Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Bundesliga Punya Banyak Pemain asal Jepang

Banyak pemain Jepang yang mengawali karier di Bundesliga

Dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak pemain asal Jepang yang merumput di Bundesliga. Makoto Hasebe, Hiroki Sakai, dan Shiji Kagawa adalah beberapa contoh pemain top Jepang yang pernah bermain di Jerman.

Hingga saat ini, ada sebanyak 35 pemain Jepang yang sudah bermain di Bundesliga. Sebagian besar bahkan mengawali karier sepakbola profesionalnya di Jerman.

Lantas, apa yang membuat klub asal Bundesliga begitu ramah dengan pemain-pemain asal Jepang? Jika kamu penasaran, simak artikel berikut ini, yuk!

1. Kuota pemain asing yang banyak

5 Alasan Mengapa Bundesliga Punya Banyak Pemain asal Jepangbundesliga.com

Batasan pemain asing non-Uni Eropa di Jerman memang terhitung longgar. Regulasi Bundesliga hanya mengatur mengenai jumlah pemain lokal sebanyak 8 pemain dengan 4 diataranya harus berasal dari akademi klub. Ini membuat kesempatan pemain asal Jepang untuk masuk skuad tim utama cukup besar.

Berbeda dengan Italia yang hanya memberi 2 slot non-Uni Eropa, dan Spanyol yang memiliki 3 slot saja. Dengan minimnya kuota tersebut membuat klub dari Italia dan Spanyol lebih memprioritaskan pemain asal Amerika Selatan untuk mengisi slot tersebut.

Regulasi di Inggris sebenarnya sama seperti Jerman. Namun, ada persyaratan khusus untuk pemain non-Uni Eropa, yaitu harus memiliki izin kerja yang sangat sulit didapat oleh pemain muda. Ini membuat para pemain non-Uni Eropa harus bermain di luar Premier League terlebih dahulu agar mendapat izin kerja.

2. Lebih mengutamakan teknik dibandingkan fisik

5 Alasan Mengapa Bundesliga Punya Banyak Pemain asal Jepangbesoccer.com

Fisik para pemain Asia memang kalah dibandingkan para pemain Eropa, Afrika, maupun Amerika Selatan. Oleh karena itu, gaya pernainan yang lebih mementingkan permainan fisik tidak cocok dengan para pemain Asia, khusunya Jepang.

Namun, permainan di Bundesliga lebih mementingkan teknik-teknik para pemain ketimbang fisik. Karena hal tersebut, para pemain Jepang dapat lebih berkembang saat bermain di Bundesliga.

Baca Juga: 5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga

3. Pemain Jepang yang disiplin

5 Alasan Mengapa Bundesliga Punya Banyak Pemain asal Jepangbundesliga.com

Orang-orang Jepang dikenal akan kedisiplinannya yang tinggi. Kita juga sangat jarang mendengar berita miring di luar lapangan yang dilakukan oleh para pemain asal Jepang yang bermain di Eropa.

Hal-hal seperti terlambat datang ke tempat latihan, pergi klub malam, sampai konflik di luar lapangan sangat jarang terjadi. Perlu diingat juga, pemain asal Jepang memiliki etos kerja yang tinggi.

4. Harga yang murah dibandingkan talenta muda Eropa dan Amerika Selatan

5 Alasan Mengapa Bundesliga Punya Banyak Pemain asal Jepangbundesliga.com

Dibandingkan dengan pemain-pemain muda asal Eropa maupun Amerika Selatan, talenta muda asal Jepang jauh lebih murah. Tak heran, jika beberapa klub dari Bundesliga berani untuk berinvestasi pada pemain muda dari Jepang tersebut.

Karena jika investasi tersebut berujung gagal, klub tersebut tidak akan merasa terlalu rugi karena tidak banyak uang yang dikeluarkan saat merekrut sang pemain.

5. Memperluas pasar dan basis fans

5 Alasan Mengapa Bundesliga Punya Banyak Pemain asal Jepangdw.com

Asia merupakan pasar terbesar bagi dunia sepak bola. Basis fans terbesar dari klub-klub besar Eropa berasal dari benua Asia. Oleh karena itu, merekrut pemain asal negara tersebut bisa menjadi keuntungan dari sisi pemasaran karena klub tersebut dapat dikenal luas oleh negara asal pemain tersebut.

Klub yang memiliki pemain dari negara tertentu pastinya dapat memperluas pasar mereka dan memiliki keuntungan yang besar dari sisi pemasukan salah satunya dari penjualan merchandise.

 

Itulah alasan-alasan mengapa Bundesliga banyak memiliki pemain asal Jepang. Banyak pemain asal Jepang yang sukses di Bundesliga seperti Shinji Kagawa, Makoto Hasebe, hingga Hiroki Sakai. Siapa pemain Jepang yang bermain di Bundesliga favoritmu?

Baca Juga: 7 Pemain Jepang yang Berkarier di Bundesliga Saat Ini, Siapa Saja? 

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya