dilakukan. Kemudian, selalu menyentuh bola dengan kaki bagian luar setelah melakukan tipuan. Yang terakhir, ubah dan tambah kecepatan setelah menyentuh bola.

Baca Juga: Rahasia Teknik Tendangan Bebas Cristiano Ronaldo, Bak Roket!

Baca Juga: Harga Cristiano Ronaldo Paling Murah Sepanjang Sejarah

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya